Cara Membuat CV Di Latex Melalui Website Overleaf.com

Cara Membuat CV Di Latex Melalui Website Overleaf.com. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat sebuah CV. Anda bisa menggunakan cara yang sederhana sampai yang paling expert. Ada yang bisa membuatnya secara sederhana melalui word dan ppt. Namun ada juga yang membuatnya melalui code-code program seperti menggunakan bahasa pemrograman latex.
Cara Membuat CV Di Latex Melalui Website Overleaf

Ya, mendengar bahasa pemrograman, maka tidak jarang orang berfikir bertapa sulitnya itu. Namun, itu semua tidak seperti apa yang anda bayangkan. Membuat CV menggunakan program Latex itu mudah. Terlebih lagi untuk saat ini telah tersedia banyak template CV yang menggunakan Latex. Jadi, anda tidak perlu membuatnya dari awal melainkan anda hanya perlu mengedit dan menambahakan atau mengurangi bagian-bagian sesuai dengan keinginan. Namunya juga sebuah template, artinya secara garis besar semua telah jadi dan tingal pake seta perlu di edit dan isi bagian tertentu.

Baca Juga : 5 Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Mudah Untuk Diedit

Membuat CV di Latex dari awal memiliki cerita yang berbeda. Mungkin bagi sebaian orang akan merasa sangat sulit. Hal ini dikarenakan membuat CV dilateks dari awal tidak hanya perlu pengetahuan coding. Namun juga perlu memahami seni, agar cv yang dihasilkan sangat menarik bagi pembaca. Jadi, untuk yang belum terlalu memahami code latex maka anda bisa menggunakan template untuk mempermudah.

Template CV dengan format latex tersedia sangat banyak di internet. Anda bisa mencarinya dengan kata kunci tersebut. Namun, untuk mempermudah anda, maka pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan berbagi informasinya kepada anda.

Overleaf.com adalah sebuah website yang menyediakan banyak sekali template CV yang menarik dengan formast latex. Saya sendiri pernah menggunakan website tersebut untuk membuat CV secara online. Nah, sekarang pertanyaanya adalah apa kelebihan membuat CV menggunakan latex?

Kelebihan Membuat CV Menggunakan Latex

  • Sebuah dokumen yang dibuat dengan program latex lebih profesional dan mirip seperti sebuah buku text.
  • Dalam proses pengetikan, kita tidak perlu memperhatikan tampilan dan layout. Namun, layout dapat diatur oleh file utama.
  • Latex tersedia secara gratis.
  • Mudah mengetikan simbol-simbil matematik.
  • Tidak pernah mengalami crash.
  • File dokumen latex relatif lebih kecil.
  • Tampilan font yang bagus.
Untuk kekurangannya : Membuat dukumen dengan program latex membutuhkan kesabaran dan sedikit memerlukan pemahaman tentang coding.

Jika anda ingin mencoba membuat CV menggunakan latex maka pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, proses pembuat CV berikut ini melalui sebuah website yang artinya anda membutuhkan sebuah koneksi internet. Kami juga sarankan untuk anda membuatnya melalui laptop, agar tampilannya jelas dan dapat anda edit dengan sangat mudah.

Cara Membuat CV Di Latex Melalui Website Overleaf.com

  1. Langkah pertama silahkan kunjungsi website overleaf.com melalui link tersebut.
  2. Pilih model CV yang anda inginkan.
  3. Misalkan saya memilih template CV seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat CV Di Latex

  1. Klik "Open As Template". Setelah klik open as template maka akan tempil halaman baru berupa halaman tempat edit latex. Seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat CV Di Latex

  1. Pada bagian paling kir terdapat file.tex yang berisi file code latex. Anda bisa membuka setiap file tersebut untuk melihat apa saja isi dari file.tex.
  2. Pada bagian kiri juga terdapat menu upload file bisa berupa foto atau file.tex. Jadi anda bisa menambahkan foto anda melalui menu tersebut.
  3. Nah, pada bagian tengah adalah "Source". Bagian ini tempat anda mengedit code atau mengedit isi dari CV anda.
  4. Bagian paling kanan adalah tampilan dari CV setelah di compile. Nah, ketika anda selesai mengedit code maka anda harus melakuna Recompile untuk melihat hasil yang telah diedit.
  5. Jika proses pengeditan selesai maka langkah terakhir adalah download file CV tersebut.

Catatan : Jika anda ingin membuat CV menggunakan bahasa Latex maka sangat dianjurkan anda memahami terlebih dahulu tentang bahasa pemrograman latex. Cara memahaminya sangat mudah. Karena bentuk CV adalah sebuah template latex maka anda hanya perlu melihat pada tampilan CV kemudian menggunakan CTRL + F untuk mencari kata mana yang ingin anda edit. Dengan cara ini maka anda bisa mengeditnya dengan sangat mudah. Anda juga bisa mencarinya di google untuk tutorial lebih lanjut. Membuat CV menggunakan latex membuat CV tampak lebih profesional dengan tampilan yang lebih elegan.

Baca Juga : Cara Membuat CV (Curriculum Vitae) Yang Menarik Lengkap Dengan Contohnya

Itulah artikel tentang Cara Membuat CV Di Latex Melalui Website Overleaf.com. Semoga artikel inj dapat bermanfaat untuk anda. Artikel ini hanya memberikan anda informasi tentang cara membuat CV menggunakan latex dengan memanfaatkan sebuah template yang telah jadi. Untuk tutorila latex dapat anda cari di google. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat CV Di Latex Melalui Website Overleaf.com"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel