Belajar Dasar-Dasar Pemrograman Java Dan Tools-Tools Yang Harus Dipersiapkan

Gammafisblog.com - Belajar Dasar-Dasar Pemrograman Java Dan Tools-Tools Yang Harus Dipersiapkan. Jika anda baru belajar dan mengenal java atau pun ingin belajar java secara autodidak, maka yang perlu anda pahami terlebih dahulu adalah apa saja yang anda perlukan untuk belajar dasar-dasar dari bahasa pemrograman java. Nah, untuk belajar java hal yang pertama adalah anda harus mempersiapkan tools-tools yang akan mendukung proses belajar anda.

Baca Juga : Belajar Konsep Dasar For Loop (Perintah Perulangan) pada Java
Belajar Dasar-Dasar Pemrograman Java Dan Tools-Tools Yang Harus Dipersiapkan

Ada banyak tools yang dapat anda gunakan sebagai media untuk menulis code java dan menjalankannya di komputer anda. Ada tools yang dapat langsung menjalankan code program java yang telah dibuat dalam artian code tersebut dapat dijalankan dengan klik. Anda juga tools yang menjalankan program java lewat command prompt (CMD).

Tools Tools Yang Harus Dipersiapkan

Baik, tools-tools apa saja yang harus anda persiapkan untuk belajar bahasa java. Disini saya akan mengajarkan anda tentang cara belajar java melalui command prompt (cmd). Berikut adalah tools yang harus anda persiapkan.
  • Download dan instal aplikasi Notepad++ sebagai tools tempat anda menulis code program java
  • Download dan instal Java Development Kit (JDK). Download dan instal sesuai dengan OS anda. Jika anda menggunakan OS Windows 64 bit maka silahkan download yang 64 bit. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini
Java SE Development Kit (jdk)

Jadi, yang anda butuhkan hanyalah 2 aplikasi tersebut untuk belajar dasar-dasar java. Selain itu, jika anda tidak ingin ribet maka anda juga bisa menggunakan aplikasi netbeans sebagai tempat menulis dan menjalankan program java.

Saya disini lebih menyarankan anda menggunakan 2 aplikasi diatas yaitu notepad++ dan jdk karena disini anda sedang dalam proses belajar. Maka dari itu belajarlah dari dasar agar anda bisa memahami bahasa pemrograman lebih baik.

Setting Java Development Kit (JDK)

Setelah anda download dan instal Java Development Kit (JDK). Maka langkah selanjutnya adalah mengatur path dari java development kit (jdk) agar bisa dijalankan. Untuk cara instal dan setting pat telah saya bahas pada artikel sebelumnya. Baca Selengkapnya :  Cara Menginstal java JDK dan Setting Path di Windows 7, 8, 10.

Belajar Dasar-Dasar Pemrograman Java : Mulai Menulis Code

Setelah kita menginstal kedua program diatas dan setting path jdk maka langkah selanjutnya adalah belajar tentang dasar-dasar dari sebuah bahasa pemrograman java. Ya, seperti pada umumnya ketika belajar bahasa pemrograman maka yang pertama adalah kita membuat program yang menampilkan kata "Hello World". Ini adalah hal yang biasa dilakukan, yaitu menyapa dunia dengan mengatakan Hello World.

Syntax Penulisan Java

Setiap bahasa pemrograman memiliki syntax nya masing-masing. Syntax ini merupakan barisan code yang dapat dimengerti oleh masing-masing bahasa program. Syntax dalam penulisan bahasa python akan sangat berbeda dengan syntax bahasa java. Jadi, anda harus paham betul tentang aturan dalam penulisan syntax bahasa pemrograman java.

Berikut ini adalah syntax dalam penulisan bahasa Java:
class HelloWorld{
    public static void main(String[] argumen){
        System.out.println("Hello World!");
    }
Ingat : Save program sesuai dengan nama class. Karena nama class program diatas adalah HelloWorld, maka kita harus menyimpan (save) dengan nama HelloWorld.java

Keterangan Syntax:
  • Pada program sederhana diatas, kita membuat sebuah program java dengan nama class HelloWorld. Nama class ini sebenarnya bebas, anda mau menamakan nya apa saja. Namun, akan lebih bagus jika nama class sesuai dengan nama program yang dibuat. Misalkan anda membuat program kalkulator mana lebih baik nama class juga kalkulator.
  • public static void main adalah sebuah metod dengan nama main. Yang mana metod ini adalah tempat kita menulis sebuah algoritma program java yang kita inginkan. Tanpa adanya metod ini maka sebuah program java tidak akan berjalan.
  • System.out.println("Hello World!"); adalah sebuah program yang memberikan perintah pada java untuk print (mencetak) apa saja yang ada dalam fungsi () tersebut. Karena perintahnya adalah mencetak (print) kata Hello World! maka yang akan tampil pada layar adalah Hello World!.
Catatan : Sebuah program java minimal memiliki class dan public static void main untuk dapat berjalan.

Cara Compile Program Java

Jika program java telah selesai anda buat maka langkah selanjutnya adalah menjalankan (compile) program java tersebut. Untuk compile program java anda bisa menggunakan cmd pada komputer anda caranya tekan windows + R kemudian tulis cmd atau anda juga bisa langsung search di laptop anda dengan mengetik Command Prompt.

Cara Compile Program Java

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan saat ingin mengcompile program java.

Pertama
Directory tempat menyimpan program java di D:\BelajarJava\HelloWorld.java. Maka anda juga harus bekerja pada tempat yang sama melalui cmd. Perhatikan gambar di atas. Karena saya menyimpan program java di D:\BelajarJava, maka untuk masuk ke folder tersebut melalui java adalah dengan perintah
  • D:
  • cd (nama folder) misalkan nama folder adalah BelajarJava maka cd BelajarJava. Ingat : Agar tidak ribet maka nama folder jangan ada spasi.
  • Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar diatas.
Kedua
Mulai mengcompile program java, misalkan nama program adalah HelloWorld.java maka perintah untuk mengcompile program ini adalah
  • javac HelloWorld.java + Enter
  • java HelloWorld + Enter
  • Maka pada layar cmd akan muncul tulisan "Hello World!" Sesuai yang telah diprogramkan. Perhatikan gambar dibawah ini.
Output Program Java

Contoh Program Kalkulator Sederhana

class Kalkulator{
public static void main(String[] args){
// Deklarasi Variable
float a, b, c;
a = 10;
b = 2;
c = a + b;
System.out.println("Hasil Dari : " + a + " + " + b + " = " + c);
c = a - b;
System.out.println("Hasil Dari : " + a + " - " + b + " = " + c);
c = a * b;
System.out.println("Hasil Dari : " + a + " x " + b + " = " + c);
c = a / b;
System.out.println("Hasil Dari : " + a + " : " + b + " = " + c);
}
}
Berikut adalah output program Kalkulator.java diatas

Program Kalkulator Sederhana Menggunakan Java

Baca Juga : Belajar Konsep Dasar While Loop dan Do While pada Java

Itulah artikel tentang Belajar Dasar-Dasar Pemrograman Java Dan Tools-Tools Yang Harus Dipersiapkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Artikel ini hanya menjelaskan sedikit tentang dasar-dasar dan penulisan syntax program java. Untuk perintah-perintah dalam program java lainnya akan kita pelajari pada artikel-artikel selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Dasar-Dasar Pemrograman Java Dan Tools-Tools Yang Harus Dipersiapkan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel