5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog – Keyword merupakan salah satu hal terpenting serta wajib ada dalam sebuah judul dan isi artikel. Dengan adanya keyword maka Google SERP akan lebih mudah menemukan artikel kita berdasarkan keyword yang dicari oleh pengunjung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Cara Riset Keyword menggunakan tools secara gratis. Dengan menambahkan keyword pada judul dan artikel yang kita buat maka artikel dan keyword tersebut akan tertarget atau tepat sasaran dengan apa yang di inginkan oleh pengunjung.

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Dalam sebuah artikel telah saya jelaskan bahwa harus memiliki keyword yang tertarget. akan tetapi jangan teler lalu menggunakan banyak keyword dalam sebuah artikel. Karena artikel yang kita buat bukan untuk Google SERP akan tetapi untuk pengunjung. Ketika Anda menggunakan banyak keyword dengan maksud agar artikel tersebut mudah ditemukan oleh Google, maka teman-teman akan menghilangkan mana sesungguhnya dari artikel tersebut. Gunakan keyword secukupnya dalam sebuah artikel. Dalam setiap paragraf, paling tidak terdapat dua keyword saja jika paragrafnya pendek. Intinya dalam penggunaan keyword jangan terlalu berlebihan sehingga makna sesungguhnya atau informasi penting dari artikel akan hilang.

Baca Juga : Cara Daftar dan Submit URL Artikel Blog di Google Search Console Agar Terindek Google Serta Panduan Lengkap

Baik, langsung saja kita mulai. Pada kesempatan kali ini gammafisblog akan memberikan 5 solusi atau 5 cara dalam melakukan Riset Keyword. Cara ini bisa dilakukan secara gratis dan mudah untuk di praktikkan. Cara ini telah saya buktikan sendiri dalam membuat artikel yang di sajikan pada blog ini. Baik berikut adalah 5 Tools Riset Keyword Gratis

Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog


1# Google Keyword Planner

Baik, tools riset keyword yang pertama adalah Google Keyword Planner. Tools ini merupakan salah satu produk Google yang dapat digunakan bagi para blogger untuk melakukan riset keyword (kata kunci). Google Keyword Planner merupakan salah satu tools yang memiliki performa yang sangat baik. Karena tools ini merupakan buatan Google dan Google merupakan Search Engine yang paling banyak diminati. Oleh karena itu data-data yang diolah oleh Google Keyword Planner merupakan yang sangat akurat berdasarkan hasil analisis Search Engine atau berdasarkan data hasil penelusuran pengguna Google. Cara menggunkannya cukup mudah. Saya telah menjelaskannya pada artikel saya sebelumnya, yaitu Cara Riset Keyword Gratis Menggunakan Google Keyword Planner

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Teman-teman juga dapat menggunakan Google Keyword Planner untuk menemukan ide baru untuk bisnis atau ide untuk membuat artikel berikutnya. Teman-teman dapat mengetikan kata kunci apa saja maka Google Keyword Planner akan memberikan data berupa jumlah penelusuran kata-kunci tersebut berdasarkan rata-rata per bulanya. Teman-teman juga dapat mengetahui tingkat persaingan dari keyword yang tersebut. Semakin tinggi volume penelusuran dan rendahnya tingkat persaingan kata kunci maka semakin besar artikel peluang artikel teman-teman dikunjungi.

2# Google Search atau Penelusuran Beranda Google

Nah, tools riset keyword gratis yang kedua adalah halaman beranda Google. Pernahkah teman-teman menuliskan suatu kata kunci pada Google Search kemudian Google akan memberikan pilihan kata kunci yang relevan dengan yang teman-teman cari.  Kata kunci tersebut merupakan keyword yang paling banyak dikunjungi atau keyword yang paling banyak dicari. Maka teman-teman dapat menggunakan keyword tersebut untuk dimasukkan kedalah artikel. Contohnya saya menuliskan “cara riset keyword” maka Google akan memberikan banyak pilihan seperti gambar di bawah ini.

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Nah dari kata kunci yang relevan, teman-teman akan mendapatkan ide baru dalam membuat sebuah artikel berikutnya.

Contohnya : dengan menuliskan artikel Cara Riset Keyword maka teman-teman akan mendapat ide artikel baru yaitu :
  • Cara Riset Keyword Youtube
  • Cara Riset Keyword Gratis
  • Cara Riset Keyword Planner. Dll

Perhatikan dengan mengetikan 1 kata kunci, maka teman-teman mendapatkan 9 ide artikel yang baru. Dengan demikian Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari ide pembuatan artikel apa selanjutnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para blogger yang ingin merasa kebingungan dalam membuat sebuah artikel.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Pengunjung Blog 1500 - 2000 Perhari

3# Keywordtool.Io

Yang tidak kalah menariknya adalah Keyword Tools. Teman-teman juga dapat menggunakan tools ini sebagai alat untuk meriset keyword. Tools ini dapat digunakan secara gratis, namun ada beberapa fitur yang telah dinon-aktifkan. Seperti data volume penelusuran, tingkat kompetitor dan nilai cpc. Akan tetapi alat ini masih dapat digunakan untuk menemukan keyword dan ide artikel secara gratis. Diaman keyword yang paling atas adalah kata kunci dengan volume penelusuran yang paling banyak.

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Di samping kekurangan tools ini dalam versi gratis. Tools ini memiliki kelebihan, yaitu memberikan ragam kata kunci atau keyword yang sangat banyak dan relevan yang tidak kalah dengan tools lainnya dalam versi gratis. Jika teman-teman ingin mendapatkan semua fitur Keyword Tools maka teman-teman harus mengaktifkan versi pro dan tentunya berbayar.

Keyword Tools adalah alat yang paling banyak digunakan oleh para blogger master dan Internet Marketing di dunia. Para pakar seo sangat merekomendasikan tools ini dalam melakukan riset keyword. Para Developer Keyword Tools selalu melakukan pengembangan agar lebih baik lagi. Hingga sekarang tools ini telah dilengkapi dengan Alat Riset Keyword Google, Youtube, Bing, Amazon, EBay Dan App Store dan Istagram.

4# UberSuggest

Tools riset keyword gratis keempat yang gammafisblog rekomendasikan adalah UberSuggest. UberSuggest banyak diminati oleh para blogger karena banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh secara gratis. UberSuggest adalah alat yang dapat digunakan untuk melakukan riset keyword berupa “Long Tail Keyword” atau kata kunci yang panjang.

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Tools ini pada umumnya hampir sama dengan Google Search, akan tetapi pada UberSuggest teman-teman dapat melihat volume penelusuran, tingkat kompetitor dan nilai cpc. Pada UberSuggest teman-teman juga dapat melihat Rank dari blog atau website yang menggunakan keyword tersebut. Saya juga suka menggunakan tools ini sebagai alat riset keyword, karena tampilannya yang sederhana dan tidak ribet dalam pengoperasian namun tetap memberikan banyak informasi.

5# KWFinder

KWFinder merupakan salah satu tools yang dapat teman-teman gunakan untuk melakukan riset keyword. Sama halnya dengan tools riset keyword yang lain, KWFinder dapat memberikan informasi mengenai volume penelusuran, tingkat kompetitor keyword dan nilai cpc.

5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Namun , KWFinder tidak sepenuhnya gratis. Dalam versi gratis KWFinder memberikan batasan bagi penggunaannya. Batas keyword yang diberikan oleh KWFinder adalah 25 keyword dalam sekali pencarian. Walaupun demikian tools ini masih bisa dimanfaat kan secara gratis.

Kesimpulan :

Tools yang paling mudah digunakan dan gratis adalah Google Search atau penelusuran beranda Google. Selain mudah, beranda Google juga memberikan ragam keyword yang sering dicari oleh para pengunjung Google. Serta memberikan keyword “Long Tail Keyword” atau keyword dengan kata kunci yang panjang. Tentunya “Long Tail Keyword” sangat bagus untuk dijadikan sebagai judul artikel. Cara meggunakan kelima aplikasi tersebut cukup mudah. Teman-teman hanya perlu menuliskan keyword yang ingin diperoleh informasinya dan jangan lupa pilih bahasa dan target negara.
Itulah artikel mengenai 5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan klik like dan komentarnya tentang artikel ini. Dan jika Anda berkenan untuk share artikel ini kami sangat berterima kasih.

Saya telah mencoba sendiri ke 5 Tools Riset Keyword tersebut dalam membuat judul dan artikel. Bahkan artikel ini saya buat dengan memanfaatkan setiap tools tersebut dalam menentukan ide paragraf. Bagi teman-teman yang ingin mencoba silakan praktikkan. 5 tools tersebut telah banyak digunakan mulai dari blogger pemula hingga para master blogger. Oke sampai di sini saja, dan terima kasih telah berkunjung. Selamat Mencoba...
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"