7 Tips Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula

7 Tips Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh blogger pemula. Seperti yang saya lakukan dahulu saat pertama kali terjun ke dunia blogger. Kesalahan-kesalahan tersebut membuat saya tidak mendapatkan apa-apa. Pada awal saya membuat blog yang saya pikir adalah bagaimana cara mendapatkan artikel dan pengunjung yang banyak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Al hasil niat jahat dan pikiran pun muncul sana-sini. Kesalahan yang paling fatal dilakukan oleh saya dulu adalah mengkopi paste blog milik orang lain. Tujuan saya saat itu ingin berbagi, tetapi apalah artinya saya berbagi konten milik orang lain. Tahun 2016 hingga pertengahan 2016 saya mulai merasa cape karena semua artikel kopas tak kunjung dibaca. Bukan pengunjung yang baca malah Google yang mendeteksi pelanggaran. Sehingga blog pertama saya chibakuadsense.blogspot.com di hapus oleh Google karena isinya semua adalah artikel kopas. Saya berhenti setelah itu. Namun Januari awal 2017 semangat saya ngeblog kembali tak tahu kenapa.
7 Tips Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Januari 2017, saya membuat blog baru dengan alamat email yang baru. Nama yang terlintas saat itu adalah gammafisblog.blogspot.com. awal tahu itu saya mulai membuat artikel saya sendiri. Artikel yang saya buat saat itu adalah tentang pengalaman pribadi dan pengetahuan saya dalam dunia fisika dan blog. saya rutin membuat artikel ORI saat itu. Bahkan gambar pun saya buat sendiri menggunakan Ms Word, karena saking semangatnya. Karena artikel yang saya tulis merupakan pengetahuan yang saya miliki dan dituangkan dalam tulisan. Dalam waktu 3 bulan, blog saya ramai dengan pengunjung. Ya, setidaknya saat itu blog saya dibaca 500 – 1000 viewer per hari. Saya senang karena sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan pengunjung sebanyak itu.

Setelah saya merasa pengunjung dan artikel berjumlah 30 serta blog telah genap berumur 3 Bulan saya memberanikan diri mendaftarkan ke Google Adsense. Dalam waktu 2 minggu blog saya telah di terima sebagai Publisher Google Adsense. Han, pada kesempatan kali ini saya kan coba berbagi tips atau cara agar blog yang kita buat layak dan ideal untuk menjadi Publisher Google Adsense. Lakukan Cara ini dengan benar dan ada baiknya Anda mulai dari awal. Mulai lagi dari proses pembuatan email baru. Hal ini juga saya lakukan dulu. Email gammafisblog berbeda dengan email blog saya yang penuh dengan artikel kopas. Hal ini bertujuan agar email kita bersih dari email pelanggaran sebelumnya.

Catatan : Jika perlu baca semua artikel ini dari awal sampai akhir sebelum mempraktikkan. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya dalam dunia blog dari kesalahan tahun 2016 sampai perbaikan tahun 2017 hingga pertengahan. Saya juga sempat vakum pertengahan 2017 hingga akhir 2018 karena tahun skripsi saat itu dan mulai lagi melanjutkannya di tahun 2019. Semua pengalaman saya rangkum secara singkat dan padat.

7 Tips Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula


1. Buat Email melalui layanan Google berupa gmail.com

Untuk mendapatkan fasilitas dari Google, maka Anda wajib menggunakan akun Gmail.com. Dengan akun gmail maka Anda dapat mendaftar blog secara gratis. Jika Anda belum memiliki email silahkan bacar artikel saya tentang Cara Membuat Email.

2. Buat Blog menggunakan Platform Blogger.com


7 Cara Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Pada umumnya Anda bisa mendaftar Google Adsense menggunakan platform apa saja. Namun, jika Anda masih pemula dalam dunia blogger maka Platform blogger.com adalah pilihan terbaik. Jika ditanya kenapa? Pertama Gratis (tidak perlu hosting blog untuk mendaftar Google Adsense). Kedua mudah untuk dioperasikan. Serta mudah dalam mengganti template. Jika Anda belum memiliki blog maka cara artikel saya tentang Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com

3. Edit tampilan Blog dan Gunakan template Responsive serta SEO Friendly


7 Cara Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula

Pada dasarnya Google telah menyediakan template Responsive serta SEO Friendly. Anda tinggal memilihnya pada bagian tema. Template buatan Google yang saya rekomendasikan adalah template Contempo, Emporio, dan Terkemuka. Silahkan disesuaikan dengan tema blog Anda.

Template yang digunakan oleh gammafisblog.com adalah template Kompi Flexible non AMP. Template ini buatan Pak Adhy Suryadi pemilik kompiajaib.com. Template ini saya beli dengan harga 100rb. Jika Anda berminat membelinya silahkan menghubunginya. Keunikan dari template Kompi Flexible adalah loadding template yang ringan, Responsive baik tampilan Mobile maupun Desktop, Sederhana  dan Menyediakan ruang iklan yang banyak serta potensial.

4. Upgarde Domain ke Top Level Domain (TLD) – Ini Pilihan (Tidak Wajib)

Ketika mendaftar blog melalui platform blogspot maka domain blog Anda adalah “NamaDomaiAnda.blogspot.com”. blogspot.com merupakan domain gratis yang disediakan oleh Google. Untuk mengupgradenya ke domain TLD (Seperti .com, ide, .net, dll) adalah sebuah pilihan. Anda bisa juga tidak mengupgrade domain seperti yang saya lakukan. Blog ini beralamatkan gammafisblog.blogspot.com selama kurang lebih 2 tahun. Kemudian saya memutuskan untuk mengupgradenya ke TLD pada awal tahun baru 2019.

Baca Juga : Cara Mudah Mengganti Domain Blogspot.com Menjadi .com Lengkap Dengan Gambar

Akan tetapi ada kekurangan dan kelebihan ketika saya mendaftarkan Adsense menggunakan alamat gammafisblog.blogspot.com. Kelebihannya adalah blog akan cepat diterima ketika mendaftar menggunakan domain.blogspot.com dibandingkan domain TLD. Kekurangannya adalah akun Adsense saya saat itu berstatus Hosted. Artinya saya hanya bisa menampilkan iklan di blog ini saya. Kemudian saya memutuskan untuk mengupgrade domain ke TLD agar status Adsense Berubah menjadi Non-Hosted. Keunggulan akun Non-Hosted adalah saya bisa menampilkan iklan lebih dari 1 blog yang saya miliki.

5. Update artikel bermanfaat minimal satu artikel setiap hari dan rutin selama 30 hari.

Hal terpenting dari sebuah blog adalah konten. Dengan mengupdate konten/artikel yang bermanfaat/berkualitas maka pengunjung akan datang dengan sendirinya dan  bahkan dia akan membagikan artikel tersebut. Update artikel secara rutin adalah kunci peningkatan trafik blog. karena pengunjung selalu ingin informasi terbaru. Usahakan artikel yang ditulis minimal terdiri dari 500 kata atau lebih karena akan lebih bagus dan lakukan Riset Keyword sebelum membuat artikel. Jangan asal membuat artikel dan usahakan artikel tersebut informatif. Maksudnya memiliki banyak informasi bermanfaat dan solusi bagi pembaca.

Usahakan artikel yang di update pada awal-awal adalah artikel dengan jenis atau tema yang sama. Misalkan blog ini pada awalnya mengupdate artikel tentang kumpulan soal fisika dan laporan fisika. Sehingga otomatis siswa dan mahasiswa yang mencari artikel tentang fisika akan berkunjung ke blog ini. Dan Google juga akan merekomendasikan Blog ini pada mereka. Blog dengan satu tema akan memiliki peluang pengunjung yang besar. Maka pikirkan tema blog Anda terlebih dahulu agar cepat diterima oleh Google Adsense. Buatlah blog dengan tema yang sesuai dengan kemampuan Anda. Agar Anda lebih mahir dan tidak bingung saat membuat artikel.

6. Daftarkan Blog Ke Google Search Console dan Google Analytics

Google Search Console merupakan alat yang di sediakan oleh Google agar artikel yang kita buat cepat di indeks oleh Google. Tujuan pengindeksan adalah agar artikel kita dikenali Google dan dapat ditemukan saat pengunjung mengetikan kata kunci artikel Anda. Setiap artikel yang telah Anda publis maka wajib bagi Anda untuk submit artikel ke Google Search Console. Cara Daftar dan Submit artikelnya mudah baca artikel saya tentang Cara Daftar dan Submit URL Artikel Blog di Google Search Console Agar Ter indeks Google Serta Panduan Lengkap.

Google Analytics merupakan tools yang disediakan oleh Google untuk menganalisis mengategorikan trafik blog Anda. Maksudnya adalah dengan Google Analytics, maka Google akan tahu berapa pengunjung blog Anda secara falid. Selain itu juga Anda bisa mengetahui kategori umur pengunjung blog. kira-kira blog Anda paling banyak dikunjungi oleh orang tua, dewasa, anak-anak, perempuan ataupun laki-laki.

Mendaftarkan blog ke Google Search Console dan Google Analytics adalah salah satu cara agar blog Anda bisa diterima oleh Google Adsense.

7. Daftarkan Blog setelah berumur 3 bulan sejak di buat dan Trafik sudah stabil.

Karena pada umumnya artikel yang kita buat dari bulan pertama akan mendapatkan trafik yang banyak setelah artikel berumur 3 bulan. Setiap artikel akan membutuhkan waktu minimal tiga bulan atau lebih. Tergantung dari seberapa manfaat dan unik artikel yang Anda buat. Artikel yang unik masuknya adalah artikel buatan sendiri dengan pengetahuan dan gaya bahasa sendiri. Bukan artikel yang di kopas di sana sini.

Saat mulai di dunia blogger saya juga membuat banyak kesalahan seperti pemula pada umumnya. Mengkopy blog milik orang lain demi mengupdate artikel yang banyak. Al hasil blog saya http://chibakuadsense.blogspot.com dihapus oleh Google. Kemudian saya dengan niat baik dan semangat yang baru mencoba kembali membangun sebuah blog yang sehat seperti blog ini. mengupdate artikel berdasarkan pengalaman serta pengetahuan dan tidak jarang saya mencobanya terlebih dahulu baru saya buatkan artikel. Hal ini bertujuan agar Anda lebih paham dalam menjelaskan dalam bentuk tulisan nantinya.

Itulah artikel tentang 7 Tips Membuat Blog Ideal Agar Cepat Diterima Google Adsense Untuk Blogger Pemula. Artikel ini saya buatkan berdasarkan pengalaman. Dan melalui artikel ini saya bagikan kepada Anda agar blog bisa cepat di terima oleh Google. Satu saran dari saya, jangan pernah mengkopi paste artikel milik orang lain. Karena Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Jika ingin berbagi, bagilah pengalaman dan pengetahuan Anda menurut bidang. Itu akan memudahkan Anda dalam membuat artikel. Jika ada kekurangan dari penjelasan saya, mohon untuk dimaafkan. Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"