3 Cara Convert File Word Ke PDF dengan Mudah dan Tanpa Aplikasi

Cara Convert File Word Ke PDF dengan Mudah dan Tanpa Aplikasi - Saat ini melakukan convert file word ke pdf sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu menggunakan bantuan aplikasi convert word to pdf baik secara online maupun ofline. Pada dasarnya convert file tetu saja membutuhkan sebuah media, namun apakah media tersebut perlu di intalkan atau memang telah anda intalkan sehingga tidak perlu lagi repot-repot download dan instal aplikasi conver file word to pdf.
3 Cara Convert File Word Ke PDF dengan Mudah dan Tanpa Aplikasi

Cara convert file to pdf sangat salah mudah, anda bisa menggunakan aplikasi microsoft word sebagai media convert. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa microsoft word telah dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memungkinkan anda untuk melakukan convert file to pdf. Maka dari itu gammafisblog.com akan menjelaskan kepada anda tentang cara atau langkah-langkahnya secara rinci.

Baca Juga : Cara Instal Microsoft Office 2016 dan 2010 Gratis di Windows Terbaru 2019

Disini saya akan menjelaskan kepada sahabat gammafisblog tentang 2 cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan convert file word ke pdf. Cara yang pertama saya menggunakan microsoft word sebagai media conver dan cara kedua saya akan mengguna aplikasi nitro pdf atau Foxit Reader. Nah, silahkan anda siapkan terlebih dahulu aplikasi mana yang ingin anda gunakan. Jika anda tidak ingin menggunakan aplikasi maka cukup menggunakan microsoft word saja.

Cara Convert File Word Ke PDF dengan Mudah dan Tanpa Aplikasi

Pada tutorial ini microsfot word yang saya gunakan adalah microsoft word 2016. Jika anda menggunakan word 2007 atau 2010 maka silahkan disesuakan saja. Jika tidak bisa, maka mungkin saja microsoft word 2007 atau 2010 belum di dukung dengan fasilitas ini. Maka silahkan anda upgrade ke word 2016. Baik agar tidak memperpanjang kata lagi, mari saja kita mulai cara melakukan convert file word to pdf.
  1. Siapkan file word yang ingin anda convert.
  2. Buka file word tersebut kemudian klik save as.
  3. Pilih lokasi tempat simpan file yang anda inginkan.
  4. Beri nama file tersebut.
  5. Ubah ekstensi file dari file document menjadi PDF. Perhatikan gambar di bawah ini.
  6. Terakhir klik save.
  7. Cari file tersebut di folder tempat anda convert.
Cara Convert File Word Ke PDF

**Catatan :
Jika Microfost Word 2007 tidak bisa untuk melakukan convert file word ke pdf maka anda bisa menggunakan aplikasi tambahan atau melakukan convert file secara online. Disini saya juga akan menjelaskan caranya kepada anda secara lengkap.

Baca Juga : Cara Instal Deep Freeze 8 Terbaru Dengan Mudah Pada Windows 7, 8, 10

Nah, cara convert file ke pdf menggunakan media microsoft word memang sangat mudah dan simpel. Namun, jika anda belum tahu ya sama saja. Artikel ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengetahuan kepada anda. Walaupun informasi yang di sampaikan ini sangat sederhana, yang pasti anda membutuhkan informasi ini sehingga anda mencari dan menemukan artikel ini.

Jika informasi ini berguna bagi anda maka silahkan share artikel ini atau follow blog ini agar anda bisa mendapatkan informasi bermanfaat lainnya yang mungkin anda belum tahu dan belum menyadarinya.

Cara Convert File Word Ke PDF Menggunakan Aplikasi

Selain cara meng-convert file menggunakan aplikasi, gammafisblog.com juga akan berbagi informasi tentang cara kedua menggunakan aplikasi. Aplikasi yang saya gunakan adalah aplikasi Nitro PDF. anda bisa download terlebih dahulu aplikasi tersebut di internet. Kemudian menginstalkannya pada laptop anda. Untuk cara lengkapnya simak pembahasan berikut ini:
  1. Download dan instal aplikasi Nitro PDF.
  2. Siapkan file PDF yang ingin anda convert. **Catatan : Terkadang file word tidak dapat di conver ke PDF dikarenakan file word mengandung rumus atau equation yang rumit dan tidak di dukung oleh Nitro PDF.
  3. Jika anda hendak ingin melakukan convert file to PDF maka folder dan nama file yang ingin di conver sama. Hal ini bertujuan untuk menghindari error saat proses berjalan.
  4. Klik kanan file word tersebut kemudian klik "Convert file to pdf with nitro"
  5. Tunggu hingga proses convert selesai.
Convert file to pdf with nitro

Itulah cara meng-convert file word ke pdf menggunakan aplikasi nitro. Cara ini juga sering saya lakukan. Kelebihan dari aplikasi nitro ini selain dapat mengubah ekstensi file dokumen ke pdf nintro juga dapat mengkombinasikan beberapa file pdf menjadi satu. Ini tentu saja sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menyusun laporan dan hendak menggabungkan keseluruhan file laporan menjadi satu kesatuan.

Kelebihan lainnya adalah nitro juga dapat melakukan convert file PDF menjadi word atau kebalikannya, melakukan conver ke PPT dan masih banyak lagi. Nitro juga dapat kita gunaka ketuka ingin menyimpan sebuah halaman web menjadi PDF, caaranya mudah anda hanya perlu mengeklik print atau ctrl + p kemudian pilih driver nitro maka secara otomatis file tersebut akan di simpan menjadi file pdf.

Cara Convert File Word Ke PDF Secara Online

Cara ketiga adalah anda bisa melakukan conver file menjadi pdf dengan memanfaatkan sebuah situs/web. Ada banyak sekali situs yang dapat anda manfaatkan, namun disini saya hanya memilih satu saja sebagai contoh. Anda bisa menggunakan situ lain atau tetap menggunakan situs yang saya contohkan. Baik mungkin langsung saja kita mulai:
  1. Langkah pertama adalah anda harus mengunjungi website : Convert WORD to PDF
  2. Klik "Select Word File".
  3. Cari file word yang ingin anda ubah menjadi PDF.
  4. Kemdian klik open dan convert file to PDF.
  5. Langkah terakhir silahkan download file tersebut.
Convert Word to PDF

Itulah cara mudah mengonversi file word menjadi pdf secara online. Cara ini terbilang sederhana dengan hasil yang memuaskan. Namun, untuk mealukan hal ini tentu saja anda harus memiliki koneksi internet untuk mengakses dan mendownload file setelah di convert.

Itulah artikel tentang 3 Cara Convert File Word Ke PDF dengan Mudah dan Tanpa Aplikasi. Dua cara di atas dapat anda lakukan tanpa perlu menginstal aplikasi. Namun, jika anda menang telah menginstal nitro PDF tentu saja ini akan lebih bagus. Karena nitro pdf bisa menjadi aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka dan mengkonversi file PDF.

Baca Juga : Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop Windows 7,8,10 Hingga Bersih Sampai Ke Akar-akarnya

Jika anda memiliki cara selain dari 3 cara di atas maka sailahkan tuliskan cara anda melalui kolom komentar. Informasi yang anda berikan tentu akan sangat bermanfaat bagi setiap pembaca yang mengunjungi blog ini. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini, saya ucapkan terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya..

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel