Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa Di Excel Dengan Mudah

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa Di Excel Dengan Mudah. Saat membuat absensi kehadiran siswa di Excel, maka penting bagi kita untuk membuat kolom khusus untuk menghitung jumlah kehadiran, sakit, izin, alpa dan juga persentase kehadiran. Hal ini bertujuan agar kita bisa menganalisa dan memonitoring tingkat kehadiran dari setiap siswa.

Mengolah data absensi kehadiran siswa di Excel, memberikan keuntungan tersendiri. Karena kita bisa menghitung jumlah kehadiran dan lainnya secara otomatis. Cukup kita menuliskan rumus untuk menjumlahkan data kehadiran siswa maka setiap kita menginput data kehadiran, maka Excel akan selalu mengupdate dan menghitung secara otomatis.

Pertanyaan bagaimana cara membuat rumus untuk menghitung persentase kehadiran siswa di Excel secara otomatis. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya. Jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa Di Excel Dengan Mudah

Pada artikel kali ini saya akan membahas dua bagian penting, yaitu menghitung persentase kehadiran dari setiap siswa dan juga tingkat kehadiran seluruh siswa setiap harinya.

Pada pembuatan absensi kehadiran siswa, saya menggunakan huruf h untuk menandakan bahwa siswa harus, huruf s untuk sakit, huruf i untuk izin dan huruf a untuk alpa.

Dengan menggunakan fungsi atau rumus COUNTIF di Excel, maka jika bisa menjumlahkan setiap inisial huruf tersebut untuk mengetahui berapa yang hadir, sakit, izin atau alpa. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


1. Persentase Kehadiran Per Siswa

Pada poin pertama ini, saya ingin melihat tingkat presentasi kehadiran dari tiap-tiap siswa selama satu bulannya. Misalnya siswa dengan nomor absen 1, jumlah hadir adalah 26x, sakit 0x, izin 1x dan alfa 1x, jika jumlah Hari Efektif Belajar adalah 27, maka presentasi kehadiran adalah 96%. Yang diperoleh dengan membagi antara jumlah hadir dengan jumlah hari efektif belajar setelah itu dikalikan dengan 100% atau bisa kita tulis (26/27)*100% = 96%.

Nah, bagaimana cara menerapkan konsep perhitungan persentase kehadiran siswa ke dalam excel agar lebih mudah, Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan caranya kepada anda. Untuk tidak memperpanjang kata, langsung saja ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa Di Excel Dengan Mudah

  1. Langkah pertama silahkan buat daftar hadir siswa anda di Excel, kurang lebih seperti pada gambar diatas. Atau Anda bisa download filenya melalui link berikut: Download Daftar Hadir.xlsx
  2. Pada contoh kali ini, saya memberikan keterangan hadir dengan inisial "h", sakit "s", izin "i" dan alfa "a". Nah, jika anda menggunakan keterangan lainnya, silahkan di sesuaikan saja.
  3. Selanjutnya pada bagian paling kanan absensi silahkan buat kolom khusus untuk menghitung besarnya jumlah kehadiran, sakit, izin, dan alfa dari setiap siswa dan juga kolom presentasi kehadiran, seperti pada gambar dibawah ini.
    Download Daftar Hadir
  4. Selanjutnya pada kolom Hadir, silahkan isi dengan rumus =COUNTIF(D7:AH7;"h")
  5. Countif adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data di excel ketika memenuhi syarat.
  6. D7:AH7 adalah baris data absensi siswa pertama.
  7. "h" adalah inisial keterangan hadir, dimana =COUNTIF(D7:AH7;"h") artinya excel diperintahkan untuk menghitung jumlah "h" yang ada dari baris D7 sampai baris AH7.
  8. Pada kolom Sakit, silahkan isi dengan rumus =COUNTIF(D7:AH7;"s")
  9. Pada kolom Izin, silahkan isi dengan rumus =COUNTIF(D7:AH7;"i")
  10. Pada kolom Alpa, silahkan isi dengan rumus =COUNTIF(D7:AH7;"a")
  11. Kemudian pada kolom Hari Efektif Belajar di Cell AI3, perhatikan gambar diatas yang diberi background warna hijau. Silahkan isi dengan rumus =COUNTIF(D7:AH7;"<>m"). Arti dari rumus ini adalah kita memerintahkan excel untuk menghitung jumlah data dari cell D7 sampai AH7 selain data "m" dan diperoleh 27. Maka jika anda hitung manual juga hasilnya adalah 27.
  12. Setelah itu, pada kolom %Hadir silahkan isi dengan rumus =AI7/$AI$3.

    AI7 adalah cell data jumlah kehadiran siswa pertama. Jika data jumlah hadirnya di cell lain, silahkan anda sesuaikan dengan nama cell anda, bisa saja berbeda dengan yang saya buat.

    Kemudian $AI$3 adalah lokasi cell Daftar Hari Efektif Belajar yaitu pada Cell AI3, kenapa adalah lambang dolar $. Karena jumlah hari efektif belajar untuk setiap siswa sama, yaitu 27.

    Sehingga kita harus menguncinya dengan simbol dolar agar tidak berubah atau bergeser ke cell lainnya. Atau anda bisa mengubah rumus diatas menjadi =AI7/27.

  13. Pada kolom data %Hadir di langkah-12, biasanya format datanya adalah General, sehingga nilai yang ditampilkan adalah dari sekala 0 sampai 1. Untuk mengubahnya menjadi persen maka silahkan klik cell tersebut dan klik simbol persen yang ada pada menu Home >> Number.
    Menu Persen di Excel
  14. Setelah semua rumus pada langkah 7 sampai 12 telah dimasukkan, silahkan block seluruh cell yang ada rumus tersebut. Kemudian tarik ke cell bawahnya agar semua rumus tersebut ter copy secara otomatis ke cell dibawahnya, tanpa anda harus mengetik ulang, satu per satu.
  15. Hasilnya bisa anda lihat pada File yang dapat anda download pada langkah 1 diatas.


2. Persentase Kehadiran Siswa Per Hari

Selain menghitung berapa presentasi kehadiran dari setiap siswa selama satu bulan, penting juga bagi kita untuk menghitung jumlah siswa dan persentase kehadiran siswa untuk setiap harinya. Apakah setiap hari siswa hadir semua, atau ada yang tidak hadir dan hari apa siswa paling banyak tidak hadir.

Hal ini akan mempermudah kita dalam menganalisis penyebab siswa banyak yang tidak hadir. Misalnya pada hari tertentu ada acara namun proses belajar mengajar tetap berlangsung atau lainnya. Nah, jika anda ingin tau bagaimana cara menghitung jumlah kehadiran siswa per hari nya, maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Persentase Kehadiran Siswa Per Hari

  1. Langkah pertama silahkan buat kan kolom data untuk data hadir, sakit, izin dan alpa seperti pada gambar atas.
  2. Untuk menghitung jumlah siswa yang hadir, silahkan gunakan rumus =COUNTIF(D7:D36;"h")
  3. Untuk jumlah siswa yang sakit, rumusnya adalah =COUNTIF(D7:D36;"s")
  4. Untuk jumlah siswa yang izin, rumusnya adalah =COUNTIF(D7:D36;"i")
  5. Untuk jumlah siswa yang alpa, rumusnya adalah =COUNTIF(D7:D36;"a")
  6. Kemudian presentasi kehadiran siswa adalah =D37/30.

    D37 adalah lokasi jumlah siswa yang hadir atau lokasi rumus pada langkah-2. Anda bisa perhatikan gambar diatas. 30 adalah jumlah seluruh siswa.

    Nilai yang dihasilkan umumnya akan berformat general, yaitu bernilai antara 0 sampai 1. Maka untuk mengubahnya ke persen, silahkan klik cell yang ingin anda ubah ke persen, kemudian klik menu persen yang ada pada menu Home, seperti pada gambar dibawah ini.
    Menu Persen di Excel
  7. Selanjutnya silahkan block seluruh cell yang telah anda isi dengan rumus pada langkah 2 sampai 6. Kemudian tarik rumus tersebut kearah kanan untuk mengcopy rumus ke kolom lainnya. Sehingga akan menghasilkan data seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa Per Hari

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa Di Excel Dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu bagaimana cara menghitung presentasi kehadiran di excel yang cepat dan mudah. Jangan lupa juga untuk follow blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar Microsoft Excel. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel