Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan Ide Dalam Menulis?

Menulis adalah salah satu kegiatan positif yang memerlukan tingkat ke kreativitas, imajinatif dan konsentrasi tinggi. Bagi Anda yang hobi menulis sudah tentu akan menemukan suatu titik dimana Anda akan kehabisan ide untuk menulis. Apa lagi jika status masih sebagai penulis pemula. Wawasan dan pengalaman Anda menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam menulis. Seberapa luas wawasan dan seberapa banyak pengalaman yang Anda miliki. Semakin luas wawasan yang Anda miliki maka semakin mudah Anda untuk memperoleh ide untuk menulis. Begitu juga, seberapa besar pengalaman Anda baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia penulisan akan menentukan kualitas tulisan Anda. Cara meningkatkan wawasan tentu Anda sudah tahu, membaca adalah salah satunya.

Baca Juga : 2 Usaha Yang Berpeluang Besar Untuk Sukses Dengan Modal Kecil
6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan ide Untuk Menulis

Bagi Anda yang sering bertanya tentang apa sih yang harus saya lakukan ketika kehabisan ide dalam menulis. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang hal-hal yang biasa saya lakukan ketika kehabisan ide dalam menulis. Ada enam hal yang biasa saya lakukan. Berikut saya akan membahasnya satu persatu.

6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan ide Untuk Menulis


1. Cobalah Untuk Beristirahat


6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan ide Untuk Menulis

Menulis adalah salah satu kegiatan positif yang meminta Anda untuk lebih kreatif dan imajinatif. Saat Anda melakukan kegiatan menulis maka otak akan bekerja lebih keras dari pada biasanya. Saat kondisi otak sedang Fresh maka dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas tulisan. Anda bisa produktif ketika itu. Namun jika kondisi otak sedang kurang Fresh dan bahkan suntuk maka menuliskan satu kalimat pun akan susah. Ketika ini terjadi maka ide menulis akan hilang, walaupun telah banyak yang direncanakan sebelum menulis. Jangan memaksakan diri untuk menulis ketika itu. Solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah cobalah untuk beristirahat sejenak. Dengan beristirahat maka dapat mengembalikan stamina tubuh dan mengembalikan fungsi kerja otak. Sehingga otak kembali Fresh dan dapat bekerja lebih produktif lagi.

2. Banyak Membaca


6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan ide Untuk Menulis

Ketika Anda kehabisan ide untuk menulis bisa terjadi karena Anda malas membaca. Sehingga pengetahuan Anda hanya seputar itu-itu saja. Tidak ada pengetahuan baru yang Anda dapatkan. Nah, ini wajar terjadi karena pada umumnya menulis membutuhkan amunisi. Apa yang bisa Anda tulis ketika tidak ada amunisi di kepala Anda. Amunisi ini berupa wawasan atau pengetahuan yang luas dan pengalaman tentang sesuatu.

Misalnya Anda ingin menulis tentang bagaimana cara membangun sebuah bisnis. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang itu maka otomatis ide menulis pun kosong. Berbeda halnya jika Anda telah berpengalaman dan telah banyak membaca informasi tentang sebuah bisnis maka Anda lebih leluasa untuk menulis. Bahkan Anda bisa menulis berdasarkan pandangan Anda.
Sehingga ketika Anda kehabisan ide menulis langkah yang harus Anda ambil adalah banyak membaca. Membaca dan mencari tahu tentang pengetahuan terbaru. Pelajari hingga Anda benar-benar memahaminya.

Baca Juga : 8 Keuntungan Menjadi Blogger Yang Dapat Anda Rasakan

3. Lakukan Perjalanan


6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan ide Untuk Menulis

Inspirasi menulis bisa didapatkan ketika Anda melakukan perjalanan. Cobalah untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat yang baru untuk menyegarkan pikiran Anda. Dengan melihat hal-hal yang baru, tempat-tempat dan alam yang baru maka secara otomatis otak akan merekam itu semua di pikiran Anda. Semua itu bisa dijadikan sebagai bahan atau ide Anda untuk menulis sebuah artikel. Misalkan Anda melakukan perjalanan ke pantai dan melihat pemandangan alam yang indah di sana. Maka itu bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk menulis. Anda bisa memulainya dengan memberikan pendapat Anda tentang pantai tersebut menurut Anda.

4. Berdiskusi Dengan Teman Atau Orang Lain


6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan ide Untuk Menulis

Ide menulis bisa Anda per oleh ketika Anda sedang berdiskusi. Cobalah meminta pendapat kepada teman Anda atau orang lain tentang hal yang ingin Anda tulis. Pendapat teman atau orang lain bisa Anda jadikan sebagai suatu bahan untuk menulis artikel. Bertukar pikiran akan memberikan Anda banyak ide. Karena inspirasi menulis bisa datang dari siapa saja. Anda juga bisa mencoba kepada teman Anda menceritakan tentang pengalaman hidup yang ia jalakan. Kemudian pengalaman hidupnya yang menurut Anda bisa bermanfaat bagi banyak orang bisa Anda tulis sebagai bahan artikel.

5. Membaca Karya Tulis milik Orang Lain

Nah, ini Anda alah satu cara yang dapat Anda lakukan ketika Anda benar-benar kehabisan ide dalam menulis. Membaca karya tulis orang lain bisa membuat Anda paha tentang ide penulisan karya tulis tersebut. kemudian mungkin Anda bisa melakukan sedikit modifikasi dengan gaya Anda untuk menceritakan hal yang sama namun dengan sudut pandang yang berbeda.

6. Up To Date Info Terbaru

Kehabisan ide menulis biasanya terjadi karena pengetahuan Anda hanya seputar itu-itu saja dan tidak mengetahui perkembangan informasi terbaru di sekitar Anda. Untuk itu cobalah mencari informasi apa saja yang ada di sekitar atau informasi di laur daerah Anda. Untuk memperoleh informasi  terbaru dapat Anda lakukan dengan membaca berita di website-website terpercaya dan menonton berita di TV. Info terbaru bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan baru untuk membuat suatu ide tulisan.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Minat Pembaca

Itulah artikel tentang Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan Ide Dalam Menulis?. Mencari informasi, pengetahuan dan pengalaman baru akan menambah ide Anda dalam menulis. Ke 6 hal di atas sering sekali saya lakukan ketika ingin mencari ide baru dalam menulis artikel blog. Anda bisa terapkan cara di atas untuk menulis artikel jenis apa saja. Semoga artikel yang saya bagikan saat ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di artikel-artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Saja Yang Harus Anda Lakukan Ketika Kehabisan Ide Dalam Menulis?"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel