Cara Menghitung Jumlah Hari Tertentu Antara Rentang Tanggal di Excel

Cara Menghitung Jumlah Hari Tertentu Antara Rentang Tanggal di Excel. Tahukah anda bahwa excel memiliki rumus untuk menghitung jumlah hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat atau minggu di antara rentang waktu tertentu.

Misalnya kita ingin mengetahui jumlah hari senin antara tanggal 24 september 2022 ke tanggal sampai tanggal 24 Desember 2022. Maka kita bisa menggunakan rumus SUMPRODUCT yang dikombinasikan dengan beberapa fungsi lainnya. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Menghitung Jumlah Hari Tertentu Antara Rentang Tanggal di Excel

Cara menghitung jumlah hari tertentu pada rentang waktu tertentu dapat anda lakukan dengan sangat mudah menggunakan Microsoft Excel. Misalnya anda ingin mengetahui berapa jumlah hari Senin dari tanggal awal A ke tanggal akhir B. Dengan cara ini juga maka anda bisa menghitung jumlah hari kerja jika hanya bekerja pada hari Senin, Rabu dan Jumat saja.

Maka anda bisa menghitung menggunakan rumus dibawah ini untuk mengetahui jumlah hari Senin, Rabu dan Jumat pada rentang waktu yang anda inginkan lalu menjumlahkannya.

Berikut adalah rumus untuk menghitung jumlah hari dalam seminggu di antara rentang waktu tertentu. Salah satu rumus Excel yang digunakan adalah SUMPRODUCT.

Fungsi atau Rumus SUMPRODUCT adalah sebuah fungsi yang ada di microsoft excel yang dapat digunakan untuk memperoleh jumlah dari hasil perkalian atau product antar kumpulan baris data yang bersesuaian dari beberapa array atau dari sekumpulan data.

=SUMPRODUCT(--(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(Tanggal_Awal&":"&Tanggal_Akhir)))=Hari_ke))

Format penulisan tanggal awal dan akhir silahkan cek di format cell Microsoft Excel anda atau tekan CTRL + 1 >> Pilih Number >> Date >> Perhatikan format tanggal Excel yang saya gunakan adalah Tanggal / Bulan / Tahun.

FormatTanggal di Excel

Contoh:

=SUMPRODUCT(--(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(B2&":"&C2)))=D2))

Disini tanggal awal berada pada cell B2 dan Tanggal Akhir C2 dan Hari_ke 1 adalah hari Minggu. Maka diperoleh jumlah hari Minggu antara rentang tanggal 23/09/2021 sampai 24/09/2023 adalah 105. Contoh lain seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menghitung Jumlah Hari Tertentu Antara Rentang Tanggal di Excel

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Jumlah Hari Tertentu Antara Rentang Tanggal di Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar semakin banyak orang yang tau bagaimana cara mengganti 4 digit terakhir nomor HP, KK, KTP di Excel dengan simbol bintang, titik atau silang.. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya. Baca juga artikel lainnya tentang tutorial Microsoft Excel lainnya dengan klik link tersebut.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel