Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Mudah

Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Mudah. Microsoft excel dapat kita manfaatkan untuk mengurutkan data berupa angka atau nomor dan juga data huruf atau kata untuk diurutkan dari data terkecil ke terbesar atau sebaliknya dan begitu juga dengan mengurutkan kata berdasarkan huruf A ke Z atau Z ke A.

Sehingga ketika anda ingin mengurutkan data entah itu puluhan data, ratusan, ribuan dan seterusnya maka anda bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel, dibandingkan anda harus mengurutkan-nya satu persatu cara ini pasti melelahkan.

Caranya sangat mudah anda bisa mengcopy data tersebut ke Excel kemudian diurutkan menggunakan fitur sort & Filter yang akan kami jelaskan dibawah ini. Jika anda ingin tau bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya.


Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Mudah

Excel telah menyediakan sebuah fitur khusus yang dapat anda gunakan untuk mengurutkan data berdasarkan nomor atau angka dan juga data berdasarkan abjad. Fitur tersebut berupa menu Sort & Filter.

Baca Juga: Cara Menambah Baris Dan Kolom Di Microsoft Excel

Menu Sort & Filter adalah sebuah menu yang berfungsi untuk mengurutkan data angka dan juga huruf. Berikut adalah langkah-langkah mengurutkan data nomor atau angka dan kata atau huruf sesuai abjad.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi atau file excel yang ingin anda urutkan.
  2. Silahkan block CELL data yang ingin anda urutkan. Misalkan data yang ingin anda urutkan pada kolom A dan terletak pada data A2 sampai A25, maka silahkan block cell A2:A25. Jika seluruh data pada CELL A maka silahkan klik CELL A atau huruf A nama sebagai nama kolom.
  3. Setelah data di Block, selanjutnya pada Menu Home >> Klik Menu Sort & Filter.
  4. Jika data Anda adalah Nomor atau Angka maka akan muncul pilihan "Sort Smallest to Largest" atau "Sort Largest to Smallest". Pilih "Sort Smallest to Largest" jika ingin mengurutkan dari kecil ke besar dangkan "Sort Largest to Smallest" untuk mengurutkan dari besar ke kecil.
  5. Jika data Anda adalah Kata atau Huruf maka yang muncul adalah pilihan "Sort A to Z" atau "Sort Z to A". Pilih A to Z untuk mengurutkan data huruf atau kata dari A ke Z dan begitu juga sebaliknya untuk Z to A.
  6. Perhatikan gambar dibawah ini. Fitur Sort & Filter terletak di Menu Home dan bagian pojok kanan atas pada group menu Editing.

Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Mudah. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang belum tau bagaimana cara mengurutkan nomor dengan mudah di microsoft excel. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar saya lebih semangat membuat artikel bermanfaat lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih telah berkunjung di www.gammafisblog.com dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


skincare sunblock

Iklan Tengah Artikel 2

Shopee Promo Gratis Ongkir

Iklan Bawah Artikel

Shopee Promo Gratis Ongkir

Kemeja Wanita Casual Polos Jumbo Lengan Panjang