Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang Menggunakan Bahasa C

Gammafisblog.com - Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang Menggunakan Bahasa C. Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie. Bahasa C dibuat pertama kali untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories (id.wikipedia.org).
Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang

Bahasa ini masih banyak digunakan hingga sampai saat ini. Walaupun bahasa C digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga dapat digunakan untuk membuat software atau aplikasi. Bahasa C diminati karena bahasanya sederhana, mudah dipahami dan bersifat portable.

Baca Juga : Konsep Dasar dalam Memahami Dasar-Dasar Pemrograman Java

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang bahasa pemrograman C yang sederhana. Disini kita akan mencoba membuat sebuah program sederhana menggunakan bahasa C. Kita akan membuat sebuah program untuk merubah angka menjadi huruf (terbilang). Jika anda pernah melihat sebuah cek, maka di sana ada sebuah angka yang menunjukan nominal uang dan kata terbilang untuk mempertegas angka tersebut.

Bagaimana algoritma dari bahasa C untuk merubah sebuah angka menjadi huruf terbilang. Jika anda penasaran tentang bagaimana caranya maka anda simak pembahasan berikut ini.

Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang Menggunakan Bahasa C

Sebagai sebuah contoh sederhana, maka program ini hanya dapat menyebutkan 4 digit angka, yang artinya nilai maksimum yang dapat di pahami oleh program ini adalah 9999. Untuk nilai diatas itu anda bisa mengembangkan sendiri dari program yang telah anda.

Fungsi yang akan kita gunakan sangat sederhana, yaitu sebuah fungsi if dan else untuk logika jika benar maka jalankan statement if dan jika salah maka jalankan statement else. Contohnya adalah sebagai berikut :

if (kondisi){
    statment 1
}else{
    statment 2
}

Baca Juga : Belajar Konsep Dasar IF dan ELSE pada Java

Kita juga akan menggunakan sebuah tipe data array dan string untuk menyimpan string agar mudah dalam memanggil data. Selain itu cara ini saya pikir akan lebih sederhana jika anda menulisnya satu per satu.

Selain itu kita akan menggunakan modulo (%) untuk memisahkan antara nilai satuan, puluhan, ratusan dan ribuan. Dengan menggunakan modulo atau sisa bagi maka kita akan tahu berapa nilai dari satuan, puluhan, ratusan dan ribuan. Modulo yang digunakan adalah modulo 10. Bagaimana caranya berikut adalah ilustrasi-nya:

Contohnya :
  • Kita memberikan input angka : 1234. Maka untuk mendapatkan angka satuan 4 kita bisa gunakan modulo 10. (1234 mod 10 = 4) Ya, karena sisa pembagian bilangan bulatnya adalah 4.
  • Kemudian untuk mendapatkan angka puluhan, yaitu 3. Maka kita terlebih dahulu membagi angka 1234 dengan 10 dan menggunakan tipe data integer (bilangan bulat). 1234 / 10 = 123,4 atau dalam bilangan bulat (integer) adalah 123. Kemudian angka ini kita modulo dengan 10, maka diperoleh 123 mod 10 = 3. Jadi, kita akan menyimpan nilai 3 sebagai nilai puluhan.
  • Untuk mendapatkan nilai ratusan dan ribuan caranya juga sama. Dengan begitu maka kita telah memisahkan setiap angka pada satuan, puluhan, ratusan dan ribuan.
Nah, jika anda telah memahami penjelasan diatas maka anda akan sangat mudah memahami program dibawah ini. Saya yakin, jika anda telah memahaminya maka anda juga bisa mengembangkan program ini menjadi lebih sempurna.

Contoh Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang


Catatan :
  1. Simpan program dengan diakhiri dengan ekstensi ".c" misalkan saya ingin menamakan program adalah Terbilang. Maka saya simpan dengan nama Terbilang.c
  2. Untuk menjalankan program ini maka anda bisa menggunakan MingW sebagai compile. Namun, jika anda tidak ingin ribet maka anda bisa download dan instal aplikasi DeV C++.
Berikut adalah output dari program diatas. Saya menggunakan MingW sebagai compiler.

Program Terbilang Menggunakan Bahasa C

Ada beberapa syarat if yang saya gunakan, yaitu syarat untuk menyatakan angka ribuan, kemudian ratusan, puluhan san satuan. Pola pikir algoritma untuk masing-masing angka adalah sama. Nah, ada syarat khusus untuk angka yang menyatakan seribu, seratus, dan sebelas. Karena penyebutannya berbeda dari yang lain. Untuk angka yang lain penyebutannya sama. Misalkan 3000 terbilang tiga ribu dan 2000 terbilang dua ribu, kita hanya mengganti tulisan dua dan tiga saja sedangkan kata ribu tetap sama.

Baca Juga : Belajar Konsep Dasar For Loop (Perintah Perulangan) pada Java

Nah, itulah artikel tentang Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang Menggunakan Bahasa C. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. Agar mereka juga bisa mengetahui apa yang anda ketahui. Mari kita berbagi informasi bermanfaat kepada semua orang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Program Merubah Angka Menjadi Huruf Terbilang Menggunakan Bahasa C"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel