Cara Agar Nilai Selalu Positif Di Excel Dengan Mudah

Cara Agar Nilai Selalu Positif Di Excel Dengan Mudah. Dalam operasi matematika ketika kita ingin membuat sebuah operasi matematik selama menghasilkan nilai positif maka kita bisa menaruh tanda mutlak diantara nilai, rumus, operasi variabel atau fungsi tertentu. Tanda mutlak atau biasa disebut sebagai absolute adalah tanda yang biasa digunakan untuk menandakan bahwa hasil operasi dasar matematik akan selalu bernilai positif.

Tanda mutlak atau absolute juga tersedia di Excel. Dimana tanda absolute ini menggunakan fungsi ABS(number). Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi absolute atau ABS di Excel dengan mudah. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Agar Nilai Selalu Positif Di Excel Dengan Mudah

Nilai absolut atau mutlak atau nilai yang selalu bertanda positif sangat umum dijumpai dalam mata pelajaran matematika dan fisika. Dimana tentu saja memiliki arti fisis dan matematik tersebut. Yang dapat menjelaskan sebuah fungsi atau fenomena tertentu. Untuk pembahasan lebih jelas tentang nilai absolut anda bisa mempelajarinya di buku-buku Fisika dan Matematika tingkat Universitas.

Pada artikel kali ini saya hanya akan membahas bagaimana membuat nilai di Excel selalu positif. Nah, jika anda penasaran bagaimana cara menggunakan fungsi ABS di Excel untuk membuat nilai tertentu atau hasil operasi variabel atau fungsi tertentu selalu menghasilkan nilai positif maka ikutilah langkah-langkah dibawah ini.

  1. Misalnya saja anda ingin hasil dari pengurangan sebuah nilai selalu bernilai positif atau lebih besar dari sama dengan Nol.
  2. Untuk mengubah nilai di Excel agar selalu positif adalah dengan menggunakan Fungsi ABS. ABS adalah singkatan dari absolute, dimana fungsi ini digunakan untuk memberikan hasil nilai mutlak atau absolute atau selalu positif di Excel. 
  3. Cara menggunakan sangat mudah, langkah pertama silahkan siapkan data yang ingin anda ubah menjadi positif.
  4. Misalnya saya tersebut ada di Cell A2 maka kita buat rumus ABS.
    =ABS(A2)
  5. Misalnya anda ingin hasil pengurangan antara A2 dan B2 hasilnya selalu positif, maka anda bisa menggunakan rumus ABS.
    =ABS(A2-B2)
  6. Atau anda bisa langsung menaruh nilai di dalam tanda kurung seperti:
    =ABS(-5) maka hasilnya adalah 5.
  7. Di dalam tanda kurung ABS(number), number dapat anda ganti dengan angka secara langsung, nama Cell atau operasi matematik dari berbagai Cell.

Cara Agar Nilai Selalu Positif Di Excel Dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Agar Nilai Selalu Positif Di Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel