Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Mengeluarkan Suara dan Apa Penyebabnya

Pernahkah Laptop atau komputer Anda tidak bisa bersuara ? Lantas, bagaimana cara mengatasi komputer yang tidak bisa mengeluarkan suara ?. Namun, sebelum Anda mencari tahu apa solusi untuk mengatasi komputer tidak bisa bersuara. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Hal ini tentu akan mempermudah Anda untuk mengerucutkan masalah tersebut berdasarkan penyebabnya sehingga dapat menentukan solusi yang tepat.
Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Mengeluarkan Suara

Ada banyak penyebab komputer tidak bersuara. Secara umum kita bisa membaginya menjadi dua penyebab, yaitu disebabkan oleh kerusakan Hardware ataupun Software. Dua penyebab ini adalah yang paling umum terjadi ketika laptop Anda tidak dapat mengeluarkan suara. Hal ini tentu akan membuat Anda bosan. Karena dengan komputer yang tidak dapat mengeluarkan suara maka Anda tidak dapat menonton film atau streaming youtube.


Ibarat kata sayur tanpa garam, maka laptop Anda menjadi hampa. Tidak hanya itu, kerusakan ini juga bisa saja menyebabkan kerusakan lain yaitu tidak dapat merekam segala-sesuatu yang beraudio. Hal ini bisa terjadi jika kerusakannya pada Hardware. Jika terjadi kerusakan pada hardware maka akan sangat sulit bagi Anda untuk memperbaikinya tanpa keahlian khusus. Namun, jika kerusakan pada software maka Anda dapat memperbaikinya dengan mudah.

Oleh karena itu, jika laptop atau komputer Anda tidak dapat mengeluarkan suara maka yang pertama Anda cek adalah keadaan software. Jika software tidak bermasalah maka Anda bisa mulai mengecek bagian hardware. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan terlebih dahulu menjelaskan kerusakan pada software dengan alasan karena dapat di selesaikan dengan mudah bagi semua orang. Mari simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Mengeluarkan Suara


Kerusakan Software – Penyebab Komputer Tidak Bersuara

Kerusakan software yang dimaksudkan disini adalah kerusakan atau tidak tersedia dan terinstalnya sound driver pada komputer Anda. keadaan ini bisa terjadi dikarenakan laptop terserang virus, driver dianggap virus, driver usang, atau lupa menginstal sound driver setelah instal ulang laptop. Untuk mengetahui driver tersedia pada komputer atau laptop Anda maka Anda bisa mengeceknya sendiri di Decive Manager. Silahkan search Decive Manager kemudian lihat apakah sound driver. Jika tidak tersedia maka Anda tidak akan menemukannya atau Anda ketemu namun masih tanda seru. Tanda seru menandakan driver belum terinstal atau driver telah usang.

Cara mengatasi kerusakan software sound driver : Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mendownload dan menginstal sound driver. Atau klik kanan pada sound driver yang bertanda seru pada Decive Manager kemudian pilih update otomatis. Untuk menginstal driver dengan mudah maka Anda bisa menggunakan DriverPack Solution. Ada dua pilihan instal driver pack, yaitu offline dan online.


Penginstalan secara offline mengharuskan Anda untuk mendownload driver-pack yang ukuran file mencapai kurang lebih 11 GB. Hal ini karena pada 11GB tersebut merupakan driver pack yang dikemas dari semua driver komputer atau laptop. Opsi kedua adalah dengan update online secara otomatis. Silahkan Anda download driver pack online ataupun offline di Google. Cara menginstal driver menggunakan driver pack sangat mudah Anda hanya perlu menjalankannya maka driver pack akan menganalisis driver apa saja yang belu terinstal. 

Kesimpulannya adalah jika komputer Anda tidak bisa bersuara karena driver tidak terinstal maka Anda bisa menginstal menggunakan driver pack secara online maupun offline. Lalu, bagaimana jika kerusakan tersebut bukan di akibatkan oleh driver yang tidak terinstal ?. maka kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan hardware.

Kerusakan Hardware – Penyebab Komputer Tidak Bersuara

Jika kita mengacu pada kerusakan Hardware maka tentu saja yang bermasalah adalah speaker. Artinya Anda perlu cek speaker komputer atau laptop apakah masih berfungsi atau tidak. Untuk mengecek speaker komputer Anda, tentu saja Anda harus memiliki keahlian khusus dalam servis komputer. Jika tidak maka Anda harus menyerahkannya pada ahlinya. Dalam hal ini adalah tempat servis komputer. Jika speaker telah rusak tentu Anda harus mengeluarkan sedikit uang untuk memperbaikinya. Namun, ini perlu dilakukan agar laptop Anda bisa kembali seperti sediakala.


Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Mengeluarkan Suara. Semoga sharing kali ini dapat memberikan informasi bermanfaat kepada Anda seputar komputer dan laptop. Dengan sharing informasi ini saya harap, info ini bisa dijadikan referensi bagi semua orang dalam menganalisis penyebab komputer tidak bersuara dan solusi tepat untuk menyelesaikannya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Mengeluarkan Suara dan Apa Penyebabnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel