Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner

Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner - Scan merupakan salah satu kegiatan yang akan sering kita jumpai. Terlebih lagi bagi anda yang sedang kuliah, bekerja dikantor dan bahkan sedang mendaftar pekerjaan. Akan banyak sekali dokumen yang mengharuskan anda untuk scan. Contohnya saja saat anda mendaftra pekerjaan maka anda akan diminta untuk mengupload file seperti ijazah, transkrip nilai, ktp dan lain sebagainya.
Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner

Jika dulu, anda pergi ke tempat foto copy untuk scan file. Maka dizaman modern seperti saat ini, anda bisa menanfaatkan hp android yang anda miliki untuk scan dokumen. Hasil scan menggunakan hp terbilang sangat bagus dan mirip dengan anda scan ditempat foto copy. Nah, jika nda tidak memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke tempat scan. Maka anda bisa menggunakan cara ini.

Baca Juga : Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu File dengan Mudah

Ada banyak sekali aplikasi scanner yang tersedia di google play store. Namun kali ini gammafisblog.com akan menggunakan aplikasi CamScanner untuk scan dokumen. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut secara gratis disana. CamScanner adalah salah satu aplikasi scan terbaik yang dapat anda gunakan dengan hanya memodalkan hp android. Selain itu cara menggunakan aplikasi CamScanner terbilang sangatlah mudah. Anda hanya perlu menjalakan aplikasi CamScanner kemudian mengambil foto menggunakan kamera anda, maka CamScanner akan memproses gambar tersebut.

Anda banyak sekali pilihan mode saat pada CamScanner. Anda bisa menggunakan mode asli untuk hasil scan tampak seperi aslinya, mode warna ajaib untuk hasil tampak seperti file scan pada ummnya dan masih banyak lagi. Aplikasi CamScanner juga memiliki mode yang dapat mendeteksi dokumen yang ingin anda scan. Sehingga ketika anda mengambil gambar maka CamScanner langsung menyeleksi bagian dokumen yang akan diproses selanjutnya. Selain itu, anda juga dapat mengatur bagian seleksi tersebut, sesuai dengan keinginan anda.

Ada 2 pilihan yang dapat anda pilih untuk menyipan file hasil scan. Yang pertama adalah anda bisa menyimpan file scan dalam bentuk gambar dan yang kedua adalah salam bentuk file PDF. Hal ini tentu saja tergantung pada pilihan anda.

Untuk CamScanner versi gratis, maka anda akan menemukan watermark. Watermark ini hanya bisa dihilangkan ketika anda mengupgrade aplikasi ke versi pro. Untuk mengupgradenya tentu saja anda memerlukan sedikit biaya sebagai aktivasi. Jadi, silahkan anda mengupgradenya jika anda ingin menggunakan aplikasi ini tanpa watermark. Namun, jika anda hahya ingin scan dokumen berupa tugas maka CamScanner versi gratis menurut saya sudah cukup. 

Dari uraian diatas telah saya jelaskan secara lengkap mengenai aplikasi CamScanner. Nah, jika anda penasaran tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi CamScanner maka anda bisa simak pembahasan berikut ini.

Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner

  1. Langkah pertama adalah download dan instal aplikasi CamScanner melaui Google Play Store.
  2. Jalankan aplikasi tersebut.
  3. Ketika dijalankan maka aplikasi ini memberikan pilihan kepada anda untuk logi. Anda bisa login menggunakan email, namun anda juga bisa memilih untuk menggunakannya tanpa login.
  4. Klik icon berbentuk kamera untuk memulai proses pengambilan gambar.
  5. Jika gelap dan kurang cahaya maka anda bisa nyalakan Flash.
  6. Ambil gambar kemudian klik berikutnya.
  7. Pilih Warna Ajaib untuk warna seperi hasil scan pada umumnya.
  8. Klik menyimpan.
  9. Jika file dokumen lebih dari 1 maka silahkan anda klik icon kamera untuk mengambil gambar dokumen berikutnya. Lakukan pada semua file yang ongin discan.
  10. Jika anda scan file secara terpisah, maka silahkan lakukan prosesnya satu persatu dan kembali kemenu awal untuk proses scan file lainya.
  11. Pada bagian atas anda bisa klik icon pdf untuk menyimpan hasil scan ke format pdf.
  12. atau anda juga bisa klik tahan dan pilih simpan ke galeri untuk menyimpan file dalam bentuk format gambar.
  13. Jika sudah maka dokumen telah berhasil discan dan selamat mencoba.
Itulah artikel tentang Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Cara scan dokumen menggunakan CamScanner terbilang sangat mudah. Hasil dari scan menggunakan aplikasi ini juga sangat bagus dan begitu jelas. Ada banyak plihan mode warna yang dapat anda pilih. Anda bisa memilih mode asli untuk menyimpan dokumen dalam bentuk gambar dengan warna asli. Hal ini tentu dapat anda manfaatkan ketika ingin menscan sebuah gambar dan menyimpannya langsung ke pdf. Mungkin itu saja pembahasan kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Menggunakan Aplikasi CamScanner"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel