Download Contoh RAB Sederhana Excel dan Cara Membuatnya

Download Contoh RAB Sederhana Excel dan Cara Membuatnya. Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah adalah sebuah rancangan biaya dalam mengajukan sebuah proposal, baik itu penelitian, kegiatan organisasi atau lainnya. Bagi seorang mahasiswa tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya RAB. Karena banyak kegiatan mahasiswa terutama dalam kegiatan organisasi yang membuat proposal permohonan data sebuah kegiatan. Untuk membuat RAB sebenarnya sangat mudah.

Aplikasi yang umum digunakan untuk membuat RAB adalah Microsoft Excel. Karena aplikasi ini dapat melakukan perhitungan secara cepat dan otomatis. Hal ini tentu akan mempermudah kita dalam membuat sebuah RAB. Dengan aplikasi Microsoft Excel kita juga bisa melakukan analisis RAB Menggunakan Pivot Table untuk mengetahui jumlah dan sub jumlah dari setiap komponen di dalam RAB. Dengan begitu akan mempermudah dalam membuat laporan akhir.


Download Contoh RAB Sederhana Excel dan Cara Membuatnya

Pada kesempatan kali ini, akan akan berbagi informasi bagaimana cara membuat RAB di Excel. Selain itu saya juga telah upload file contoh Rencana Anggaran Biaya (RAB) Excel agar bisa di edit dan siap digunakan. Silahkan download filenya melalui link yang saya bagikan dibawah.


1. Cara Membuat RAB di Excel

Sebelum anda download contoh RAB sederhana di Excel, maka ada baiknya anda coba untuk memahami bagaimana cara membuat RAB di Excel dengan mudah dan cepat. Apa saja kolom yang dibutuhkan untuk membuat RAB, apa saya rumus yang diperlukan dalam membuat RAB dan masih banyak lagi. Untuk langkah-langkah silahkan ikuti dibawah ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Microsoft Excel dan Buat Lembar Kerja Baru.
  2. Selanjutnya buat kolom data yang anda butuhkan, seperti kolom jenis pembelanjaan, komponen, item, satuan, volume, harga satuan, total harga. Silahkan perhatikan gambar dibawah.
    Download Contoh RAB Sederhana Excel dan Cara Membuatnya
  3. Pada kolom jenis pembelanjaan silahkan anda masukkan sesuai jenis pembelanjaan, apakah termasuk ke dalam jenis Alat, Bahan, konsumsi atau Lainnya.
  4. Pada kolom Komponen ini, kita bisa isi dengan barang yang dibeli termasuk ke dalam komponen apa, apakah ATK, Bahan Praktikum, Bahan penelitian atau bahan lainnya. Untuk memisahkan antara komponen bahan yang satu dengan lainnya.
  5. Pada kolom Item, kita isi dengan nama barang yang kita beli. Misalnya dalam kelompok komponen item ada kertas HVS, tinta dan lainnya.
  6. Pada kolom satuan, kita bisa isi dengan satuan barang yang dibeli, contoh satuan buat, kali, botol, gram, kilogram dan lainnya.
  7. Pada kolom Volume, silahkan isi dengan jumlah satuan yang dibeli. Misalnya 5 buah, 1 kali, 10 Liter dan lainnya.
  8. Pada kolom harga satuan silahkan isi dengan harga satuan barang yang anda beli.
  9. Pada kolom Harga Total, silahkan isi dengan rumus Volume dikalikan dengan harga satuan. Misalnya rumus untuk menghitung total belanja kertas HVS pada gambar di atas adalah =F2*G2 karena volume keras HVS ada di Cell F2 dan harga satuan ada di Cell F2.
  10. Silahkan klik Cell total harga paling atas yang sudah ada rumus dan tarik ujung Cell bagian kanan kebawah agar rumus tersebut secara otomatis ter-copy pada Cell dibawahnya.
  11. Untuk cara membuat simbol Rp pada nominal uang maka anda bisa mengikuti langkah-langkahnya pada artikel Cara Membuat Rp di Excel


2. Download Contoh RAB Sederhana Excel

Setelah anda memahami bagaimana cara membuat RAB sederhana di Excel maka anda bisa mulai download file contoh Rencana Anggaran Biaya melalui link berikut ini. Download Contoh RAB Sederhana Excel.

Itulah artikel tentang Download Contoh RAB Sederhana Excel dan Cara Membuatnya. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel