Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends dan Panduan Penggunaanya

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends dan Panduan Penggunaanya - Google Trends adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh google untuk mendapatkan informasi mengenai topik berita yang lagi trend atau sedang hangat di bicarakan di dunia maya. Google trands sering sekali digunakan oleh banyak orang terutama oleh para blogger dan youtuber untuk mendapatkan kata kunci dengan nilai penelusuran yang tinggi, atau bisa dibilang topik tersebut sedang di cari oleh banyak orang.
Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends dan Panduan Penggunaanya

Dari topik tersebut kemudia dibuat sebuah artikel atau video. Artikel dan video tersebut tentu saja sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para pengguna internet. Hal ini dikarenakan google trends memberikan informasi topik berdasarkan apa yang sedang dicari. Dengan memanfaatkan google trends tentu saja akan mendongkrak trafik pengunjung dari sebuah website atau youtube.

Ketika anda menggunakan google trends maka anda dapat melakukan filter data sesuai yang anda inginkan. Maksunya adalah anda ingin bisa mencari informasi mengenai sebuah topik yang lagi hangat dibicarakan pada hari ini, kemari, seminggu lalu, atau bahkan setahun yang lalu. Dengan data tersebut maka anda bisa menentukan artikel atau video apa yang akan anda buat hari ini.

Bagi seorang blogger, google trends digunakan sebagai tools untuk mencari kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Dengan kata kunci tersebut, kemudian dapat dikembangkan menjadi sebuah ide penulisan artikel dan kemudian di terbitkan. Artikel dengan kata kunci yang tertarget tentu saja dapat menargetkan pengunjung dengan sangat maksimal.

Selain google trands, google juga memberikan sebuah fasilitas yang dapat digunakan oleh para blogger untuk mencari kata kunci. Salah satunya adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner. Untuk Cara Riset Keyword Gratis Menggunakan Google Keyword Planner telah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan kembali berbagi informasi yang bermanfaat kepada sahabat gaama. Mungkin informasi ini telah banyak diketahui oleh para blogger lainya. Akan tetap tujuan dari artikel ini adalah berbegi informasi kepada sahabat gamma yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakan Google Trends. Baik, untuk mempersingkat waktu mari langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini:

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends dan Panduan Penggunaanya

  1. Langkah pertama adalah kunjungi halaman resmi : Google Trends
  2. Ubah bahasa pengguna dengan bahasa yang anda targetkan, misalkan disini saya menargetkan penelusuran dari Indonesia karena blog Indo.
  3. Masukan target kata kunci yang ingin anda cari pada kolom "Masukkan topik atau istilah penelusuran". Contohnya saya akan memasukan kata kunci yang berhubungan dengan kata "Cara Membuat ...". Maka semua informasi mengenai kata kunci tersebut akan ditampilkan.
Cara Menggunakan Google Trends
  1. Anda bisa mengubah negera target, waktu, kategori dan tipe penelusuran. Karena saya ingin membuat artikel blog maka tipe penelusuran saya atur pada penelusuran web.
Cara Pakai Google Trends
  1. Dari hasil pencarian topik tersebut maka akan mendapatkan informasi mengenai minat dari kata kunci yang anda masukan berdasarkan wilayah.
Informasi Wilayar Penelusuran Google Trends
  1. Berikut adalah tampilan topik yang lagi trend atau sedang dicari oleh banyak orang berdasarkan waktu penelusuran dan kata kunci yang telah anda masukkan. Dari informasi tersebut maka anda bisa membuat sebuah artikel atau ide tentang artikel.
Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends
  1. Dari gambar di atas terlihat bahwa kata kunci "cara membuat otak-otak" merupakan topik yang sedang dicari saat ini dan topik tersebut dalam status sedang naik tajam. Berdasarkan informasi tersebut maka kata kunci tersebut sangat cocok untuk di jadikan artikel.

Cara Melihat Topik yang Sedang Trending Hari ini Menggunakan Google Trends 


Jika anda ingin mengetahui informasi yang sedang tranding hari ini atau beberapa jam yang lalu maka anda bisa menggunakan fasilitas "Penelusuran Trending". Caranya adalah dengan mengeklik icon garis tiga pada bagian kiri atas atau menu pada bagian pojok kiri atas kemudian memilih penelusuran trending. Dengan demikian maka akan meuncul topik pembicaraan yang sedang hangat dibicarakan atau memiliki volume penelusurang yang sangat banyak. Dari gamabr di atas terlihat bahwa ada sebuah topik pembicaraan yang jumlam orang yang mengunjunginya samapi 200 ribu lebih.

Dengan memanfaatkan Google Trends maka anda bisa mendapatkan informasi mengenai kata kunci yang sedang di cari oleh banyak orang. Jika anda membuat artikel dengan kata kunci tersebut maka anda bisa berpeluang besar mendapatkan pengunjung yang besar pula. Selain itu, jika anda belum memiliki ide menulis tentang apa maka dengan adanya informasi topik yang sedang trending maka secara otomatis anda mendapatkan ide tentang sebuah artikel. Anda hanya tingga menyesuaikannya dengan tema dari blog atau website anda.

Informasi Penting : Cara Mengetahui Keyword yang Ada di Blog Kompetitor Terbaru 2019

Itulah artikel tentang Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Google Trends dan Panduan Penggunaanya. Semoga dengan artikel ini maka anda bisa mendapatkan kata kunci dan ide dalam penulisan artikel yang sedang dicari oleh banyak orang. Dengan demikian maka peluang artikel anda mendapatkan banyak pengunjung akan sangat besar.

Gunakan topik tersebut sebagai kata kunci dan memasukkanya kedalam kerangka artikel yang hendak anda buat. Google trends memberikan manfaat kepada para blogger sehingga dapat membuat artikel yang tertarget.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel