Cara Mengganti IP Address Komputer pada Windows 7, 8, 8.1 dan 10

IP address adalah sebuah kombinasi angka yang dijadikan sebagai alamat atau identitas sebuah perangkat komputer pada jaringan. Mengganti alamat IP terkadang perlu kita lakukan untuk dapat mengakses sebuah server tertentu. Contohnya mengakses server yang telah diblokir untuk keperluan baik. Pada umunya orang menggunakan VPN untuk mengganti IP address komputer mereka secara otomatis. Namun cara ini dapat memberatkan komputer Anda dan tidak jarang beberapa dari aplikasi tersebut dapat mengakses komputer Anda. hal ini tentu akan berbahaya jika hak akses komputer digunakan untuk mencuru data Anda.
Cara Mengganti IP Address Komputer

Nah, bagaimana cara mengganti IP Address namun tetap aman ?. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada Anda tentang ara mengganti alamat IP sesuai dengan keinginan Anda. dengan demikian maka Anda bisa mengganti IP komputer Anda dengan apa saja. Namun yang perlu digaris bawahi adalah dalam proses penggantian IP ada baiknya Anda tahu tentang apa itu IP address. Jangan sampai asal mengati IP karena dapat mengakibatkan putusnya koneksi.


Ada 2 jenis IP Address, yaitu IP status dan dinamis. IP address statis di lakukan dengan cara memasukkan alamat IP secara manual. Sedangkan IP address dinamis diperoleh secara otomatis dari sebuah server. Baik, jika Anda telah penasaran tentang bagaimana cara mengganti alamat IP komputer Anda maka simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengganti IP Address dengan Mudah


Langkah 1 : yang pertama adalah Anda harus masuk ke menu Network and Sharing Center. Caranya mudah Anda hanya perlu klik kanan pada icon jaringan kemudian klik menu open Network and Sharing Center. Atau Anda juga bisa membukanya menggunakan Run. Caranya adalah klik tombol Windows + R. Kemudian ketika “control.exe /name Microsoft.NetworkAndSharingCenter” (tanpa tanda petik) lalu tekan enter. 

Network and Sharing Center

Langkah 2 : Selanjutnya klik menu Change adapter settings.

menu Change adapter settings

Langkah 3 : Silahkan pilih Adapter yang ingin Anda ganti IP Address-nya. Jika Anda ingin mengganti alamat IP pada adapter LAN maka silahkan pilih Ethernet. Namun, pada kesempatan kali ini, sebagai contoh saya akan mengubah alamat atau IP address daru adapter wifi yang saya konekan. Caranya sangat mudah, yaitu klik Kanan pada wifi kemudian klik properties.

Network Connections

Langkah 4 : Selanjutnya double klik pada : Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).

Internet Protocol Version 4

Langkah 5 : Silahkan klik Use the following IP address  dan masukkan IP address yang Anda inginkan. Jika diperlukan maka Anda juga bisa mengisi Default gateway dan DNS server.

Berikut hanyalah sebagai contoh mengganti IP Address. Anda bisa menggunakan IP yang telah Anda siapkan atau menggunakan IP ini untuk mencobanya.

Setting IP Address

Catatan : Jangan asal-alasan mengganti IP Address. Pastikan Anda paham tentang dasar-dasar dari IP address atau silahkan mempelajarinya terlebih dahulu kemudian terapkan cara ini. karena kesalahan IP Address dapat menimbulkan error ketika Laptop dihubungkan pada internet.

Langkah 6 : Silahkan klik OK jika Anda telah mengubah IP address sesuai dengan keinginan Anda. dengan demikian maka IP address dari laptop Anda telah di ganti.


Cara agar dapat IP address secara otomatis

Jika Anda bertanya bagaimana cara untuk mendapatkan IP address seara otomatis maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. namun terlebih dahulu saya jelaskan bahwa untuk mendapatkan alamat atau IP Address secara otomatis. Maka Anda terlebih dahulu terhubung dengan PC atau sebuah perangkat yang menggunakan layanan DHCP. Dengan demikian maka Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengganti atau setting IP Address secara manual pada PC/Laptop. Caranya sangat mudah dan simpel, yaitu dengan cara memilih menu Obtain an IP address automatically. Setlah mengikuti langkah 1 sampai 5 di atas.

Setting IP Address Otomatis

Layanan DHP ini akan sering kita temui pada hotspot wifi di kafe-kafe atau juga di sekolah Anda. dengan demikian maka Anda tidak perlu lagi setting IP Address secara manual untuk dapat terhubung dengan internet.


Itulah artikel tentang Cara Mengganti IP Address Komputer pada Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dengan mengganti alamat IP address maka Anda bisa mengganti identitas komputer Anda pada jaringan. Namun, sebelum Anda mengganti alamat IP address maka ada baiknya Anda paham terlebih dahulu mengenai apa itu IP address dan paham tentang ilmu subnettin (artikel ini akan kita bahas pada artikel kedepannya). Ketika Anda asal-asalan dalam menggati IP address maka menimbulkan terputusnya koneksi laptop/PC ada dengan server atau PC lainnya akan terputus. Mungkin sampai di sini pembahasan kali ini dan selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengganti IP Address Komputer pada Windows 7, 8, 8.1 dan 10"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel