Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Kosong

Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Kosong. Saat ingin mengolah data di Excel, terkadang hasil yang data oleh tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Misalnya saja ada Cell data yang seharusnya memiliki nilai akan tetapi Cell tersebut kosong atau Blank. Oleh karena itu penting bagi kita untuk memastikan apakah seluruh data pada matriks kolom dan baris data anda telah terisi semua atau belum.

Untuk memastikan apakah ada Cell yang kosong di Excel dan cara mengetahui jumlah Cell yang kosong, maka kita bisa menggunakan rumus fungsi COUNTBLANK di Excel. Jika anda berfikir kenapa tidak langsung lihat dan hitung secara manual saja. Tentu saja menghitung data secara manual bisa bisa saja, akan tetapi hal ini menjadi kurang efektif jika jumlah data anda ada ribuan data.

Tentu saja menghitung secara manual akan membuat anda pusing dan menghabiskan banyak waktu. Maka cara yang paling efektif adalah menghitung secara otomatis menggunakan rumus. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan rumus fungsi COUNTBLANK di Excel dengan sangat mudah dan sederhana. Nah, jika anda penasaran bagaimana rumus fungsi COUNTBLANK, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Kosong

Rumus COUNTBLANK adalah sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah Cell yang kosong atau blank. Rumus ini dapat kita gunakan untuk menghitung jumlah data yang kosong di Excel. Misalnya anda memiliki ribuan data kemudian anda ingin mengetahui apakah ada data atau Cell yang kosong atau tidak. Nah, untuk mengetahuinya anda bisa menggunakan rumus COUNTBLANK di Excel. Untuk cara menggunakan rumus COUNTBLANK di Excel adalah sebagai berikut.

=COUNTBLANK(range)

Range adalah matriks data atau rentang data yang ingin anda cek apakah ada Cell yang kosong atau tidak. Misalkan anda memiliki data dengan range mulai dari Cell B2 hingga Cell B11. Maka rumus COUNTBLANK adalah sebuah berikut.

=COUNTBLANK(B2:B11)

Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Kosong

Pada contoh diatas, saya mencoba menghitung jumlah siswa yang tidak memiliki nilai ujian. Dengan menggunakan fungsi COUNTBLANK maka diperoleh ada 3 orang siswa yang tidak memiliki nilai. Untuk memastikan apakah rumus COUNTBLANK seusai dan benar, silahkan anda coba pada data yang sedikit terlebih dahulu dan menghitung secara manual dan menggunakan rumus COUNTBLANK. Pada gambar diatas terlihat jelas bahwa rumus COUNTBLANK dapat digunakan untuk menghitung jumlah Cell yang kosong di Excel. Untuk fungsi COUNTBLANK secara lebih luas, bergantung pada kasus yang ingin anda selesaikan.

Itulah artikel tentang Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel Untuk Menghitung Jumlah Cell Kosong. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel