Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet dan Program Not Responding

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet dan Program Not Responding. Apa penyebab laptop atau komputer Anda hang dan bagaimana cara mengatasi laptop/komputer yang not responding. Apakah Anda memiliki sebuah komputer ? atau Apakah Anda setidaknya memiliki Laptop ? Jika ia, pertanyaannya pernahkah laptop atau komputer Anda mengalami masalah (Hang) ?. Hang adalah sebuah istilah yang diberikan ketika Software atau aplikasi pada komputer/laptop Anda berhenti bekerja. Atau Anda melihat notifikasi Not Responding Program. Maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet dan Program Not Responding

Bagaimana cara mengatasi laptop yang Hang atau lag tanpa harus di restar terlebih dahulu. Jika laptop atau komputer Anda mengalami masalah ketika sedang dioperasikan. Misalkan mouse dan kursor tidak bisa bergerak, tidak bisa masuk ke Windows, baru menjalankan aplikasi langsung hang dan lain sebagainya.

Apakah Anda tahu apa penyebab sebenarnya ? Sebelum Anda mengambil langkah untuk memperbaikinya, tentu saja ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab masalah laptop Anda yang Not Respnding bisa terjadi. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan penyebab dan cara mengatasi laptop atau komputer yang hang pada sistem operasi Windows.

Secara umum PC atau laptop Anda akan sering mengalami masalah macet atau not responding apabila Anda terlalu sering menjalankan program yang berat. Contohnya ketika Anda sering menggunakan laptop atau komputer untuk bermain game berat seperti game PUBG. Hal ini akan menyebabkan performa laptop lama kelamaan akan berkurang. Bahkah hal ini dapat menyebabkan baterai laptop akan drop. Selain itu program yang berat akan menyebabkan komponen-komponen penting akan bekerja lebih ekstra.

Komponen-komponen penting tersebut di antaranya adalah CPU, VGA dan RAM. Jika Anda tidak memiliki komponen pendingin yang baik, maka komponen penting tersebut akan menjadi panas. Sehingga tidak heran laptop/PC Anda akan menjadi Lemot dan Not Responding. Terlebih lagi jika Anda sering menggunakan Laptop untuk bermain game, baik online maupun offline. Jika Anda baru mengetahui hal tersebut. maka perhatikan pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Hang adalah suatu keadaan dimana komputer ataupun program pada komputer tidak dapat berjalan atau berhenti bekerja. Keadaan ini baik berhenti dengan cepat (sesaat) ataupun berhenti secara total (tidak dapat berjalan lagi). Hang sangat akrab dikenal dengan sebutan Not Responding. Lalu apa saja penyebab Not Responding ini dapat terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang

Ada banyak sekali penyebab sebuah laptop atau komputer menjadi Not Responding. Penyebab ini bisa saja terjadi pada bagian Hardware ataupun Software komputer. Berikut akan kami jelaskan penyebab dan cara mengatasi Laptop/PC yang suka lemot, Hang dan Not Responding.

1. CPU Komputer Panas.

Penyebab laptop Not Responding yang pertama adalah sistem pendingin pada CPU tidak bekerja dengan baik. Entah karena sistem pendingin yang kurang bagus atau karena sistem pendingin telah rusak. Untuk mengatasi masalah ini maka yang dapat Anda lakukan ada dengan membersihkan fun/kipas dan heatsink (logam pendingin) serta Anda bisa menambahkan komponen pendingin pada body prossecor dan heatsink.

Hal ini penting dilakukan, karena CPU adalah bagian yang sangat penting untuk tetap menjaga suhu agar tetap stabil dan tidak over. Lakukan perawatan pada CPU Anda agar suhu dan performa CPU tetap terjaga sehingga tidak mudah mengalami panas ketika CPU dan GPU sedang bekerja (atau laptop sedang Anda gunakan). Jika CPU Panas maka laptop akan lemot dan mengakibatkan program yang dijalakan menjadi Not Responding.

2. HardDisk Low Space

Adalah sebuah keadaan dimana laptop atau komputer Anda hampir penuh. Penuhnya HardDisk dapat memperburuk performa laptop Anda. Selain itu komputer atau laptop akan menjadi berat dan lemot. Bahkan yang parahnya akan berimbas pada Not Responding sebuah program ketika dijalankan. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memperhatikan HardDisk Anda agar tidak penuh (ditandai dengan warna merah pada HardDisk). 


Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mengupgarad atau mengganti HardDisk laptop Anda ke SSD. Jika tidak maka Anda bisa menghapus file-file yang tidak penting pada HardDisk. Selain File yang tidak penting, Anda juga bisa menghapus semua program yang sudah tidak penting dan tidak digunakan lagi, hal ini untuk memberikan Ruang Pada HardDisk. Jangan biarkan Recycle Bin Anda penuh. Karena Recycle Bin juga mengambil Ruang Pada HardDisk untuk tempat penyimpanan sampah sementara.

Mungkin ada baiknya Anda membeli HardDisk eksternal untuk menyimpan file-file penting dan berukuran besar seperti file video. Anda bisa membeli HardDisk dengan kapasitas minimal 500GB untuk membantu mengurangi beban file pada HardDisk Internal. Dengan demikian maka performa laptop Anda menjadi lebih baik dan tidak lemot.

3. RAM Low Space

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah komponen Hardware komputer/laptop yang berfungsi untuk menyimpan data (sementara) dan berbagai macam instruksi program. Artinya setiap program yang berjalan di latar belakang akan disimpan sementara di memori ini. Ketika program atau instruksi-instruksi yang berjalan terlalu banyak dan melebihi kapasitas memori RAM, maka akan menyebabkan laptop/komputer menjadi Hang.

Solusi agar Laptop tidak Hang saat dijalankan, maka jangan menjalankan program yang banyak secara bersamaan. Terlebih lagi ketika program yang Anda jalankan sangat besar dan menyita banyak memori RAM. Contohnya ketika Anda bermain game PC PUBG, untuk menghindari laptop hang saat bermain maka matikan semua program yang tidak penting terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberikan space yang lebih besar pada RAM untuk menjalankan program berat.

Jika RAM Anda di bahwa 4GB dan laptop/komputer Anda memiliki lebih dari satu selot RAM, maka Anda bisa memilih opsi menambah RAM untuk meningkatkan kapasitas. Atau jika tidak maka mengupgrad RAM menjadi 4GB atau lebih. Jika Anda adalah seorang yang bekerja pada bidang desain, animasi, pemrograman ataupun gamers. Maka minimal RAM laptop Anda untuk trand sekarang adalah 8GB. Namun, sejatinya jika Anda seorang gamers menggunakan RAM 8GB mungkin masih kurang cukup, seorang gamers mungkin membutuhkan RAM hingga 16 GB atau lebih.

Untuk mengupgrade RAM tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, untuk dapat menjalankan program besar agar tidak Non Responding maka ini adalah kebutuhan. Terlebih lagi jika Anda membutuhkannya karena profesi Anda yang membutuhkan RAM yang besar.

4. Kekurangan Daya

Hal ini mungkin sangat jarang terjadi, namun jangan dianggap enteng. Gejala yang timbul ketika komputer kekurangan Daya adalah melemahnya prosesor saat dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara mengganti power supply komputer atau laptop Anda. Kekurangan Daya pada komputer mungkin tidak menyebabkan komputer Anda mati secara total. Namun, kekurangan daya akan menyebabkan kurangnya performa laptop Anda. Hal inilah yang akan membuat komputer Anda menjadi lemot dan hang.

5. Serangan VIRUS yang Membandel

Laptop yang terserang oleh Virus bukanlah hal yang baru. Ini adalah hal yang lumrah dan sering terjadi pada sebuah laptop/komputer. Terlebih lagi jika sedang menggunakan Windows bajakan dan aplikasi-aplikasi bajakan lainnya. Pada dasarnya Software bajakan tersebut memiliki virus yang dibuat agar laptop Anda tidak terdeteksi bajakan. Virus ini terkadang dapat membahayakan laptop Anda. Maka untuk mengatasi masalah ini Anda perlu melakukan update antivirus dan melalukan proses scanning secara menyeluruh. Gunakanlah Software yang dapat membersihkan virus dan menjangkau virus yang menyerang sistem komputer.


Selain itu virus yang menyerang komputer juga bisa didapat ketika Anda sedang Browsing. Untuk mencegah serangan virus saat Browsing ataupun ingin mendownload file di Google. Terutama web yang memiliki banyak sekali iklan jika ada notifikasi Allow atau Deny malka pilih saja Deny.

Jika Anda sedang download sebuah file dan nama file dan ukuran file tersebut tidak sama dengan yang tertera pada keterangan download maka jangan lanjutkan download bahkan jangan sampai di instal. Pilihlah server download Google Drive jika ada untuk mendownload file. Hal ini karena Google Drive dapat melakukan proses scan Virus.

6. Koneksi LAN Error

Saat Anda menghubungkan laptop ke jaringan Internet, kadang kala laptop atau komputer Anda menjadi lemot ketika mengakses data pada komputer lain  dan lama kelamaan laptop Anda menjadi Hang atau Not Responding. Untuk mengecek apakah laptop atau komputer Anda hang karena koneksi jaringan (LAN), maka lepas terlebih dahulu kabel jaringan pada komputer Anda. kemudian silahkan jalankan komputer seperti biasa tanpa terkoneksi internet. Apabila semua berjalan normal dan laptop Anda tidak lemot. Maka dapat dipastikan penyebab laptop/komputer Anda lemot adalah koneksi jaringan (LAN).

Ada beberapa cara untuk mengatasi Koneksi LAN Error di antaranya adalah dengan memastikan kabel konektor telah terpasang dengan benar, gunakan perintah ping untuk memeriksa koneksi jaringan dan lakukan reset pada hub (switch) LAN dengan cara mencabut kabel power Hub/Switch kemudian tunggu beberapa saat dan sambungkan kembali.

7. File Data Software Rusak atau Hilang

Ketika kita menginstal sebuah Aplikasi/Software apa pun itu, maka kita melakukan proses ekstrak dari file tersebut pada Directory Lokasi instal. Kemungkinan terjadinya file yang hilang atau rusak bisa saja terjadi. Hal ini akan mengakibatkan program akan menjadi Not Responding ketika dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini, maka pastikan pada saat proses penginstalan telah sampai 100% atau Finis. Anda juga bisa mengambil solusi untuk meng-uninstal aplikasi tersebut kemudian menginstalnya kembali.

Itulah artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Hang, Lemot, Macet dan Program Not Responding. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Semoga dengan informasi ini Anda bisa mengetahui penyebab dan cara mengatasi komputer/Laptop Anda yang Not Responding. Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet dan Program Not Responding"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel