3 Cara Cek Rank Blog Anda di Google dengan Mudah

Gammafisblog.com - 3 Cara Cek Rank Blog Anda di Google dengan Mudah - Rank Blog adalah sebuah peringkat sebuah blog atau website di mesin pencarian. Semakin bagus peringkat sebuah blog, maka semakin baik blog tersebut. Peringkat atau Rank Blog diberikan berdasarkan jumlah pengunjung dan kemudahan artikel blog tersebut berada di halaman pertama Google. Artinya blog dengan Rank yang bagus memiliki volume pengunjung yang baik pula dan artikel dari blog tersebut banyak yang Page One. Kita semua setuju bahwa Rank atau peringkat yang baik tentunya akan diberikan kepada sebuah blog atau website yang baik. Artinya isi dari blog tersebut bermanfaat dan merupakan hal yang original. Karena tidak mungkin blog yang isinya artikel copas mendapatkan peringkat yang baik. Justru blog yang isinya copas akan mendapat Rank yang buruk. Bahkan tidak akan di sukai oleh mesin pencarian.

3 Cara Cek Rank Blog Anda di Google dengan Mudah

Nah, Sekarang pertanyaannya adalah Bagaimana cara mengetahui Rank Blog Anda?. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui peringkat blog Anda di mesin pencarian. Caranya yaitu dengan memanfaatkan situs yang memberikan fasilitas tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda mengenai 3 situs yang dapat Anda gunakan untuk mengetahu Rank Blog. Ketiga situs ini tidak hanya memberitahukan Anda mengenai Rank Blog dalam Tingkat Lokal dan Global, akan tetapi informasi keyword dan juga nilai DA dan PA dari blog Anda bisa diketahui. Selain memberitahukan mengenai 3 situs ini, saya juga akan memberitahukan tentang bagaimana cara meningkatkan Rank Blog Anda. Nah, jika Anda tertarik dengan artikel ini, mari simak penjelasan berikut ini.

3 Cara Cek Rank Blog Anda di Google dengan Mudah


1. Alexa.com

Alexa.com adalah sebuah website yang dapat Anda gunakan untuk melihat Rank Blog Anda. Anda bisa mengunjungi halaman https://www.alexa.com/siteinfo untuk mengetahui informasi mengenai statik, trafik dan analitik blog Anda. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan alamat blog Anda kemudian klik enter. Maka alexa.com akan memulai menganalisis blog Anda. Ada 2 Rank yang akan diberikan yaitu Rank Lokal dan Rank Global. Rank lokal adalah peringkat blog Anda di negara Anda sendiri, yaitu posisi Anda dari semua blog yang ada di Indonesia. Sedangkan Rank Global adalah posisi blog Anda dari seluruh blog yang ada di dunia. Selain mengetahui informasi Rank Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai sumber trafik, website kompetitor, keyword blog Anda dan durasi rata-rata pengunjung membaca blog Anda.

2. Similarweb.com

Situs yang kedua, yaitu similarweb.com. Situs ini juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui Rank blog Anda. Caranya sama yaitu dengan memasukkan alamat blog Anda. similarweb.com memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah mampu memberikan informasi pengunjung setiap bulannya sehingga Anda bisa memantau perkembangan blog. Memberikan informasi mengenai Referring Sites (atau situs yang mengarah ke blog Anda) , persentase trafik organik dan anorganik, Audience Interests, persentase kategori artikel, serta website kompetitor. Sehingga menurut saya similarweb.com memberikan informasi yang jauh lebih banyak walaupun dalam versi yang gratis.

3. Ceksite.com

Ceksite.com pada dasarnya adalah sebuah situs yang dapat Anda gunakan untuk mengetahu harga website Anda. Namun selain itu Ceksite.com juga terintegrasi dengan alexa.com sehingga selain memberikan informasi mengenai harga website Anda juga bisa mengetahui Rank Website Anda. Ada kelebihan yang diperoleh ketika Anda mengeceknya menggunakan Ceksite.com diantarnya adalah Anda tahu harga blog Anda, Anda bisa melihat DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). DA dan PA adalah sebuah tolak ukur mesin pencarian untuk memberikan peringkat. Sehingga semakin tinggi nilai DA dan PA maka semakin bagus pula peringkat blog tersebut. Hal yang mempengaruhi nilai DA dan PD adalah umur domain, jumlah artikel dan kualitas artikel.

Cara Meningkatkan Rank Blog Anda di Google


1. Kualitas Domain

Untuk mendapatkan peringkat atau Rank yang bagus di mesin pencarian, maka saya sarankan Anda harus menggunakan Domain TLD bukan domain gratis. Domain TLD membuat blog Anda lebih diperhatikan oleh mesin pencarian. Selain itu domain TLD membuat blog Anda lebih profesional, artinya orang akan melihat bahwa Anda serius dalam membangun website tersebut.

2. Kualitas Artikel

Untuk meningkatkan Rank maka Anda harus memperhatikan kualitas artikel Anda. Kualitas artikel dapat dilihat dari seberapa besar manfaat dan penting artikel yang Anda tulis bagi pembaca. Jika artikel Anda memberikan manfaat yang begitu besar bagi pembaca maka pembaca akan betah berlama-lama membaca artikel Anda. Hal ini akan meningkatkan nilai dari durasi rata-rata pengunjung membaca artikel Anda. Semakin lama pengunjung bertahan membaca artikel maka akan berdampak baik pada Rank Blog Anda. Sebaliknya jika artikel Anda asal-asalan dan tidak memiliki manfaat maka pengunjung malas berada di situs Anda dan langsung keluar. Tentu saja mesin pencarian akan menilai bahwa situs Anda kurang bermanfaat dan akan mendapatkan peringkat yang buruk pula. Artikel yang berkualitas juga merupakan artikel yang original bukan artikel hasil copas sana dan sini. Artinya jika Anda ingin Rank Blog Anda meningkat maka rajinlah membuat artikel bermanfaat dan original.

3. Update Setiap Hari

Jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang bagus di kelas, maka selain meningkatkan kualitas belajar Anda juga harus rajin datang ke sekolah. Artinya untuk mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencarian maka Anda harus Update artikel original setiap hari. Minimal Anda menulis 1 artikel setiap hari. Blog yang di Update setiap hari adalah blog yang sehat, selain itu pengunjung juga akan memperoleh informasi baru tiap harinya. Selain itu rajin mengupload artikel akan memperkaya blog Anda dengan informasi dan akan menarik begitu banyak pengunjung. Dengan terus mengupdate maka blog Anda akan meningkatkan Rank Blog Anda di mesin pencarian. Tetapi ingat, artikel yang di upade harus artikel yang original. Jangan lupa menambahkan keyword pada judul artikel dan setiap paragraf artikel agar mesin pencarian lebih mudah menemukan artikel dari blog Anda.

4. Tingkatkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah teknik untuk meningkatkan optimasi blog dan artikel di mesin pencarian, seperti Google, Yahoo dan Bing. Teknik SEO sangat ribet dan rumit untuk dipelajari, namun secara sederhana teknik SEO yang dapat Anda lakukan adalah pertama daftarkan blog dan submit setiap artikel Anda di Google Search Console, Jika Anda pengguna platform Blogger.com maka aktifkan deskripsi blog Anda. Kemudian SEO pada artikel adalah dengan memasukkan kata kunci pada setiap judul dan tiap paragraf artikel Anda.


Itulah artikel tentang 3 Cara Cek Rank Blog Anda di Google dengan Mudah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki saran dan cara selain di atas untuk meningkatkan Rank Blog, maka bagikan informasi tersebut kepada para pembaca kami melalui kolom komentar. Cara di atas hanya gambaran secara umum. Namun, jika secara garis besar cara di atas Anda lakukan maka otomatis Rank Blog Anda pasti akan meningkat. Intinya jika Anda ingin menjadi sorang blogger, jadilah blogger yang memberikan manfaat dan solusi kepada pembaca. Agar pembaca bisa senang dengan blog Anda dan bisa-bisa mereka Share artikel Anda, maka Anda mendapatkan promosi gratis. Mungkin itu saja artikel kali ini. Terima Kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Cek Rank Blog Anda di Google dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel