Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Root

Gammafisblog.com - Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Root. Pada saat kita membeli hp pasti terdapat banyak aplikasi yang telah diinstalkan pada hp tersebut. Aplikasi yang diinstalkan tersebut terkadang kita perlukan dan juga terkadang tidak kita perlukan. Jika aplikasi tersebut tidak diperlukan, maka tentu akan saat disayangkan karena aplikasi tersebut tetap menggunakan dan mengambil ruang memori pada hp anda.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Perlu Root

Nah, oleh karena itu kebanyakan orang lebih memilih untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk memberikan dan membersihkan ruang memori agar bisa digunakan untuk aplikasi yang diperlukan lainnya.

Pada aplikasi bawaan hp, ada aplikasi yang dapat dihapus dengan mudah namun ada juga yang sangat sulit untuk dihapus. Ya, karena ini adalah aplikasi bawaan maka sistem hp anda akan menolak aplikasi tersebut untuk dihapus. Maka dari itu untuk menghapus aplikasi bawaan tersebut anda perlu non aktifkan terlebih dahulu sistem tersebut.

Bagaimana caranya dan apa saja langka yang harus anda lakukan maka pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara mendetail. Cara menghapus aplikasi bawaan tanpa perlu root hp terlebih dahulu. Jika anda penasaran caranya seperti apa maka simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Root

Terdapat banyak cara untuk menghapus aplikasi bawaan, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau tanpa aplikasi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan salah cara tersebut. Cara yang saya gunakan adalah dengan menggunakan hp dan laptop serta mengaktifkan versi pengembang dari hp agar bisa di akses melalui laptop.

Peringatan : Menghapus aplikasi bawaan dapat menyebabkan aplikasi tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal kembali sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu anda harus tahu betul apakah aplikasi tersebut perlu dihapus atau tidak. Keputusan ada pada anda.

Catatan : Cara ini dapat anda terapkan pada semua HP android.

Menghapus Aplikasi Bawaan Menggunakan Laptop

  1. langkah pertama adalah mendownload terlebih dahulu aplikasi yang dibutuhkan. Download dan instal aplikasi "App Inspector" melalui google play store. Download ADB & Fastboot Binary: Windows, Mac, Linux
  2. Ekstrak file "ADB & Fastboot Binary" dan simpan folder "platform-tools" di D atau E.
  3. Sambungkan hp ke laptop menggunakan kabel USB dan pastikan versi pengembang telah aktif. Untuk cara mengaktifkan versi pengembang dapat anda baca pada artikel saya sebelumnya.
  4. Jika versi pengembang telah aktif maka akan tampil driver "ADB Interface" seperti pada gambar di bawah ini.
ADB Interface
  1. Kembali ke laptop anda, pergi ke tempat anda menyimpan folder "platform-tools". Klik Shif + Klik Kanan pada folder platform-tools. Kemudian pilih "Open Command Window"
Open Command Window
  1. Setelah anda mengklik "Open Command Window" maka akan muncul jendela cmd seperti pada gambar dibawah ini.
Open Command Window (CMD)
  1. Buka HP anda dan jalankan aplikasi App Inspector yang telah anda instal pada langkah 1. Klik aplikasi yang ingin anda uninstall kemudian catat : Package Name aplikasi tersebut. Misalkan saya ingin uninstall aplikasi analytics dengan Package Name : com.google.android.apps.giant
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Root
  1. Jika sudah mencatat Package Name aplikasi yang ingin anda uninstall maka langkah selanjutnya adalah kembali ke laptop. Pada CMD tuliskan perintah berikut ini:  adb devices kemudian klik enter.
  2. Jika muncul List of devices attached dan HBAXGF12345RJP device. Maka langkah selanjutnya tuliskan perintah : adb shell, kemudian enter. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan
  1. Langkah terakhir adalah menghapus aplikasi dengan perintah berikut ini : pm uninstall -k –user 0 "Package Name". Masukkan Package Name aplikasi yang diperoleh dari aplikasi App Inspector hp anda. Jika Package Name aplikasi yang ingin di uninstall adalah com.google.android.apps.giant maka perintahnya menjadi : pm uninstall -k --user 0 com.google.android.apps.giant. Klik enter.
Cara Uninstall Aplikasi Bawaan
  1. Jika berhasil maka akan tampil tulisan succsess. Nah, begitulah cara menghapus atau uninstall aplikasi bawaan yang sulit di hapus. Silahkan cek aplikasi apakah sudah berhasil atau tidak.
  2. Selamat mencoba.
Itulah artikel tentang Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Root. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Cara ini terbukti dapat menghapus aplikasi bawaan. Karena cara ini menggunakan opsi pengembangan aplikasi. Jadi, fungsi dari fitur pengembang adalah anda bisa mengembangkan aplikasi android melalui laptop untuk dijalankan di hp android. Jadi dengan fitur ini kita juga dapat memanfaatkannya untuk menghapus atau uninstall aplikasi bawaan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di HP Android Tanpa Root"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel