5 Tips Menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang Penuh Rahmat

5 Tips Menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang Penuh Rahmat

Gammafisblog.com - Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan yang penuh rahmat dan dilipatgandakan semua amal baik. Selain itu dibulan ini juga terdapat satu malam yang digambarkan dalam Al-Qur’an sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Persiapan ini bertuan agar Anda bisa melaksanakan puasa dengan sempurna dan meraih banyak kebaikan di dalamnya.
Tips Menyambut datangnya Bulan Ramadhan

Tidak terasa persiapan menyambut bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Kita telah melewati 11 bulan untuk bertemu bulan ini. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan satu hari dibulan ini tanpa melakukan kebaikan. Nah, pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi informasi kepada Anda tentang apa saja yang harus Anda dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadhan ini. Simak penjelasannya berikut ini.

5 Tips Menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang Penuh Rahmat


1. Membiasakan diri dengan Cara Puasa Sunnah

Sebelum datang bulan Ramadhan ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk membiasakan diri dalam melaksanakan bulan Puasa Ramadhan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan puasa sunnah Senin dan  Kamis. Dengan demikian maka diri kita akan lebih siap dalam menjalankan puasa Ramadhan. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan Puasa Ramadhan. Niatkan diri Anda untuk bisa menjalakan bulan puasa Ramadhan tahun ini sebulan penuh. Insya Allah dengan melatih diri dengan puasa sunnah sebelum datangnya Ramadhan maka Anda akan lebih mudah menjalankan puasa Ramadhan dengan utuh dan penuh berkah.

2. Selesaikan Hutang Puasa

Nah, bagi Anda yang tahun kemari masih ada puasa yang bolong karena suatu sebab dan akibat. Maka sebelum datangnya Ramadhan tahun ini, alangkah baiknya Anda menyelesaikan Hutang Puasa Anda terlebih dahulu. Ini biasanya di alami oleh hampir semua wanita, dikarenakan pada bulan Ramadhan ia datang bulan. Maka ia wajib mengganti yang telah ditinggalkan sebelum datang bulan Ramadhan berikutnya. Sebab lain, mungkin saat bulan puasa tahun sebelumnya ia sedang sakit atau melakukan perjalanan yang sangat jauh. Karena puasa Ramadhan adalah wajib bagi Anda yang telah balig, maka Anda wajib pula untuk mengganti hutang puasa tersebut.

3. Perbanyak Sholat Sunnah

Kita tahu bahwa segala amal baik yang di lakukan dengan ikhlas di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahanya oleh Allah SWT. Sehingga di bulan penuh berkah ini kita di anjurkan untuk memperbanyak melakukan amal shalih. Salah satunya adalah dengan memperbanyak melakukan Sholat Sunnah. Nah, sebelum datangnya bulan Ramadhan maka penting untuk Anda melatih diri untuk melaksanakan Sholat Sunnah Qobliyah & Ba'diyah, Sholat Sunnah Duha, dan perbanyak Sholat malam. Dengan melakukan latihan sebelum datangnya Ramadhan maka Anda akan merasa lebih mudah mengerjakan Sholat Sunnah tersebut ketika bulan Ramadhan. Karena apa pun yang kita kerjakan jika tidak dilatih maka memulainya akan berat. Maka penting bagi kita untuk melatih diri untuk membiasakan mengerjakan amal shalih dengan niat karena Allah SWT.

4. Melakukan Persiapan Untuk Mengkhatamkan Al-Qur’an

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dimana setiap perbuatan baik pahalanya akan dilipatgandakan. Membaca satu ayat dalam Al-Quran akan mendapatkan akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan akan dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Maka dari itu banyak orang Muslim yang memprogramkan diri mereka untuk mengkhatamkan Al-Qur’an di Bulan Ramadhan. Oleh karena itu dalam rangka menyambut bulan Ramadhan maka Anda juga harus memprogramkan diri Anda untuk mengkhatamkan Al-Qur’an. Entah itu satu, dua, tiga ataupun 30 kali khatam Al-Qur’an dalam satu bulan. Anda perlu memprogramkan berapa Juz yang harus Anda habiskan dalam tiap hari atau satu juz dapat Anda selesaikan dalam berapa hari, hal ini di sesuaikan dengan diri Anda. Silahkan memprogramkan diri Anda dan terus berkomitmen. Insya Allah apa yang Anda kerjakan akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.

5. Olahraga

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan maka Anda juga harus mempersiapkan kebugaran jasmani. Agar nantinya Anda tidak loyo dan cepat sakit ketika melaksanakan puasa. Caranya adalah dengan rutin berolahraga setiap hari. Ketika Anda rutin berolahraga sebelum datangnya Bulan Ramadhan, maka tidak menutup kemungkinan Anda tetap bisa melakukan oleh raga walaupun Anda sedang puasa. Puasa bukan menjadi sebuah alasan untuk Anda lemas dan loyo.

Itulah artikel tentang Tips Menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang Penuh Rahmat. Untuk menyambut bulan Ramadhan maka Anda perlu mempersiapkan kesehatan jasmani dan rohani. Melakukan puasa sunnah sebagai latihan untuk bulan puasa adalah salah satu cara mempersiapkan diri. Selain itu Anda juga bisa memperbanyak Sholat Sunnah dan membaca Al-Qur’an. Agar ketika datang bulan Ramadhan maka Anda telah siap. Kemudian penting juga untuk mempersiapkan kesehatan jasmani dengan melakukan olahraga secara rutin tiap harinya.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"