Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah

Bagaimana Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah?. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara pasang ads.txt. Nah, sebelum saya memberitahukan caranya ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu mengenai ads.txt. Apa itu ads.txt ? ads.txt atau Authorized Digital Sellers merupakan konsep ini inisiatif dari IBA (Interactive Advertising Bureau) yang bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam program pengiklanan. Dengan memanfaatkan ads.txt, maka para Publisher Adsense dapat mengatur dan mengendalikan otoritas iklan Adsense mereka pada suatu situs web yang diinginkan (yang telah Anda verifikasi). Sehingga ID pub-Adsense aman dan tidak di salah gunakan oleh orang lain yang dapat melanggar peraturan Google Adsense. Penggunaan Ads.txt tidak di wajibkan, akan tetapi di anjurkan. Dengan tujuan tadi, melindungi ID pub-Adsense.

Baca Juga : Cara Mengganti Judul Blog dengan Gambar atau Logo Format PNG
Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah

Tentunya saya dan Anda juga tidak ingin kalau ID pub-Adsense kita di salah gunakan dan diterbitkan pada situs yang melanggar peraturan Adsense. Karena dampaknya adalah Google dapat memblokir ID Anda, sehingga Anda tidak dapat lagi menerbitkan iklan. Artinya Anda tidak akan mendapatkan uang karena kesalahan sepele seperti itu. Sehingga saya berpendapat dan menganjurkan kepada Anda untuk mengaktifkan Ads.txt.

Dari penjelasan di atas saya harap Anda paham tentang ads.txt Anda semakin yakin untuk mengaktifkannya. Ads.txt ini dapat di tambahkan ke situs web Anda yang lain dengan catatan telah disetujui dan situs tersebut sesuai dengan peraturan Adsense. Sekarang saya sedang mengajukan situs web ini kembali ke Google Adsense karena saya mengganti domain dari Blogspot ke domain TLD. Yang menarik adalah ketika saya tidak mengaktifkan Ads.txt status situs saya masih menyiapkan. Di sini saya merasa ada tahap yang belum saya selesaikan, kemudian saya ingat tentang otoritas situs dan pengaktifan ads.txt. setelah saya mengaktifkannya status situs saya berubah menjadi “Sedang ditinjau”. Sehingga saya berpendapat, ketika kita menambah sebuah situs baru ke akun Google Adsense maka kita harus mengaktifkan otoritas situs dan ads.txt.

Nah, dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah tahu apa saja manfaat dan kegunaannya dari ads.txt untuk situs web Anda. Maaf sebelumnya, Saya telah menjelaskannya secara panjang lebar karena saya rasa itu perlu saya sampaikan. Untuk Anda yang hanya ingin tahu caranya maka skip saya penjelasan di atas dan mari kita masuk ke tahapan pengaktifan ads.txt pada situs web atau blog Anda. Di sini saya menggunakan blog dengan platform blogger, untuk platform lain silakan di sesuaikan atau silah kan bertanya di kolom komentar.

Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah


  1. Langkah Pertama : Masuk ke akun Google Adsense

Setelah masuk ke daskboard Google Adsense kemudian cari ID Pub-Adsense milik Anda. Anda bisa mencarinya di Akun >> Setelan >> Informasi Akun. Kemudian pada nomor penayang ada tulisan “pub-265000000000000” copy dan simpan ID Pub-Adsense tersebut di notepad.

Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah

  1. Langkah kedua : Siapkan Kode Ads.txt

Copy kode berikut ini dan ganti kode pub-265000000000000 dengan kode ID pub-Adsense atau nomor penayang milik Anda.
google.com, pub-265000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

  1. Langkah Ketiga : Login Ke Blog

Masuk ke akun blog Anda melalui blogger.com kemudian klik Setting >> Search Preferences >> Monetization >> Custom Ads.txt >> Klik Edit >> Enable custom ads.txt conten ? >> Yes > Save Changes. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah

  1. Langkah Keempat : Cek

Langkah ini untuk memastikan apakah ads.txt sudah aktif atau belum. Caranya adalah dengan menambahkan /ads.txt pada alamat blog Anda. Contoh alamat blog yaitu http://www.DomainAda.com/ jika ingin cek apakah telah aktif atau tidak maka alamatnya menjadi http://www.domainAnda.com/ads.txt.  Jika sudah aktif maka akan tampil “google.com, pub-265000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0” pada alamat tersebut.
Berbeda jika ads.txt milik Anda belum aktif maka akan muncul error halaman 404 yang menandakan halaman tidak ditemukan. Ada hal menarik ketika Anda belum mengaktifkan tetapi ads.txt aktif namun dengan ID penayang yang berbeda dengan milik Anda. Hal ini terjadi mungkin karena blog Anda pernah di daftarkan dan di tolak oleh Google.

Dampak lain ketika Anda tidak mengaktifkan ads.txt adalah iklan Adsense akan tayang tidak sempurna dan terkadang tidak tampil (Blank) bahkan akan dinonaktifkan sementara. Informasi ini saya dapatkan dari berbagai situs dan forum Google Adsense. Nah, setelah ads.txt di aktifkan iklan tersebut kembali tayang dengan sempurna setelah beberapa jam proses. Jadi, kembali saya sarankan Anda untuk tetap mengaktifkan ads.txt di situs web ataupun blog Anda.

Kesimpulan


Dari yang telah saya bahas di atas maka dapat saya simpulkan manfaat dari mengaktifkan ads.txt sebagai berikut.
  1. Mengaktifkan Ads.txt pada situs web atau blog memberikan otoritas atau verifikasi yang Anda lakukan kepada situs tersebut bahwa benar-benar milik Anda untuk di tayangkan iklan Adsense.
  2. Melindungi ID pub-Adsense dari kejailan orang lain.
  3. Mencegah kesalahan atau perbedaan ID pub-Adsense ketika blog Anda pernah di tolak Google Adsense.
  4. Mencegah terjadi iklan yang blank atau dinonaktifkan sementara.
  5. Sebagai antisipasi terhadap masalah ke depannya.
Baca Juga : Cara Memasang Iklan Adsense di Atas Postingan yang Berpotensi Klik

Itulah artikel tentang penjelasan dan Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah. Cara ini telah saya lakukan pada blog ini. Saya telah menjelaskan semua pengalam saya ketika sebelum mengaktifkan dan setelah mengaktifkan ads.txt. Selanjutnya, Anda bisa terapkan ini pada blog Anda. Ini di lakukan selain untuk menjadi akun Google Anda dan juga sebagai antisipasi untuk maslah ke depannya. Oke, akhir kata saya ucapkan selamat berkunjung, jangan lupa komen dan semoga Anda nyaman selama berada di blog ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memasang Ads.txt Google Adsense Di Blog Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel