Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8 dan 8.1 Terbaru 2019

Windows Defender adalah sebuah antivirus yang telah disediakan pada setiap sistem operasi (OS) windows. Baik itu windows 7, 8, 8.1 maupun 10, windows defender telah tersedia secara default. Windows defender atau yang awalnya dikenal dengan sebutan Microsoft Security Essentials (MSE) memiliki peran seperti antivirus lainnya, yaitu memproteksi laptop atau komputer dari serangan virus atau malware yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem komputer dan mencuri data penting.
Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8

Windows Defender dapat dijadikan sebagai alternatif antivirus untuk komputer atau laptop. Namun, saya lebih suka hanya menggunakan antivirus ini pada laptop. Berdasarkan pengalaman yang saya lalui, dengan rajin update windows defender maka laptop akan kebal dengan serangan virus. Selain itu antivirus ini juga telah terinstal secara default sehingga kita tinggal mengaktifkannya tanpa perlu menginstal.

Baca Juga : Cara Membuat System Restore Point pada Windows 7, 8, dan 10 dengan Mudah

Bagaimana cara mengetahui bahwa windows defender telah aktif atau belum pada laptop Anda ?. caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu search windows defender pada laptop Anda kemudian jalankan. Jika tampil notifikasi “this app is turned off by group policy” maka artinya windows defender Anda sedang tidak aktif.

Lantas bagaimana cara mengatifkan windows defender pada laptop atau komputer ?. Caranya sangat mudah, salah satunya adalah lewat group policy. Nah, untuk langkah selengkapnya Anda bisa simak penjelasan berikut ini.


Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8

Untuk mengaktifkan Windows Defender ada dua cara yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah melalui Local Group Policy Editor. Cara ini saya bagikan karena merupakan cara yang mudah untuk siapa saja. Jadi, mari simak pembahasan berikut jika Anda ingin mengaktifkan windows defender.
  1. Langkah pertama tentu saja Anda harus membuka “Local Group Policy Editor”. Caranya adalah dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketikan gpedit.msc lalu tekan enter.
Local Group Policy Editor
  1. Kemudian pada menu bagian kiri Local Group Policy Editor. Pilih Computer Configuration >> Administrative Templates >> Windows Components >> Windows Defender. Setelah Anda masuk ke folder “Windows Defender” maka pada bagian kanan Anda akan melihat “Turn off Windows Defender”. Silahkan klik 2x untuk mengaktifkan windows defender. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.
  1. Karena disini tujuannya untuk mengaktifkan maka kita harus mengatur “Turn off Windows Defender” pada keadaan “Not Configured” atau “Disabled”. Namun, jika Anda ingin mematikan windows defender kembali maka Anda bisa memilih “Enable”. Untuk pilihan “Not Configured” adalah settingan dasar dari windows.
Turn off Windows Defender
  1. Langkah terakhir untuk mengatifkan windows defender adalah dengan mengeklik Apply kemudian Ok.
Baca Juga : Cara Mengganti Nama Komputer di Windows 7, 8, 8.1 dan 10 Terbaru 2019
  1. Setelah Anda mengaktifkan windows defender, maka perlu mengeceknya melalui menu pencarian windows (atau start menu) dengan kata kunci “windows defender”.
Search windows defender
  1. Setelah Anda membuka “Windows Defender” maka Anda melihat warna windows defender akan tampak merah. Klik Star Now untuk mulai menjalankan windows defender.
mengaktifkan windows defender
  1. Jika sudah klik Star Now, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengeklik update windows defender. Agar windows defender mengupgrade mendapatkan data virus terbaru untuk di defend. Berikut adalah tampilan windows defender setelah di update.
mengaktifkan windows defender protections

Status Windows Defender berdasarkan Indikator Warna.


  • Warna hijau menandakan windows defender dalam performa bagus untuk melindungi laptop dari serangan virus.
  • Warna kuning menandakan potensi virus ada dan segera scan atau update windows defender.
  • Warna merah menandakan virus yang berat dan dapat membahayakan laptop jika tidak segera di atasi. Cara atasinya sama, yaitu dengan update dan scan.

Itulah artikel tentang Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8 dan 8.1 terbaru 2019. Semoga artikel kali ini dapat memberikan Anda solusi yang bermanfaat. Menurut saya, windows defender merupakan salah satu antivirus terbaik untuk laptop Anda. apa lagi untuk laptop yang menggunakan windows 8, 8.1 ataupun 10. Saya sendiri lebih suka menggunakan windows defender, karena real-time protection sangat bagus. Selain itu, laptop saya lebih sukar terkena virus ketika mengaktifkan dan rajin update windows defender setiap bulan sekali.

Yang terpenting adalah jangan pernah menggunakan 2 antivirus sekaligus pada laptop Anda. jadi, ketika Anda menggunakan antivirus defender maka usahakan jangan menggunakan yang lain, arena akan mengakibatkan crash.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Hang, Lemot, Macet dan Program Not Responding

Mungkin sampai disini pembahasan kali ini. jika ada pertanyaan maka silahkan bertanya pada kami melalui kolom komentar. Jangan lupa juga untuk share artikel ini untuk terus dukung kami. Agar kami lebih semangat lagi berbagi informasi pengetahuan dan pengaman kami, seputar dunia teknologi, internet, media sosial dan dunia pendidikan. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8 dan 8.1 Terbaru 2019"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel