9 Cara Jitu Merawat Laptop dengan Baik Agar Tidak Cepat Rusak

9 Cara Jitu Merawat Laptop dengan Baik Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Laptop - Merawat laptop agar awet merupakan hal yang harus kita lakukan tentunya anda pasti tidaka ingin laptop mahal yang anda beli rusak karena kurang perawatan. Jika anda mencari solusi babagaimana cara merawat laptop supaya awet anda datang ke artikel yang tepat. Ini dia cara merawat laptop yang baik.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik

Kita tau bahwa harga laptop sangatlah mahal, apalagi kalau anda pake ASUS ROG yang 30 jutaan itu. Jadi, daripada buang uang karena kecerobohan anda dalam merawat laptop, mending lanjut baca sampe habis Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak di bawah ini.

Cara Merawat Laptop Agar Awet

1. Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah "Jangan Taruh Laptop di Atas Kasur". Kebiasan ini merupakan kebiasaan yang burung untuk ketahan laptop. Jika anda menaruh laptop diatas kasuh sudah tentu sirkulasi udara leptop anda terhambat. Karena kasur akan menahan ruang sirkulasi udara pada laptop anda, akibatnya udara panas yang seharusnya dibuang masuk kembali kedalam laptop dan mengakibatkan panas yang tidak tertahan lagi. Hal ini tentu akan membahayakan komponen-komponet di didalam laptop. Jadi, hindari kebiasaan ini agar laptop anda tetap Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak.

2. Jangan Bermain Laptop pada saat posisi laptop miring.

Emangnya kenapa? Karena ketika anda menghidupkan laptop maka Harddisk-nya akan menyala dan piringan Harddisk terus berputar. Ketika laptop dimiringkan maka piringan Harddisk berputar secara tidak seimbang, akibatnya piringan Harddisk agan tergores dan mengakibahtak BAD SECTOR pada Laptop.

3. Jangan Pernah Menutup LCD Laptop Setelah Digunakan

Emangnya kenapa? Terus caranya gimana? Sebenarnya sah-sah saja jika anda bermain laptop pada ruang yang ber-AC. Yang kurang bagus adalah anda menutup laptop saat dalam keadaan panas atau hangat. Mengapa demikian, karena ketika anda bermain laptop pasti laptop anda akan panas atau paling tidak hangat. Nah ketika anda menutup laptop dalam keadan hangat atau panas udara pada keyboard akan naik keatas dan dapat membahayakan LCD laptop anda. Jadi jika anda bermain laptop sebaiknya menutup LCD minimal 30 menit setelah dimatikan. Hal ini bertujuan agar LCD laptop anda tetap aman.

4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Kalau game-game ringan seperti Zuma itu mah tidak apa-apa. Yang bermasalah jika anda bermain game berat seperti seperti GTA V, PES 2016, Call off Duty Advanced Warfare dan sebagainya. Jika anda mainya kelamaan maka akan menyebabkan komponen laptop menjadi overheat dan baterai laptop kamu bisa rusak atau bahkan bocor.

5. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop yang digunakan terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu diingat laptop berbeda dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop.

6. Sering-Sering Membersihkan Laptop Kamu

Nah, ini yang gak boleh ketinggalan. Jangan lupa pula selalu membersihkan laptop kamu minimal 2 minggu sekali. Debu-debu yang menempel di komponen laptop kamu dapat memperlambat kinerja laptop kamu dan membuat laptop kamu cepat panas. Adapun yang perlu dibersihkan antara lain, LCD, Keyboard, lubang sirkulasi udara, dan baterai. Jika kamu mahir bongkar pasang laptop, bersihkan pula bagian dalam laptop kamu ya.

7. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

8. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Jangan pernah sembarangan mengunduh software karena ketika anda mengunaduh software sembarangan besar kemungkinan virus akan cepat masuk kedalam laptop. Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.

9. Pilih sistem operasi yang cocok

Banyak orang mengganti laptop karena laptop yang mereka miliki bekerja dengan sangat lambat. Selain disebabkan oleh faktor usia hardware, hal tersebut biasanya juga terjadi karena pengguna memasang sistem operasi yang tidak cocok pada laptopnya. Sebagai contoh, laptop tua dengan RAM sebesar 512 MB tentu tidak akan cocok untuk menjalankan Windows 7 ataupun Windows 8. Oleh karena itu, jika laptop Anda memiliki spesifikasi pas-pasan, pilihlah Windows XP yang lebih ringan daripada Windows terbaru. Jika khawatir dengan keamanan Windows XP, gunakanlah distro Linux yang mirip Windows XP. Anda juga bisa membaca trik mempercepat booting Windows 8 jika laptop Anda sudah menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1.

Nah, itulah cara merawat laptop dengan baik agar tidak cepat rusak yang bisa saya berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"