7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen dan Simulasi Elektronik

7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen dan Simulasi Elektronik

Gammafisblog.com - Dunia Elektronika adalah salah satu bagian terpenting dalam mendukung perkembangan dunia teknologi. Dengan ditemukannya komponen elektronika maka alat-alat elektronika pun berkembang dengan pesat. Salah satu contohnya adalah perkembangan perangkan elektronik seperti HP, TV, dan Komputer. Untuk mendukung perkembangan dalam bidang teknologi maka banyak sekali orang elektronika yang berlomba-lomba membuat komponen elektronik ataupun rangkaian elektronik. Sehingga tidak jarang banyak sekali eksperimen yang dilakukan. Namun untuk melakukan eksperimen dalam membuat alat elektronik ataupun rangkaian elektronik membutuhkan biaya yang cukup besar. Dimana Anda harus membeli komponen elektronik (seperti resistor, kapasitor, transistor dan lainya sesuai kebutuhan), membeli catu daya (AC/DC) sebagai sumber tegangan, dan alat ukur tegangan, arus, dan gelombang keluaran seperti (Voltmeter, Amperemeter, Multimeter ataupun Osiloskop). Dan masih banyak lagi uang yang perlu dikeluarkan untuk membuat dan menganalisis rangkaian elektronika.

7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen dan Simulasi Elektronik

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Anda masih dapat melakukan simulasi, eksperimen dan membuat rangkaian elektronik dengan menggunakan satu aplikasi dengan fasilitas yang lengkap. Diaman dalam aplikasi ini telah dilengkapi dengan fasilitas komponen dan alat ukur serta alat untuk menganalisis bentuk gelombang keluaran dalam bentuk Virtual Lab.

Virtual Lab adalah sebuah laboratorium elektronika berbasis virtual. Dimana Anda dapat melakukan eksperimen ataupun simulasi elektronik. Ada banyak sekali aplikasi Virtual Lab yang dapat Anda temui. Namun pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen dan Simulasi Elektronik. Dengan aplikasi ini Anda bisa bebas membuat rangkaian apa saja seusia keinginan Anda. terlebih lagi ke-7 aplikasi ini telah banyak digunakan dan dibahas oleh banyak orang baik berupa video tutorial ataupun dalam bentuk artikel. Dengan demikian akan lebih memudahkan Anda. selain itu setiap aplikasi ini memiliki panduannya masing-masing. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat ide rangkaian kemudian di visualkan menggunakan aplikasi di bawah ini. Baik, untuk tidak memperpanjang kata langsung saja kita mulai.

7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Eksperimen dan Simulasi Elektronik


1# LabVIEW

LabVIEW (Laboratory Virtual Instrumentation Engineering Workbench) adalah Sebuah perangkat lunak berupa laboratorium Virtual yang dapat digunakan untuk melakukan pemrosesan dan melakukan visualisasi data dalam bidang akuisisi data, kontrol instrumentasi serta mampu melakukan kendali otomatis industri. LabVIEW pertama kali dikembangkan oleh sebuah perusahaan National Instruments tepatnya pada tahun 1986. LabVIEW dapat dijalakan pada beberapa Sistem Operasi (OS) seperti Linux, Unix, Mac OS X dan Windows. Telah banyak orang yang menggunakan LabVIEW dalam membuat Project instrumentasi. Dan banyak pula yang membuat video tutorial tentang dasar-dasar penggunaan LabVIEW di Youtube ataupun Website. Sehingga memudahkan Anda untuk mempelajarnya. LabVIEW dapat Anda gunakan dan kombinasikan dengan Arduino menggunakan komunikasi serial LabVIEW dan Arduino. Sehingga Anda bisa membuat aplikasi yang dapat berkomunikasi dengan Arduino sebagai Mikrokontrolel dan penerima data kemudian LabVIEW sebagai pengolah dan display data. Contohnya Anda ingin mengukur suhu menggunakan sensor suhu LM35 dan Arduino sebagai Mikrokontrolel yang mengubah data analog menjadi digital kemudian data digital di oleh menggunakan LabVIEW melalui komunikasi serial. Setelah di oleh kemudian data tersebut ditampilkan menggunakan grafik ataupun tabel suhu terhadap waktu. Masih banyak lagi Project yang dapat Anda buat menggunakan LabVIEW, karena LabVIEW bukan hanya sebagai akuisisi data namun juga dapat digunakan untuk mengendalikan alat-alat instrumentasi.

2# Proteus

Proteus adalah sebuah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pemodelan Sistem Virtual dan membuat simulasi rangkaian elektronika. Aplikasi ini menggabungkan mode SPICE Circuit Simulation, Komponen Animasi dan Model Mikroprosesor untuk memfasilitasi Co-simulasi desain berbasis Mikrokontroler. Proteus dapat digunakan untuk melakukan simulasi interaksi antara perangkat lunak yang berjalan pada Mikrokontroler dan elektronik analog atau digital yang terhubung dengannya. Proteus dapat melakukan simulasi Port Input / Output, interrupts, timers, USARTs dan semua device yang terdapat pada setiap prosesor.


3# NI Multisim

Ini Multisim adalah salah satu perangkat terbaik yang dapat digunakan untuk membuat sebuah desain rangkaian elektronika (desain PCB) dan melakukan simulasi rangkaian elektronika. Multisim telah dilengkapi dengan berbagai komponen elektronika sehingga Anda bisa membuat rangkaian apa saja dengan men-drag-and-drop komponen yang Anda inginkan. Anda bisa melakukan simulasi rangkaian untuk melihat tegangan, arus, frekuensi dan bentuk gelombang sinyal keluaran ataupun masukkan. Dengan Multisim maka seperti memiliki sebuah laboratorium sendiri yang dapat Anda gunakan dan dibawa ke mana saja. Multisim merupakan salah satu Lab Virtual yang memiliki banyak kelengkapan.

Aplikasi Virtual Lab Lainya yang memiliki fungsi dan kemampuan yang hampir sama adalah sebagai berikut.

4# PSpice
5# Livewire
6# OrCAD
7# SEE Electrical LT



Itulah 7 Aplikasi Lab Virtual Elektronika Terbaik Untuk Belajar Elektronik. Ke-7 aplikasi di atas akan sangat berguna bagi Anda yang ingin belajar membuat komponen elektronika ataupun melakukan simulasi rangkaian untuk mengamati hasil sinyal gelombang keluaran ataupun gelombang masukkan dari rangkaian tersebut. Selain itu Anda juga dapat melihat bentuk gelombang pada tiap rangkaian. Dengan adanya aplikasi di atas tentu akan membantu Anda mengamati, menganalisis dan memperkirakan hasil sebelum Anda membuat rangkaian yang asli. Oke, semoga apa yang saya tulis kali ini berguna untuk Anda. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa, like, share dan subscribe website ini agar Anda bisa mendapatkan informasi menarik dan terbaru dari kami secara gratis.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"