Cara Mendapatkan Uang dari Blog tiap Bulan untuk Pemula Terbaru 2019

Cara Mendapatkan Uang dari Blog tiap Bulan untuk Pemula Terbaru 2019

Cara Mendapatkan Uang dari Blog. Blog adalah sebuah website yang berisikan konten berupa artikel, foto ataupun video yang ditulis oleh seseorang. Entah menulis artikel karena sebuah hobi, mengarsip file agar bisa di akses kemudian hari, berbagi cerita, informasi ataupun hiburan. Setiap artikel yang ditulis di halaman blog dapat dilihat oleh semua orang atau bersifat publik. Blogger adalah panggilan akrab bagi pemilik blog. Artikel yang ditulis oleh seorang blogger dapat memberikan manfaat untuk orang lain. Artikel yang bermanfaat dapat menarik orang untuk terus mengunjungi blog tersebut. Tidak jarang juga artikel tersebut akan di share pada media sosial mereka. Dengan demikian maka blog tersebut akan semakin di kenal oleh banyak orang.
Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Ada banyak jenis blog, di antaranya adalah Nice Blog (atau Blog yang membahas satu topik tertentu, misalnya blog yang hanya membahas tentang pendidikan, kesehatan, bisnis online ataupun tutorial). Blog jenis ini akan lebih mudah dikenal dan di ingat oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan apa yang dibahas pada blog tersebut merupakan satu topik tertentu.


Blog gado-gado, ya dari namanya sudah jelas terlihat bahwa blog ini tidak memiliki fokus topik. Akan tetapi blog jenis ini akan membahas berbagai macam topik yang ia kuasai dan diketahuinya. Jenis blog seperti ini akan sulit untuk dikenal oleh seseorang. Karena apa yang di cari pada blog tersebut hanya sebatas apa yang ia perlukan saat itu. Hal ini karena blog ini tidak memiliki satu fokus topik tertentu. Masih banyak jenis blog lainnya, namun intinya sama yaitu berbagi informasi.

Saat ini, seorang blogger dapat menghasilkan uang dari blog dari hobinya menulis. Mungkin sebagian orang belum mengetahui hal itu. Namun ini adalah kenyataan di era modern seperti saat ini. Banyak dari para blogger yang meraih kesuksesan dengan membangun sebuah blog. Dari Indonesia sendiri ada Mas Eka Laksmana, Mas Sugeng, Mas Timon Adiyoso dan masih banyak lagi blogger sukses lainnya. Bahkan Raditya Dika juga masuk dalam deretan blogger sukses di Indonesia.

Apakah Anda masih ragu bahwa sebuah blog dapat menghasilkan uang tiap hari, minggu atau tiap bulannya. Hal ini tergantung dari dedikasi Anda terhadap blog yang Anda bangun. Sebuah blog ibarat seperti sebuah perusahaan berupa media informasi berbasis halaman web. Jadi ketika Anda ingin mendapatkan uang dari blog maka Anda harus berkomitmen dalam mengelola sebuah blog. Masih pada pertanyaan awal bagaimana cara mendapatkan uang dari blog ?.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog, diantarnya adalah mengikuti program Publisher Google Adsense, Menjual produk atau jasa dan menjalakan program afiliasi. Namun untuk bisa menjalankan program tersebut, maka syarat paling utama adalah Anda harus memiliki lalulintas pengunjung yang banyak pada blog Anda. Nah, hal inilah yang menjadi tantangan terbesar dari seorang blogger.

Untuk mendapatkan lalulintas pengunjung yang banyak pada blog maka yang harus dilakukan adalah mengisi blog Anda dengan banyak artikel bermanfaat. Jangan mengharapkan pengunjung yang banyak ketika artikel Anda masih sedikit. Karena alasan pengunjung mengunjungi blog Anda adalah ingin mendapatkan informasi atau solusi dari apa yang ia cari. Nah, ketika artikel Anda sedikit maka pengunjung juga akan sedikit.

Coba kita hitung, misalkan Anda memiliki 1000 artikel pada blog dan setiap artikel di kunjungi oleh 20 orang tiap harinya. Maka orang yang mengunjungi blog Anda akan ada 20.000 orang. Tentu saja ini adalah jumlah yang sangat banyak. Dengan jumlah pengunjung seperti itu tentu saja blog Anda dapat menghasilkan uang. Itu baru 1000 artikel dengan estimasi 20 orang per artikel. Jika artikel Anda berada di Page One Google atau halaman satu Google tentu saja pengunjung yang Anda per oleh akan lebih dari 20 orang.

Namun, menulis 1000 artikel itu tidak mudah. Anda perlu berkomitmen dan melakukannya dengan niat ingin berbagi informasi. Menjadi seorang blogger sukses yang mampu menghasilkan uang puluhan juga tiap bulannya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dengan cara cepat maka menjadi blogger bukan pilihan yang tepat. Untuk bisa gajian tiap bulannya dari Google, maka Anda membutuhkan minimal 6 bulan sampai 1 tahun dengan terus konsisten membuat artikel setiap hari minimal 1 – 2 artikel. Hal yang membuat banyak blogger gugur adalah ingin cepat menghasilkan uang dari blog. Tanpa mau berusaha dan konsisten dalam mengisi blog dengan artikel bermanfaat.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog tiap Bulan


Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Membuat Blog yang Menarik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah blog yang menarik dengan nama yang unik. Membuat sebuah blog pribadi, entah dari platform blogger.com atau wordpress.com. Jika Anda menggunakan platform blogger.com maka Anda tidak perlu memikirkan hosting. Namun, jika Anda menggunakan wordpress.com maka Anda perlu melakukan hosting + domain. Sehingga di sini saya lebih menyarankan Anda menggunakan blogger.com untuk meminimalkan pengeluaran uang. Selain itu platform Blogger.com juga tidak ribet dan tidak perlu memiliki pengetahuan codding yang Advance.

2. Gunakan Domain TLD Sejak Awal

Domain TLD (Top Level Domain) adalah domain profesional yang bisa Anda per oleh dengan membelinya dari layanan domain dan hosting seperti Rumah Web. Jika Anda ingin mendapatkan uang dari blog dan ingin blog tersebut menghasilkan uang maka lebih baik gunakan domain TLD dari awal. Membeli domain memang diperlukan sedikit modal, sekitar 100Rb – 150Rb per tahun. Namun, jika Anda memang ingin serius dalam dunia blogger maka mengeluarkan 100 – 150 Rb per tahun tidak akan berat.

3. Gunakan Template Premium

Jika ingin membangun blog yang profesional maka Anda harus menggunakan template premium bukan mendownload template gratis. Setiap template tentu saja memiliki lisensi yang ditanamkan dalam kode HTML.

4. Buat Artikel Unik/Original

Untuk menjadi blogger yang sukses maka Anda harus dapat menyajikan artikel yang unik/original buat pengunjung. Artikel yang unik/original maksudnya adalah artikel hasil pemikiran Anda bukan hasil copy paste dari blog orang lain. Jika Anda menggunakan cara instan yaitu copas maka Anda tidak akan pernah meraih kesuksesan dalam dunia blog. Dengan membuat artikel copas maka blog Anda akan kehilangan kepercayaan dari pengunjung. Ini akan berdampak negatif untuk blog dan akan sulit mendapatkan peringkat dari mesin pencarian seperti Google.

5. Submit Blog dan Artikel di Google Search Console

Agar blog dan artikel Anda bisa ditemukan oleh orang pada mesin pencarian maka ada harus submit artikel tersebut di Google Search Console. Submit artikel ibarat seperti Anda menginformasikan ke mesin pencarian bahwa Anda telah membuat artikel baru agar di indeks oleh mesin pencarian. Artikel yang telah di indeks maka akan bisa tampil pada mesin pencarian Google, namun yang belum di submit maka tidak akan pernah ditemukan atau artikel tersebut di anggap tidak ada. Maka penting bagi Anda untuk submit blog dan artikel di Google Search Console. Baca Juga : Cara Daftar dan Submit URL Artikel Blog di Google Search Console

6. Update artikel Unik Setiap Hari

Ini adalah hal terpenting bagi seorang blogger, yaitu mengupdate minimal 1 artikel setiap hari. Dengan demikian maka blog Anda akan dinilai sehat dan aktif oleh mesin pencarian. Selain itu artikel Anda akan cepat di indeks oleh mesin pencarian. Peringkat blog Anda juga akan cepat naik, hal ini akan membuat blog Anda akan mendapatkan pengunjung yang banyak.

7. Daftarkan Blog ke Google Adsense

Langkah akhir dari cara mendapatkan uang dari blog adalah dengan mendaftarkan blog pada Google Adsense. Google Adsense adalah salah satu sumber penghasilan yang banyak diminati oleh para blogger. Hal ini dikarenakan Google Adsense memberikan bayaran pada setiap melihat iklan atau mengeklik iklan. Google Adsense juga adalah program pengiklanan yang memberikan bayaran yang cukup besar bagi para Publisher.

Catatan Penting:
Jika ingin mendaftar blog pada Google Adsense maka umur blog Anda minimal 3 bulan dan telah mendapatkan visitor tetap dari Google. Selain itu artikel pada blog Anda minimal 30 artikel. Pada umumnya jumlah minimal artikel ini relatif ada yang bilang 10 artikel, 15 dan sebagainya. Namun, yang pasti adalah umur blog Anda harus 3 bulan dan mendapatkan visitor dari Google. Pertanyaannya apakah Anda hanya ingin memiliki 10, 20 atau 30 artikel dalam 3 bulan? Tentu saja ini kurang bagus. Yang lebih bagus adalah Anda terus fokus pada konten dengan menulis minimal 1 artikel tiap hari. artinya 3 bulan = 90 hari, seharunya minimal artikel Anda saat itu adalah 90 artikel. Jika Anda benar-benar ingin menjadi blogger yang sukses maka tentu saja ini tidak akan memberatkan Anda. karena pada akhirnya Anda juga harus mengisi blog Anda dengan banyak artikel unik dan original.

Itulah artikel tentang Cara Mendapatkan Uang dari Blog tiap Bulan Untuk Pemula. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Cobalah untuk menerapkan 7 langkah di atas agar blog Anda bisa diterima oleh Google Adsense dan bisa menghasilkan uang dari iklan Google. Intinya adalah seorang blogger harus memberikan artikel yang bermanfaat bagi pengunjung dan bukan artikel hasil copas sani sini. Mungkin itu saja tips kali ini. Terima Kasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"