Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Gammafisblog.com - Cara Cek Typo di MS Word - Jika Anda orang yang berprofesi sebagai penulis, entah itu penulis buku ilmiah, novel, ataupun menjadi penulis lepas seperti blogger. Melakukan kesalahan dalam mengetik tentu saja itu hal yang wajar. Namun hal ini tidak bisa di anggap remeh. Jika tulisan Anda merupakan tulisan penting maka kesalahan dalam mengetik akan berakibat fatal. Bisa saja kesalahan tersebut dapat mengakibatkan makna yang berbeda dalam sebuah tulisan. Misalnya saja jika Anda Typo dalam menulis kata “tau” menjadi “ta*”. Tentu saja orang yang membacanya menerjemahkan tulisan tersebut berdasarkan apa yang tertulis. Maka dari itu kesalahan ini tidak bisa di anggap hal sepele.
Cara Cek Typo Di MS Word

Saat saya menjadi seorang maha siswa akhir, saya sering sekali menulis kalimat Typo dalam skripsi. Padahan saat itu saya telah print semua halaman skripsi tersebut. Karena Typo maka kembali membaca tulisan saya dari awal. Saat itu saya berpikir, jika saya baca satu persatu tentu akan memakan waktu yang lama. Akhirnya saat itu teman saya memberikan solusinya. Ternyata cara mengeceknya sangat mudah dan begitu simpel. Karena solusi ini dalam waktu beberapa menit semua halaman skripsi yang tebal telah selesai di cek tulisan Typo.

Baca Juga : Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan Ide Dalam Menulis?

Nah, karena informasi ini sangat bermanfaat. Maka saya berpikir untuk membagikan informasi ini kepada Anda. Agar Anda bisa memperbaiki kesalahan dalam menulis Ejaan dari sebuah kata. Cara Cek Typo ini bukan hanya untuk tulisan berbahasa Indonesia, akan tetapi cara ini bisa juga Anda lakukan untuk bahasa lainnya contohnya bahasa Inggris. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi ini maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris


Langkah 1 : Buka Ms Word

Langkah 2 : Berikutnya adalah Anda harus mengaktifkan “Check spelling as you type” dan “Mark grammar errors as you type”. Cara mengaktifkannya adalah Klik File > Pilih Options > Proofing. Kemudian beri tanda centang untuk mengaktifkan “Check Speelling .....” dan “Mark Grammer...”.

Langkah 3 : Pastikan Pustaka bahasa yang ingin Anda cek Typo telah terinstal (Misalnya Bahasa Indonesia dan Inggris). Cara ceknya : File > Options > Language. Jika telah terinstal maka statusnya adalah “Installed” Jika Belum maka Non Installed. Anda harus menginstalnya terlebih dahulu.

Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Langkah 4 : Klik Not Installed. Maka Anda akan dibawa ke halaman web untuk mendownload.

Langkah 5 : Silahkan pilih bahasa dan download sesuai dengan OS Anda. misalnya OS Anda 32bit atau 64bit.

Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Langkah 6 : Setelah berhasil di download, Jalankan file berupa aplikasi tersebut dan tunggu hingga proses instal selesai.

Langkah 7 : Jika telah selesai, periksa kembali di File > Options > Language untuk memastikannya telah terinstal.

Langkah 8 : Tahap selanjutnya buka file Word yang ingin Anda cek. Jika file Anda menggunakan bahasa Indonesia maka Anda pilih Bahasa Indonesia dan hilangkan tanda centang pada “Do Not Check Spelling Or Grammer” dan “Detect Language Automatically”.

Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Langkah 9 : Jika ada kesalahan ejaan (Typo) maka akan muncul tanda silang. Klik tanda silang tersebut untuk mengetahui kesalahannya. Kemudian pada bagian kanan Word akan muncul menu seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Keterangan Gambar :
  1. Ignore Once : Jika Anda ingin melewati kata tersebut. Misalnya kata tersebut berupa bahasa asing atau nama orang, maka Anda bisa melewatinya.
  2. Ignore All : Jika Anda ingin melewati semua kata asing atau nama yang sama.
  3. Add : Jika Anda ingin menambah kata tersebut dalam ke dalam pustaka bahasa tersebut.
  4. Change  dan Change All : Setiap kata yang salah (Typo), maka Word akan memberikan kemungkinan kata yang benar. Jika dari pilihan tersebut ada yang benar maka Anda bisa memilih dan klik Change untuk mengganti kata yang salah menjadi benar.
Baca Juga : Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Minat Pembaca

Itulah artikel tentang Cara Cek Typo Di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris. Bagaimana ? mudah bukan cara mengecek kalimat atau kata ejaan yang salah. Dengan cara ini maka Anda tidak perlu membaca semua halaman artikel satu persatu. Bayangkan jika halamannya mencapai ratusan, bisa-bisa sebulan tak selesai. Nah, semoga artikel yang saya tulis kali ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"