Cara Mengetahui Selisih Umur di Excel Dengan Mudah

Cara Mengetahui Selisih Umur di Excel Dengan Mudah. Ketika anda mendapatkan data mengenai tanggal lahir dan anda diminta untuk mengolah data tersebut untuk mendapatkan selisih umur pada angkatan yang berbeda. Tentu saja bagi anda yang belum mengetahui rumus menghitung selisih umur di Excel akan sangat bingung dan bertanya-tanya bagaimana caranya.

Sebenarnya cara menghitung selisih umur di Excel sangat mudah. Anda bisa menggunakan fungsi YEARFRAC dan masih banyak fungsi lainnya. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi YEARFRAC untuk mengetahui selisih umur di Excel. Bukan saja itu, anda juga bisa mengetahui umur seseorang dengan mengandalkan data tanggal lahir dan tanggal lahir ini atau umur pada tanggal tertentu. Nah, jika anda ingin mengetahui bagaimana caranya maka silahkan baca pembahasan selangkangannya dibawah ini.


Cara Mengetahui Selisih Umur di Excel Dengan Mudah

Tahukah anda bahwa Excel telah menyediakan beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk mengetahui selisih antara tanggal yang satu dengan tanggal lainnya. Seperti yang telah saya bahas pada artikel yang berjudul 2 Cara Menghitung Umur Di Excel Tahun Dan Bulan. Nah, pada artikel kali ini saya hanya akan fokus pada pembahasan bagaimana menghitung selisih umur di Excel dengan sangat mudah. Ini sangat bermanfaat bagi anda yang mendapat data tanggal lahir dari dua angkatan yang berbeda dan ingin mengetahui rata-rata selisih umurnya berapa. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Selanjutnya silahkan anda isi data tanggal dua orang yang ingin anda tahu berapa selisih Umurnya.
  3. Misalnya orang pertama di Cell A2 dan orang ke 2 di Cell B2.
  4. Catatan agar menghindar terjadinya error maka rumus ini saya gunakan dimana orang lebih tua di kolom bagian kanan. Karena jika ditukar nanti rumusnya akan menghasilkan tanggal negatif yang akan mengakibatkan error pada fungsi waktu.
  5. Ada dua rumus yang dapat anda gunakan untuk mengetahui selisih umur di Excel. Berikut adalah rumusnya.
  6. Catatan kedua rumus dibawah ini menggunakan pemisah titik koma untuk setiap variabel input. Pada Excel versi lainnya pemisahnya hanya menggunakan koma saja, jadi silahkan disesuaikan dengan format dan versi Excel anda.
  7. =INT(YEARFRAC(A2;B2))
  8. Rumus pertama diatas hanya untuk mendapatkan selisih umur dalam satuan tahun saja. Sedangkan rumus dibawah ini akan menghasilkan selisih umur dalam satuan tahun dan juga selisih dalam satuan bukannya.
  9. =INT(YEARFRAC(A2;B2)) & " Tahun, " & IF((MONTH(B2) - MONTH(A2))<0;12+MONTH(B2) - MONTH(B2);MONTH(B2) - MONTH(A2)) & " Bulan"

Cara Mengetahui Selisih Umur di Excel Dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Mengetahui Selisih Umur di Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda, Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara menghitung selisih umur seseorang dengan orang lain menggunakan rumus Excel. Follow juga blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi menarik dan terbaru seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel