Cara Mengetahui Hari Lahir Berdasarkan Tanggal Lahir di Excel

Cara Mengetahui Hari Lahir Berdasarkan Tanggal Lahir di Excel. Kebanyakan orang tentu saja akan mengingat tanggal lahirnya. Namun, tidak semua orang mengetahui hari apa dia lahir. Anda tentu saja bertanya bagaimana cara mengetahui hari lahir anda berdasarkan tanggal kelahiran. Cara yang paling mudah untuk mengetahui hari pada tanggal tertentu seperti tanggal lahir adalah dengan menggunakan fungsi TEXT di Excel.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan kepada anda bagaimana cara menggunakan fungsi TEXT di Excel untuk mengetahui hari lahir berdasarkan tanggal kelahiran. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Mengetahui Hari Lahir Berdasarkan Tanggal Lahir di Excel

Salah satu fungsi atau kegunaan dari fungsi TEXT di Excel adalah untuk mengubah format tanggal menjadi format teks atau dalam format hari. Fungsi TEXT sangat simpel digunakan, karena anda hanya perlu memasukkan data tanggal dan juga format data keluaran yang anda inginkan. Seperti contohnya format dddd adalah format untuk mengubah tanggal menjadi hari di Excel.

Rumusnya adalah:

=TEXT(value;format_text) atau =TEXT(value,format_text)

  • Kedua rumus diatas sama saja, yang beda adalah rumus kiri menggunakan titik koma sebagai pemisah dan kanan hanya menggunakan koma saja. Ini bergantung pada versi excel yang anda gunakan.
  • value silahkan anda isi dengan tanggal. Bisa langsung menulis tanggal seperti 5/25/1997 atau menulis nama Cell A2, jika data tanggal berada di Cell A2.
  • format_text, silahkan isi dengan format untuk tanggal yaitu "dddd". Jika anda ingin menyingkat nama hari dalam tiga huruf, silahkan isi dengan "ddd".

Untuk cara menggunakan dan langkah-langkahnya silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengetahui Hari Lahir Berdasarkan Tanggal Lahir di Excel

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi microsoft excel.
  2. Buatkan dua buah kolom dengan judul tanggal dan nama hari seperti pada gambar diatas.
  3. Selanjutnya, silahkan isi data tanggal lahir, pada kolom tanggal dalam contoh ini, berada di kolom A2 sampai A7.
  4. Selanjutnya silahkan tulis rumus berikut ini di kolom Nama Hari atau pada Cell B2.
    =TEXT(A2;"dddd")
  5. Jika sudah silahkan tekan enter.
  6. Klik cell B2, maka akan muncul tanda kotak pada cell B2 dan ada titik yang terlihat jelas pada cell B2 di kanan bawah.
  7. Tarik titik kota yang ada di kanan bawah cell B2 ke bawah sampai pada B7, karena data tanggal sampai Cell A7. Maka seluruh data nama hari akan tampil dalam bahasa inggris.

Catatan: Jika anda ingin nama hari dalam bahasa Indonesia, maka anda bisa menggunakan fungsi CHOOSE yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Baca selengkapnya Cara Mengubah Tanggal Menjadi Hari Di Excel Menggunakan Fungsi CHOOSE

Itulah artikel tentang Cara Mengetahui Hari Lahir Berdasarkan Tanggal Lahir di Excel. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga tau bagaimana cara mengetahui hari pada tanggal tertentu di excel. Silahkan follow blog ini untuk mendapatkan informasi seputar Microsoft Excel secara lengkap. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel