Cara Memunculkan IDM Di Youtube Yang Tidak Terdeteksi

Cara Memunculkan IDM Di Youtube Yang Tidak Terdeteksi. Mungkin kamu sudah sering mendengar IDM atau Internet Download Manager. Pada dasarnya, IDM merupakan salah satu aplikasi atau software yang digunakan untuk mendownload video, software atau aplikasi dari internet di komputer atau laptop.

Pada umumnya, jika komputer atau laptop milikmu sudah terinstal IDM maka secara otomatis ikon IDM ini akan muncul di browser seperti Chrome atau Firefox yang terpasang di komputer atau laptop milikmu. Nah, IDM ini juga dapat digunakan untuk mendowload video yang berasal dari situs yang populer seperti Youtube.

Mendownload video yang berasal dari Youtube dengan menggunakan IDM sangatlah mudah dan cepat. Namun, jika terjadi kegagalan saat mendownload, kamu tidak perlu khawatir karena dengan download menggunakan IDM dapat dilanjutkan kembali.

Perlu kamu ketahui, terkadang terjadi tab ekstensi idm tidak muncul di chrome secara otomatis di komputer atau laptop milikmu padahal ekstension dari Youtube sudah terpasang di Chrome komputer atau laptop milikmu. Hal tersebut karena IDM di Youtube tidak terdeteksi.

Cara Memunculkan IDM Di Youtube Yang Tidak Terdeteksi

Nah, jika kamu mengalami hal seperti itu, kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat IDM muncul di Chrome.

Fungsi IDM Di Youtube

Perlu kamu ketahui, bahwa aplikasi atau software IDM ini memiliki ekstension di browser sejenis Chrome. Nah, ekstension IDM ini berfungsi sebagai tombol yang terintegrasi dengan browser Chrome sehingga tombol IDM ini dapat secara otomatis muncul di Youtube.

Artinya jika kamu ingin mendownload video dari Youtube dengan menekan tombol IDM maka aplikasi ini secara otomatis akan mendownload video yang berasal dari Youtube tersebut.

Cara Memunculkan IDM Di Youtube Pada Browser Chrome

Jika kamu mengalami tombol IDM di Youtube tidak terdeteksi dengan baik maka kamu harus mengetahui bagaimana cara memunculkan IDM di Youtube pada browser Chrome yang terpasang di komputer atau laptop milikmu.

Adapun cara memunculkan IDM di Youtube pada browser Chrome adalah sebagai berikut.
  1. Terlebih dahulu instal aplikasi atau software IDM di komputer atau laptop milikmu. Cara menginstalnya sangatlah mudah, kamu hanya mengikuti petunjuk instal yang ditampilkan di layar monitor komputermu. Baca Selengkapnya : Cara Instal IDM (Internet Download Manager) Terbaru Dengan Mudah
  2. Setelah IDM sudah terinstal, langkah selanjutnya adalah buka browser Chrome. Kemudian arahkan krusor ke menu Chrome yang ada di bagian pojok kanan atas.
  3. Jika kamu sudah menemukan menu Chrome di pojok kanan atas, pilih dan klik More Tools lalu klik Extension.
  4. Nah, setelah Extension kamu klik akan terbuka jendela baru yang bertuliskan IDM Integration Module. Tulisan tersebut memiliki arti bahwa komputer atau laptop milikmu telah terinstal IDM. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah klik Enable yang artinya kamu mengaktifkan IDM.
  5. Jika IDM telah aktif maka saat kamu akan mendownload video yang berasal dari situs Youtube di browser Chrome secara otomatis akan menampilkan tombol Download this Video
Tombol Download this video di Youtube tersebut menunjukkan bahwa aplikasi IDM siap untuk memulai untuk download video yang berasal dari Youtube. Nah, kamu tinggal klik saja tombol tersebut maka download pun akan segera berjalan.

Jika cara tersebut di atas belum berhasil kamu terapkan maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan upgrade browser Chrome dan upgrade juga IDM ke versi terbaru. Adapun cara upgrade IDM ke versi terbaru, kamu harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Buka menu Chrome kemudian pilih klik  More Tools lalu klik Extension.
  2. Setelah klik Extension maka di layar monitor akan menampilkan IDM Integration Module. Nah, yang perlu kamu lakukan adalah hapus IDM Integration Module ini dengan cara klik tab Remove.
  3. Kali ini IDM Integration Module di browser Chrome milikmu sudah terhapus. Langkah selanjutnya adalah buka tab My Computer  > Local Disk (C:)  > Program Files. Setelah itu, carilah Folder IDM yang sudah diinstal ke versi terbaru. 
  4. Di Folder IDM ini,  carilah file dengan nama IDMGCExt.crx. Kemudian drag file tersebut ke halaman Extension di browser Chrome. Namun, sebelum melakukan drag file sebaiknya kamu memilih Enable yang ada di mode pengembangan (Developer Mode). Hal tersebut dilakukan untuk memudahkanmu dalam menambahkan file yang akan di-drag tadi.
  5. Setelah kamu melakukan penambahan di langkah sebelumnya, maka layar monitormu akan memunculkan pop-up yang berisi petunjuk untuk menambahkan tombol IDM ke browser Chrome. Agar penambahan tersebut sukses, maka kamu harus memilih tab Add Extension.
  6. Jika tab Add Extension sudah kamu klik, maka proses penambahan ekstension ini sukses. Kamu pun dapat menggunakan IDM yang terintegrasi dan dapat menikmati download video dari situs Youtube dengan hanya klik Download This Video.
Baca Juga : Jangan Ribet - Ini 2 Cara Mudah Mendownload Video Youtube Tanpa Aplikasi

Cara di atas adalah cara untuk memunculkan IDM di situs Youtube agar dapat terdeteksi dengan baik. Dengan cara tersebut maka download video dari situs Youtube dapat kamu lakukan dengan mudah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel