Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Gammafisblog.com - Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word. Pernahkah anda mengalami masalah spasi yang berantakan pada sebuah file word, baik itu word 2007, 2010 maupun 2013. Padahal isi file tersebut awalnya rapi dan baik-baik saja. Nah, hal ini biasanya terjadi ketika kita mengetik file dokumen di word 2016 kemudian membukanya kembali pada komputer lain yang menggunakan word 2007. Atau dengan kata lain kita mengetik dokumen pada word yang lebih tinggi dan membukanya pada word yang lebih rendah.

Untuk mengatasi spasi yang berantakan di word, akan sangat melelahkan jika anda memperbaiki secara manual atau mengedit kembali satu persatu spasi yang berantakan tersebut. Selain melelahkan juga akan membutuhkan waktu yang lama. Hal ini tentu saja kurang efisien.

Cara mengatasi yang berantakan dari word 2016 ke word 2007 atau dari word 2013 ke 2007 sangat mudah. Ada 3 cara yang dapat anda lakukan, pada kesempatan kali ini gammafisblog.com akan menjelaskan-nya kepada anda. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Word Yang Lupa di Save

Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Cara pertama yaitu tanpa menginstal aplikasi tambahan, yang kedua dengan menggunakan aplikasi dan yang ketiga yaitu secara online. Sebenarnya ada lagi cara yang ke-empat, yaitu dengan cara convert file tersebut ke PDF. Cara ke-4 ini hanya bisa dilakukan ketika anda ingin langsung print dokumen tersebut tanpa diedit lagi. Namun, jika tidak maka simak 3 cara jitu berikut ini:


Cara Pertama : Mengatasi Spasi yang Berantakan Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama ini bisa dilakukan dengan cara menyimpan (save) file dokumen dengan ekstensi "Word 97-2003 Document (*.doc)". Ketika anda menyimpan file dengan ekstensi (*.doc) maka anda akan bisa membuka file word tersebut di microsoft word versi apa saja, entah itu 2007, 2010, 2013 maupun 2016, anda tidak akan mengalami masalah spasi yang berantakan.

Catatan: Jika anda sudah menyimpan file dengan format "Word Document (*.docx), maka anda juga bisa melakukan Save As dan menyimpannya kembali dengan format "Word 97-2003 Document (*.doc)".

Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word

Cara Kedua : Mengatasi Spasi yang Berantakan di Word Menggunakan Aplikasi

Jika anda menggunakan word 2007 dan lupa menyimpan file dengan ekstensi "Word 97-2003 Document", maka langkah kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasi The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3). Dengan menginstal aplikasi tersebut maka word 2007 yang anda miliki dapat membaca semua fitur yang terdapat pada word 2010, 2013 dan 2016. Dengan demikian maka spasi pada file word anda tidak akan berantakan lagi.

Baca Juga : Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word 2007, 2010 dan 2016

Namun kekurangannya adalah anda harus repot-repot mendownload dan menginstal aplikasi tersebut. Selain itu ukuran file aplikasi yang harus anda download adalah 351 MB. Ya, jika anda memiliki cukup kuota internet tidak akan menjadi masalah.

Cara Ketiga : Mengatasi Spasi yang Berantakan di Word Secara Online

Selain menggunakan dua cara diatas, anda juga dapat mengatasi masalah spasi secara online. Cara ini menurut saya cukup simple. Dimana anda tidak perlu menginstal aplikasi dan tidak perlu mengeluarkan banyak kuota. Untuk mengatasi masalah spasi yang berantakan di word secara online maka anda perlu sebuah website yang secara gratis memberikan layanan convert ekstensi word dari *.docx ke *.doc.

Dengan melakukan convert ekstensi word dari *.docx ke *doc maka anda bisa membuka file word tersebut di semua versi microsoft word. Bagaimana caranya, simak pembahasan berikut ini:
  1. Kunjungi situs berikut ini: https://www.zamzar.com
  2. Klik Add File
  3. Cari file word yang ingin anda convert
  4. Ubah format/ekstensi dokumen ke "doc"
  5. Klik convert now
  6. Download file yang telah di convert tersebut.
Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di MS Word

Dengan convert ekstensi word ke "doc" maka file tersebut dapat dibuka pada semua versi microsoft word, tanpa terdapat spasi yang berantakan lagi.

Baca Juga : Cara Menampilkan 2 Dokumen Word Dalam 1 Layar Windows Dengan Mudah

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word. Semoga artikel ini dapat memberikan solusi kepada anda. 3 solusi diatas dapat anda gunakan dengan mudah. Cara yang pertama hanya bisa dilakukan di awal ketika anda hendak menyimpan file. Simpanlah file dengan ekstensi "Word 97-2003 Document (*.doc)" agar anda bisa membukanya di semua versi microsoft word. Cara ter mudah kedua adalah secara online, jika anda lupa save dengan ekstensi Word 97-2003 Document (*.doc). Dengan cara online maka anda bisa dengan mudah convert format/ekstensi sebuah word dari *.docx ke *.doc.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Spasi yang Berantakan di Microsoft Word"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel