Cara Mengatur Laptop atau Komputer Agar Tidak Sleep Otomatis

Cara Mengatur Laptop atau Komputer Agar Tidak Sleep Otomatis

Bagaimana cara agar komputer tidak sleep otomatis? Pada kesempatan kali ini gammafisblog.com kembali lagi akan berbagi pengalaman melalui sebuah artikel. Ya, jika Anda mencari cara agar laptop atau komputer Anda tidak sleep secara otomatis. Maka Anda berada pada artikel yang tepat, karena di sini kita akan membahasnya.
Cara Mengatur Laptop atau Komputer Agar Tidak Sleep Otomatis

Windows pada dasarnya menyediakan sebuah fasilitas pengaturan sleep otomatis. Yang mana Anda bisa mengatur waktu kapan Anda ingin laptop Anda di sleep. Dengan pengaturan ini maka laptop dapat diatur agar sleep dalam 1 menit sampai 5 jam atau bahkan tidak pernah sleep.

Baca Juga : Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Mengeluarkan Suara dan Apa Penyebabnya

Pengaturan sleep pada komputer bertujuan agar laptop dapat menghemat daya. Yang mana ketika dalam waktu tertentu laptop tidak melakukan aktivitas apa pun maka secara otomatis laptop akan di sleep. Semakin singkat waktu sleep maka akan semakin Anda menghemat daya saat tidak diperlukan dan Anda lupa mematikannya.

Walaupun fitur pengaturan sleep bertujuan untuk menghemat daya. Namun, waktunya yang singkat menjadi sebuah kendala ketika kita sedang melakukan aktivitas yang membiarkan laptop dalam waktu lama. Keadaan ini ketika Anda sedang download, nonton film, menjalankan program ataupun lain sebagainya.

Tentu kita tidak ingin saat download, nonton film ataupun menjalankan program, tiba-tiba laptop sleep secara otomatis. Hal ini tentu akan menghentikan aktivitas download ataupun menjalankan program serta akan mengganggu kenikmatan saat menonton film. Oleh karena itu kita perlu mengatur agar komputer tidak sleep secara otomatis. Bagaimana caranya ? simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatur Komputer Agar Tidak Sleep Otomatis

Salah satu cara mengatur komputer agar tidak sleep otomatis adalah dengan memanfaatkan fitur dan pengaturan pada control panel. Cara ini sangat mudah, karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Mari simak langkah-langkah berikut ini.
  1. Langkah pertama Anda harus membuka control panel
  1. Selanjutnya klik menu Hardware and Sound
Cara Mengatur Laptop atau Komputer Agar Tidak Sleep Otomatis
  1. Pada menu Power Options klik Change When The Cpmputer Sleep
Change When The Cpmputer Sleep
  1. Silahkan ubah semua waktu menjadi never. Dengan demikian maka laptop Anda tidak akan sleep secara otomatis. Dengan kata lain, laptop Anda akan terus hidup tanpa mati secara otomatis .
Change setting for the plan - Balanced

Selain mengubahnya menjadi tidak pernah sleep secara otomatis. Anda juga dapat mengubahnya untuk sleep berdasarkan waktu yang diinginkan. Minimal waktu pengaturan sleep adalah 1 menit dan maksimal waktu sleep yang dapat terjangkau adalah 5 jam. Sedangkan pengaturan sleep tanpa batas waktu adalah never.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8 dan 8.1 Terbaru 2019

Kelebihan dan Kekurangan Mengatur Komputer Tidak Sleep Otomatis

Ketika Anda mengatur laptop dapat sleep secara otomatis. Maka Anda telah menghemat daya laptop atau komputer tersebut. Hal ini karena pada saat kursor pada laptop tidak digerakkan atau Anda tidak melakukan aktivitas apa pun pada laptop tersebut. Namun, beda halnya jika Anda mengatur komputer tidak sleep otomatis. Maka komputer atau laptop Anda akan terus hidup walaupun Anda tidak melakukan aktivitas apa pun. Hal ini tentu saka akan membuat komputer Anda terus membutuhkan daya dan mengakibatkan komputer cepat low. Akan tetapi ini akan sangat berguna pada keadaan tertentu seperti yang saya sebutkan di atas.

Jadi, kelebihan ketika Anda mengatur laptop sleep otomatis adalah komputer dapat terus hidup tanpa sleep walaupun Anda tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan waktu tunggu yang lama sepeti download film. Dengan demikian maka Anda bisa mendownload dan melepasnya tanpa perlu di pantau.  Akan tetapi kekurangannya adalah laptop akan membutuhkan daya ekstra sehingga akan menguras daya laptop.

Baca Juga : Cara Membuat System Restore Point pada Windows 7, 8, dan 10 dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Mengatur Laptop atau Komputer Agar Tidak Sleep Otomatis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Karena cara ini dapat Anda atur pada pengaturan control panel tanpa harus menginstal aplikasi apa pun. Cara ini sering sekali kami terapkan ketika sedang mendownload atau running sebuah program yang membutuhkan waktu lama. Dengan pengaturan ini maka kita tidak perlu takut program atau proses download batal. Karena komputer atau laptop kita tidak akan sleep secara otomatis.
Buka Komentar

No comments

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"