Soal dan Pembahasan USBN Fisika SMA Lengkap Dengan Konsep Dan Caranya Part 2

Contoh soal fisika kelas 10 soal fisika kelas 10 semester 2 soal fisika kelas 10 semester 2 dan pembahasannya latihan soal fisika kelas 10 contoh soal fisika kelas 9 soal fisika kelas 8 semester 2 Latihan soal Fisika kumpulan soal fisika kelas 10 latihan soal fisika kelas 10 semester 2 kumpulan soal fisika smp dan pembahasannya kumpulan soal fisika kelas 11 soal fisika kelas 7 semester 1 latihan soal fisika kelas 12 semester 1 download soal fisika kelas 11.

Gammafisblog.com - Soal dan Pembahasan USBN Fisika SMA Lengkap Dengan Konsep Dan Caranya. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan soal USBN fisika tahun 2018. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan soal nomor 1 - 5 dari USBN tahun 2018 P - 01. Nah, Kali ini saya akan kembali membahas 5 nomor selanjutnya yaitu nomor 6 - 10.

Pada nomor 6 - 10 materi nya berbeda-beda, yaitu materi tentang hukum newton, momen inersia, kesetimbangan, torsi, dan fluida. Maka dari itu diharapkan anda telah memahami dasar-dasar dari materi tersebut agar lebih mudah dalam memahami soal berikut ini. Anda bisa mencari beberapa materi tersebut pada blog ini melalui kolom pencarian. Nah, jika anda belum membaca artikel sebelumnya, maka baca selengkapnya : Pembahasan Soal USBN Fisika SMA Lengkap Dengan Konsep Dan Caranya. Baik, untuk tidak memperpanjang kata mari langsung saja kita mulai pembahasan nya berikut ini.
Pembahsan Soal USBN Fisika SMA

Soal dan Pembahasan USBN Fisika SMA Tahun 2018 P - 01


Nomor 6 : Soal Fisika USBN 

Perhatikan gambar di bawah ini, A dan B adalah balik, F adalah gaya dan T adalah tegangan tali.

Soal fisika USBN Nomor 6

Dengan data Ma = 4 kg, Mb = 6 Kg dan F = 50 Kg, Sedangkan Bidang permukaan kasar 0,2 maka tentukan besarnya percepatan sistem tersebut.

Solusi :
Diketahui :

Ma = 4 Kg
Mb = 6 Kg
F = 50 Kg
θ = 53 derajat
μk = 0.2

Tentukan : Percepatan Sistem tersebut = ...?
Jawab :

Langkah Pertama adalah kita harus menggambarkan gaya-gaya apa saja yang bekerja pada benda tersebut.

Ingat : Setiap benda memiliki massa, maka benda akan mendapat gaya tarik gravitasi yang dinamakan gaya berat (W). Karena bidang permukaan kasar maka ada gaya gesek antara benda dengan lantai. Kemudian ketika sebuah benda diletakkan pada sebuah bidang datar, maka benda tersebut akan mendapatkan gaya norma yang tegak lurus dengan bidang permukaan. Karena gaya F yang bekerja memiliki sudut sebesar 53 derajat. Maka artinya gaya F akan memiliki komponen gaya arah sumbu x dan y. Dari semua informasi tersebut maka gaya-gaya yang bekerja adalah:

Baca Juga : Contoh Soal dan Jawaban Hukum 2 Newton Serta Konsepnya

Soal fisika USBN Nomor 6a

T adalah gaya tegangan tali dan besar gaya tegangan tali pada seutas tali yang sama adalah sama.

Amati Benda A
Tinjau gaya-gaya yang bekerja pada arah sumbu Y
Gunakan Hukum 2 Newton

Soal fisika USBN Nomor 6b

Tinjau gaya-gaya yang bekerja pada arah sumbu X

Soal fisika USBN Nomor 6c


Amati Benda B
Tinjau gaya-gaya yang bekerja pada arah sumbu Y
Gunakan Hukum 2 Newton

Soal fisika USBN Nomor 6d

Tinjau gaya-gaya yang bekerja pada arah sumbu X

Soal fisika USBN Nomor 6e

Jumlahkan Persamaan 1 dan Persamaan 2 maka diperoleh

Soal fisika USBN Nomor 6f

Jadi, besar percepatan sistem adalah 1.8 m/s^2

Nomor 7 : Soal Fisika USBN


Soal fisika USBN Nomor 7

Solusi : 

Keempat benda tersebut kita asumsikan sebagai sebuah titik (partikel) yang bermassa. Maka besar momen inersia partikel bermassa sama dengan besarnya massa partikel dikalikan dengan kuadrat jarak benda tersebut terhadap sumbu putar.

Jika benda diputar terhadap sumbu X maka benda yang memiliki momen inersia adalah benda yang berada pada sumbu Y. Maka momen inersia jika diputar terhadap sumbu X adalah

Soal fisika USBN Nomor 7a

Jika benda diputar terhadap sumbu Y maka besarnya momen inersia adalah

Soal fisika USBN Nomor 7b


Nomor 8 : Soal Fisika USBN


Soal fisika USBN Nomor 8

Solusi :

Soal fisika USBN Nomor 8a

Pada sebuah sistem setimbang maka jumlah torsi yang bekerja pada sistem tersebut adalah nol. Dari gambar diatas gaya yang menyebabkan tori adalah gaya yang tekak lurus dengan lengan gaya (dalam hal ini batang) adalah Ty dan Mb.g. Maka kita peroleh bahwa :

Soal fisika USBN Nomor 8b

Dari gambar diatas maka terlihat bahwa poros (sumbu putar) terletak pada titik A. Maka dapat dilihat bahwa kedua gaya tersebut saling berlawanan arah, sehingga kita peroleh.

Soal fisika USBN Nomor 8c

Jadi, besarnya tegangan tali adalah 80 N

Nomor 9 : Soal Fisika USBN


Soal fisika USBN Nomor 8d

Solusi :
Diketahui :
R = 50 cm = 0.5 m
F = 80 N
Ditanya : Momen gaya (torsi) ... ?
Jawab :

Soal fisika USBN Nomor 9

Gaya yang menyebabkan benda berputar adalah gaya yang tegak lurus dengan lengan gaya (dalam hal ini lengan kunci inggris). Maka besarnya momen gaya yang diakibatkan oleh gaya Fy adalah :

Soal fisika USBN Nomor 9a

Nomor 10 : Soal Fisika USBN


Soal fisika USBN Nomor 10

Solusi :


Diktehaui :

Kedua balok idenstik.
Tinggi zat cair yang muncul di atas permukaan adalah 0.75 bagian artinya yang tercelup adalah 1 – 0.75 = 0.25 bagian.
Ditanya : Perbandingan massa jenis kedua zat cai A : B = .... ?

Solusi :
Ingat Rumus Gaya Angkat Fluida :

Soal fisika USBN Nomor 10a

FA = adalah gaya angkat fluida.
ρf adalah massa jenis fluida (zat cair).
g adalah perceatan grafitasi.
Vt adalah volume benda yang tercelup.

Soal fisika USBN Nomor 10b

Karena benda identika maka massa benda sama (identik). Maka perbandingan massa jenis zat cair A dan zat cair B adalah

Soal fisika USBN Nomor 10c

Untuk zat cair A : Tingi benda tercelup adalah 0.25 bagian, sedangkan pda zat cair B benda tercelup seluruhnya. Jika volume seluruh benda adalah V maka.

Soal fisika USBN Nomor 10d

Itulah artikel tentang Soal dan Pembahasan USBN Fisika SMA Lengkap Dengan Konsep Dan Caranya Part 2. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda, jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga mengetahui apa yang telah anda pelajari. Mari bantu kami untuk berbagi informasi dan pengetahuan kepada banyak orang.

Contoh soal fisika kelas 10 soal fisika kelas 10 semester 2 soal fisika kelas 10 semester 2 dan pembahasannya latihan soal fisika kelas 10 contoh soal fisika kelas 9 soal fisika kelas 8 semester 2 Latihan soal Fisika kumpulan soal fisika kelas 10 latihan soal fisika kelas 10 semester 2 kumpulan soal fisika smp dan pembahasannya kumpulan soal fisika kelas 11 soal fisika kelas 7 semester 1 latihan soal fisika kelas 12 semester 1 download soal fisika kelas 11.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel