Cara Menghitung LOG di Excel Untuk Soal Logaritma Matematika Secara Otomatis

Cara Menghitung LOG di Excel Untuk Soal Logaritma Matematika Secara Otomatis. Logaritma adalah salah satu materi yang ada dalam mata pelajaran Matematika. Logaritma akan anda jumpai saat memasuki sekolah tingkat SMA. Dimana anda akan menemukan operasi Logaritma Matematika mulai dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks.

Untuk menyelesaikan soal Logaritma umumnya kita bisa memanfaatkan sifat-sifat Logaritma. Namun, terkadang kita tidak dapat memastikan apakah jawaban yang kita kerjakan sudah benar atau belum. Maka dari itu kita membutuhkan sebuah kalkulator untuk memvalidasi jawaban Logaritma yang kita kerjakan.

Untuk mengetahui hasil operasi Logaritma maka kita dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Excel memiliki fungsi khusus untuk menyelesaikan soal Logaritma yaitu fungsi LOG. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara menggunakan fungsi LOG di Excel dan bagaimana cara mengerjakan soal Logaritma di Excel. Nah, jika anda penasaran maka simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.


Cara Menghitung LOG di Excel Untuk Soal Logaritma Matematika Secara Otomatis

Saat ingin mengolah data di Excel terkadang ada fungsi matematika yang kita kerjakan mengandung rumus Logaritma. Bagi anda yang belum tau bagaimana cara menggunakan rumus Logaritma di Excel maka Anda akan bingung bagaimana cara menyelesaikan.

Fungsi LOG di Excel sangat mudah untuk digunakan, karena pada dasarnya fungsi log hanya membutuhkan nilai log yang ingin dicari dan Basis dari LOG tersebut. Nah, bagaimana memasukkan data nilai dan basis pada fungsi LOG, hal ini akan saya bahas pada artikel kali ini. Jika anda penasaran rumus Logaritma di Excel maka simak format penulisan Logaritma di Excel berikut ini.


Rumus LOG atau Logaritma Excel

=LOG(nilai;[basis]) atau =LOG(nilai,[basis])

Kedua rumus diatas pada dasarnya sama. Hanya saja pemisahnya berbeda yaitu menggunakan titik koma dan koma saja. Perbedaan ini bergantung pada versi Excel yang anda gunakan. Silahkan disesuaikan atau dicoba keduanya.

=LOG(nilai;[basis])

Penjelasan Rumus LOG Excel

Pada fungsi LOG ada dua variabel yang harus kita masukkan datanya yaitu variabel Nilai dan Basis.

  • Variabel nilai adalah nilai log yang ingin kita cari.
  • Variabel basis adalah basis dari Logaritma.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang Logaritma silahkan buka kembali buku matematika. Disini saya menganggap anda sudah memahami perbedaan antara nilai dan basis Logaritma. Sehingga kita bisa langsung menuju contoh soal.

Cara Menghitung LOG di Excel Untuk Soal Logaritma Matematika Secara Otomatis


1. Contoh Soal:

Hitunglah nilai dari LOG pada soal nomor 1 pada gambar diatas.

Maka rumus di Excel adalah:

=LOG(9;2) hasilnya adalah 3,17


2. Contoh Soal Logaritma di Excel

Hitunglah nilai operasi Logaritma pada soal nomor 2 pada gambar diatas.

Maka rumusnya adalah

=2*LOG(5;2) + LOG(20;3) + LOG(50;5)

Berikut adalah hasilnya: 9,80


3. Contoh Soal Perkalian Logaritma di Excel

Berikut ini akan saya contohkan bagaimana cara mengalikan dua buah log atau lebih di Excel. Nah, jika anda penasaran silahkan ikuti pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Hitunglah nilai operasi perkalian Logaritma pada soal nomor 3 pada gambar diatas.

Maka rumus LOG di Excel adalah

=LOG(7;3)*LOG(81;7)

Hasilnya adalah 4.

Itulah artikel tentang Cara Menghitung LOG di Excel Untuk Soal Logaritma Matematika Secara Otomatis. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel