Ringkasan Materi Kinematika, Contoh Soal dan Pembahasannya Lengkap

gammafisblog.blogspot.com - kali ini saya akan membahasa materi tentang Kinematika gerak, glb dan glbb serta contoh soal fisika tentang kinematika. artikel ini saya tulis dengan tujuan agar teman teman bisa memahami konsep kinematika dan pada akhirnya teman teman bisa siap dalam menghadapi ujian, mid, tes ulangan dan ujian nasional. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat membaca.

1. Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak Lurus Beraturan atau yang disingkat GLB adalag gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kecepatan konstan, artinya tidak ada pertambahan atau pengurangan kecepatan atau tidak adanya percepatan. sehingga :

Rumus glb


2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

GLBB adalah gerak benda pada lintasan lurus dengan perubahan kecepatan yang beraturan.


3. Gerak Vertikal ke Atas

Gerak vertikal ke atas - Ciri Khusus gerak vertikal ke atas adalah pada ketinggian maksimum, kecepatan benda v = 0, maka:


4. Gerak Jatuh Bebas

Gerak jatuh bebas - Berikut adalah rumus gerak jatuh bebas yang akan teman-teman gunakan untuk menjawab semua soal gerak jatuh bebas.

Rumus gerak jatuh bebas

Contoh Soal Kinematika dan Pembahasannya

Contoh glbb
1. Sebuah benda bergerak dengan perlambatan yang  konstan dengan perubahan kecepatan mulai dari 30 m/s menjadi 15 m/s setelah menenpu jarak 75 m. Benda tersebut akan berhenti setelah menempu jarak sejauh ?
Penyelesaian:

2. Sebuah mobil bermassa 800 kg, bergerak dengan kecepatan awal 10 m/s, setelah menempuh jarak 150 m kecepatan mobil tersebut berubah menjadi 20 m/s. Tentukan waktu tempuh mobil tersebut?
Penyelesaian:


3. Sebuah mobil mula-mula diam. Kemudian mobil tesebut dihidupkan dan bergerak dengan percepatan 2 m/s2. Setelah mobil bergerak selama 10 s kemudian mesin mobil dimatikan, mobil mengalami perlambatan tetap dan berhenti setelah 10 s. Jarak yang ditempuh mobil mulai dari saat mobil dimatikan hingga berhenti adalah?
Penyelesaian:


4. Sebuah benda dilempar vertikal keatas dengan kecepatan awal 10 m/s. tentukan waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk mencapai titik tertinggi dan berapa kecepatan benda saat berada ketinggian 1/2 dari titik tertinggi? (g = 10 m/s2).
Penyelesaian:
Diketahui :
V0 = 10 m/s
g = 10 m/s^2
Ditanya :  Waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk mencapai titik tertinggi dan berapa kecepatan benda saat berada ketinggian 1/2 dari titik tertinggi?


5. Buah kelapa dengan berat 5 kg mengalami gerak jatuh bebas dari ketinggian 15 m dari tanah. Berapa kecepatan benda saat berada 5 m dari tanah ? (g = 10 m/s2)
Penyelesaian:


Itulah artikel tentang "Ringkasan Materi Kinematika, Contoh Soal dan Pembahasannya Lengkap" semoga artikel ini memberikan manfaat kepada teman teman pembaca, Terimakasih telah berkunjung. Sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.

Salam Sahabat "GAMMA"

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel