Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis.com

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis.com

Cara Membuat Widget Share Botton di Blog – Jika kita perhatikan pada hampir pada setiap blog atau website pasti memiliki Widget Share Botton. Entah itu di simpan pada bagian bawah artikel, atas artikel ataupun pada bagian samping. Sesuai dengan namanya, Share Botton merupakan menu yang disediakan untuk share atau berbagi artikel. Share Botton merupakan komponen yang paling penting dalam sebuah blog atau website. Hal ini bertujuan agar para pengunjung dapat dengan mudah share artikel yang bermanfaat tersebut kepada teman-temannya melalui akun sosial media.

Baca Juga : 5 Cara Riset Keyword Gratis dalam Membuat Judul dan Artikel Blog

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis

Pada kesempatan kali ini – Gammafisblog akan berbagi kepada Anda tentang bagaimana cara membuat widget share buttons dengan mudah dan memiliki tampilan yang menarik sesuai dengan keinginan Anda. Di sini saya menggunakan website AddThis untuk membuat widget share Botton. AddThis memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengatur dan mengedit tampilan widget. Anda dapat dengan mudah menambahkan atau menghapus sosial media yang diperlukan atau tidak. Cara membuat widget share Botton di AddThis cukup mudah, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis


1. Langkah Pertama

Silakan Anda mendaftar ke AddThis melalui link www.addthis.com. Kemudian scroll ke bawah dan klik “Get Stared” seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu Anda diminta membuat akun AddThis menggunakan alamat email. Silakan isikan data sesuai dengan data Anda. Setelah itu klik daftar.

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis

2. Langkah Kedua

Setelah Anda mendaftar akun AddThis maka selanjutnya Anda akan dibawa ke bagian menu pilihan tipe dari Widget Share Botton (Perhatikan gambar di bawah ini). Tipe pertama adalah Floating. Tipe Floating yaitu tipe widget share Botton yang tampil secara vertikal pada bagian samping blog atau website Anda. Tipe Inline adalah tipe tampilan horizontal, tipe ini sangat cocok untuk Anda simpan pada bagian atas dan bawah artikel.

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis

3. Langka Ketiga

Setelah memilih tipe tampilan widget, langkah selanjutnya adalah mengcostumize atau mengedit tampilan widget. Ada 4 menu yang disediakan yaitu :

Sharing Dervices : Pada bagian ini centang pada “Selected by You” hal ini bertujuan agar Anda dapat menyeleksi akun sosial media yang ingin ditampilkan. Anda juga dapat mengatur posisi adan urutan dari tombol share sosial media dengan cara draw and drag. 

Designe : merupakan bagian untuk mengatur ukuran dari tombol sahre Botton. Ukurannya terserah pada Anda. Di sini saya menggunakan ukuran besar yaitu Large (32x32) dan menggunakan style “Standard Responsive”. Selanjutnya, scroll kebagian bawah Designe kemudian centang “Hide Network Names”.

Share Counter : pada “Share Counter Type” pilih jumbo

Position : Pada “Hide on These Devices” pilih Neither.

Untuk lebih mudahnya sesuaikan tampilannya seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis
       

4. Langka Keempat : Klik Activete Tool

5. Langka Kelima

Setelah Anda mengeklik “Activete Tool” maka AddThis akan membuat kode HTML untuk Widget Share Botton yang telah dibuat. Jika Anda menggunakan blogger, maka Anda harus memilih An HTML Website. Jika Anda menggunakan WordPrees maka pilih WordPress seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis

Kemudian pada bagian bawah akan ada dua kode HTML, yaitu code HTML pada Just Copy dan Inline.

Pada Kode just copy : Copy dan pastekan kode HTML tersebut tepat di atas kode  </body>

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis

Sedangkan kode InLine Anda bisa menaruhnya pada bagian yang Anda inginkan :

Cara Membuat Widget Share Button di Blog Menggunakan Addthis

1. Cara pertama, yaitu kode InLine diletakkan pada bagian tata letak. Caranya adalah klik “Add a Gadget” atau tambahkan widget kemudian tambahkan HTML/JavaScript

2. Cara kedua, yaitu Kode InLine diletakkan dalam kode Edit HTML Blog. Jika Anda ingin menaruh Tombol Share Buttons pada bagian atas artikel maka Anda menambahkan kode InLine tersebut pada bagian atas <data:post.body/>. 

Jika Anda ingin meletaknya pada bagian bawah artikel maka Anda menaruh kode Inline pada bagian bawah <data:post.body/>. 

Sedangkan jika Anda ingin menaruhnya pada bagian atas dan bawah maka letakkan kode tersebut pada bagian atas dan bawah <data:post.body/>.

Catatan : Kode <data:post.body/> pada beberapa template ada dua kode silahkan coba satu persatu kode tersebut.

Itulah artikel tentang Cara Membuat Widget Share Botton di Blog Menggunakan Addthis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda menyukai artikel ini silakan klik Like dan komen dan share artikel ini jika Anda berkenan. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"