9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula

9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula

Gammafisblog.com - 9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula - Pemrograman komputer adalah serangkaian instruksi-instruksi yang ditulis dalam sebuah kode dengan tujuan untuk melakukan suatu tugas tertentu pada komputer. Di zaman modern seperti saat ini, menguasai bahasa pemrograman adalah salah satu modal besar untuk mencapai kesuksesan. Karena banyak orang yang membuat aplikasi dari program-program untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia. Contohnya aplikasi Instagram, WA, Grab, Gojek dan masih banyak lagi aplikasi lain yang memberikan manfaat kepada banyak orang. Setiap aplikasi ini di buat dengan bahasa pemrograman khusus dan dapat dipelajari oleh setiap orang. Tentunya orang yang berminat mempelajari bahasa pemrograman.

9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula

Ada banyak sekali manfaat belajar bahasa pemrograman yang dapat Anda per oleh. Di antaranya adalah dapat memberikan solusi baru dalam memecahkan masalah, memiliki modal untuk masa depan (karena bahasa pemrograman adalah bahasa massa depan), bisa dikerjakan di rumah dan  dimana saja, banyak perusahaan yang mencari developer, dan dapat menciptakan sesuatu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Ketika Anda telah ahli dan menguasai sebuah bahasa pemrograman terutama bahasa pemrograman android maka Anda dapat membuat aplikasi Android apa saja dan mendapatkan uang dari aplikasi tersebut. Nah, jika Anda berminat untuk belajar bahasa pemrograman, maka Anda perlu mengetahui Tips-Tips berikut ini.

9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula


1. Menumbuhkan Minat

Pada umumnya jika kita minat akan sesuatu hal maka kita akan lebih mencurahkan perhatian kita terhadap sesuatu hal tersebut. Nah, Ketika Anda ingin mempelajari suatu hal baru, maka yang pertama dilakukan adalah Anda harus menumbuhkan minat Anda kepada hal tersebut. Dengan adanya minat di dalam diri Anda maka Anda akan melakukannya dengan penuh semangat, gairah, motivasi dan senang melakukan hal tersebut. Ketika Anda memiliki minat akan sepak bola maka Anda akan semangat bermain sepak bola, walaupun sedang kelelahan namun Anda tetap senang. Setiap orang memiliki minat yang berbeda-beda. Ketika Anda memiliki minat dalam Pemrograman, maka ini akan menjadi modal Anda untuk mempelajari pemrograman komputer. Dengan adanya minat Anda dalam mempelajari pemrograman, maka situasi sulit seperti apa pun dapat Anda lalui dengan penuh motivasi dan semangat. Terlebih lagi ketika situasi sulit tersebut telah terpecahkan, maka Anda akan mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan. Maka dari itu penting untuk Anda menumbuhkan minat ketika ingin mempelajari pemrograman komputer.

2. Pilih Satu Bahasa Pemrograman

Ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang telah berkembang saat ini, mulai dari bahasa C, C++, Java, Pascal, PHP, HTML dan masih banyak lagi. Semua bahasa pemrograman tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dan setiap bahasa pemrograman dibuat untuk melakukan suatu tugas Khusus. Misalkan bahasa pemrograman HTML yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan bahasa C, C++, dan Java dapat digunakan untuk membuat aplikasi desktop. Pilihlah salah satu bahasa pemrograman tersebut sesuai dengan minat Anda. Pelajari dan fokus dengan bahasa tersebut sampai Anda mahir.

3. Pelajari Buku Panduan

Setiap bahasa pemrograman tersebut memiliki buku panduannya masing-masing. Hal ini dibuat oleh pembuat bahasa pemrograman untuk mempermudah orang dalam mempelajari bahasa pemrograman. Setelah Anda tahu bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari maka langkah selanjutnya adalah pelajari Buku Panduan dari bahasa pemrograman tersebut. Ada banyak sekali buku panduan tentang semua bahasa pemrograman yang tersebar di internet. Anda hanya perlu mendownloadnya, namun jika Anda memiliki cukup uang maka ada baiknya untuk Anda membeli buku dasar-dasar bahasa pemrograman tersebut.


4. Biasakan Menulis Kode

Ketika Anda ingin dan baru memulai belajar Bahasa Pemrograman, maka Anda harus membiasakan hal kecil ini, yaitu biasakan untuk menulis atau mengetik sebuah kode. Jangan biasakan menggunakan copy dan paste. Dengan Anda membaca dan mengetik kode tersebut maka akan tersimpan ke dalam memori ingatan Anda. karena Anda membacanya dua kali, yaitu pertama ketika Anda membaca kode tersebut dan kedua ketika Anda menulis kode tersebut maka di dalam hati Anda membacanya juga. Kebiasaan copy dan paste merupakan kebiasaan yang buruk ketika Anda baru belajar bahasa pemrograman. Maka dari itu usahakan untuk mengetik setiap baris kode. Agar Anda bisa lebih paham dan mengerti dengan bahasa tersebut.

5. Buatkan Dokumentasi

Setiap kali Anda belajar suatu hal baru, maka buatkanlah dokumentasi tentang materi yang Anda pelajari tersebut. bisa berupa catatan kecil untuk membantu Anda mengingat dan memudahkan Anda untuk mempelajari materi tersebut kembali di kemudian hari. Buatkan juga catatan komentar untuk menjelaskan baris kode yang Anda tulis. Setiap bahasa pemrograman punya kode untuk membuat komentar. Komentar ini juga berfungsi untuk menjelaskan kode dan mengingatkan kembali Anda nantinya serat memudahkan orang lain untuk memahami apa yang Anda tulis.

6. Buatlah Program Logika

Ketika Anda telah mempelajari begitu banyak kode dan fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman. Langkah selanjutnya adalah Anda harus mencoba belajar membuat program logika untuk melihat seberapa pahanya Anda dengan bahasa pemrograman tersebut. karena ketika Anda ingin membuat sebuah program besar maka program besar tersebut merupakan gabungan dari program-program kecil. Dan ketika Anda membuat suatu program kecil maka tentu akan muncul pertanyaan jika Anda berbuat seperti ini maka apa yang akan terjadi nantinya.

7. Keep Coding Everyday

Semakin sering Anda membuat program (sesederhana apa pun program yang Anda buat) ini akan sangat memberikan nilai positif kepada Anda. Dengan terus membuat program setiap hari maka akan meningkatkan keterampilan Coding Anda. Orang cerdas adalah orang yang selalu latihan setiap hari dan setiap waktu tanpa henti sampai tujuannya tercapai. Jangan pernah menyerah sekalipun Anda mengalami suatu kegagalan yang besar. Karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi setelah itu, setlah Anda tetap yakin dan terus semangat. Setiap perjuangan tidak akan menghianati hasil.

8. Masuk Sekolah atau Pelatihan

Belajar bahasa pemrograman tentu saja dapat dilakukan secara mandiri. Namun, tentu saja ini membutuhkan waktu yang santa lama. Beda halnya ke Anda masuk ke sekolah, kuliah atau mengikuti pelatihan bahasa pemrograman. Tentu Anda akan mendapatkan bimbingan serta arahan dalam belajar. Dengan demikian maka Anda akan lebih cepat dalam menguasai bahasa pemrograman tersebut.

9. Ikuti Grup/Komunitas Pemrograman

Selain mengikuti kelas, maka hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam belajar bahasa pemrograman adalah dengan mengikuti Grup-grup pemrograman. Ada banyak sekali grup atau komunitas pemrograman yang dapat Anda ikuti, seperti di grup facebook pemrograman. Dengan mengikuti komunitas maka Anda bisa saling bertukar ide dan pikiran. Selain itu Anda bisa memecahkan masalah bersama dan membuat sebuah program besar bersama-sama.


Itulah artikel tentang 9 Tips Memulai Belajar Pemrograman Komputer Untuk Pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Cobalah gunakan Tips ini ketika Anda memiliki ketertarikan atau minal dalam belajar bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman apa pun itu, ikutilah Tips ini. Jangan lupa untuk berdoa kepada Tuhan agar dipermudah setiap urusan. Mungkin itu saja, terima kasih saya ucapkan kepada Anda yang telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"