Cara Buat Subtitle Format SRT Untuk Film dan Video Sendiri

Cara Buat Subtitle Format SRT Untuk Film dan Video Sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat subtitle pada sebuah video atau film. Subtitle adalah salah satu hal terpenting dalam sebuah film, terutama jika film tersebut berbahasa asing. Tentu tidak menjadi masalah jika kita mengerti bahasa tersebut. Namun yang menjadi masalah jika kita tidak mengerti. Tentu hal ini membuat kita sulit untuk memahami jalan cerita dari film tersebut.

Pada dasarnya ada banyak sekali website yang menyediakan subtitle dari berbagai bahasa dari sebuah judul film secara gratis. Contohnya adalah subscene.com yang menyediakan subtitle sebuah film dengan bahasa Indonesia, Inggris, Arab, Spanyol, Malaysia dan masih banyak lagi.

Namun, terkadang ada beberapa film yang subtitle tidak tersedia untuk bahasa yang kita inginkan. Tentu saja hal ini membuat anda sedikit kecewa, ditambah lagi jika film tersebut sangat seru namun belum tersedia subtitle bahasa Indonesia. Yang anda hanya subtitle bahasa inggris, arab dan lainnya.

Nah, anda tidak perlu khawatir, karena sebetulnya anda bisa membuat subtitle bahasa Indonesia sendiri tanpa harus tahu bahasa asing. Anda bisa memanfaatkan google translate sebagai tools penerjemah dan web tempat edit subtitle secara online.

Baca Juga : 2 Cara Mengatur Subtitle di VLC Android Dengan Mudah

Cara Buat Subtitle Format SRT Untuk Film dan Video

Untuk cara buat subtitle sendiri pada dasarnya sangat sederhana, anda hanya perlu menggunakan notepad yang telah tersedia pada semua laptop/komputer. Code yang digunakan juga tidak begitu ribet. Anda hanya perlu menuliskan rentang waktu dan teks apa yang sedang dibicarakan. Perhatikan contoh dibawah ini.

Buat code subtitle berikut menggunakan aplikasi notepad.

1
00:00:45,469 --> 00:01:23,469
START

2
00:02:18,917 --> 00:02:23,708
Dialog dalam Film.

3
00:02:24,000 --> 00:02:26,083
Dialog dalam Film.

Dan seterusnya sampai akhir dari film tersebut, kemudian anda simpan dengan format .srt.

Namun, menulis sendiri code subtitle tentu sangat melelahkan. Apalagi jika anda tidak paham dengan bahasa yang disampaikan, misalnya bahasa india dan anda ingin membuat subtitle dengan bahasa indonesia.

Nah, ada cara yang paling mudah, yaitu dengan memanfaatkan subtitle dari bahasa asing yang telah dibuat oleh orang lain. Misalkan anda ingin menonton film Barat, namun tidak ada subtitle bahasa indonesia yang ada hanyalah subtitle bahasa inggris.

Anda bisa memanfaatkan subtitle bahasa inggris tersebut dan menerjemahkan-nya ke bahasa indonesia atau bahasa yang anda inginkan menggunakan google translate. Akan tetapi anda tidak dapat begitu saja menerjemahkan-nya, ada beberapa teknik yang harus anda gunakan agar subtitle tersebut dapat berfungsi dengan baik. Nah, apa saja teknik-nya, simak pembahasan berikut ini.

Cara Buat Subtitle Film Bahasa Indonesia dengan Cepat

Catatan : Cara ini dilakukan jika tidak tersedia subtitle bahasa Indonesia di subscene.com atau situs penyedia subtitle lainnya.

Proses Pertama Menterjemah Subtitle

Proses ini dilakukan untuk menterjemah subtitle bahasa asing yang anda download ke bahasa yang anda inginkan. Misalkan anda ingin membuat subtitle bahasa Indonesia dari subtitle bahasa inggris yang anda download. Simak pembahasan lengkap berikut ini.
  1. Download subtitle film bahasa apa saja, inggris, arab atau lainnya di subscene.com, sangat dianjurkan untuk memilih subtitle yang berbahasa inggris.
  2. Buka file subtitle.srt yang telah anda download menggunakan notepad.
  3. Copy semua isi dari file tersebut ke microsoft word dan save file ms word tersebut. Hal ini dilakukan agar mempercepat proses translate.
  4. Buka halaman "translate.google.co.id". Atur bahasa yang ingin anda gunakan, dalam hal ini adalah bahasa Indonesia.
  5. kemudian klik documents untuk menerjemahkan file subtitle yang telah anda save ke ms word.
  6. Klik Browse your computer dan cari file word yang telah anda save, kemudian klik translate.
  7. Copy dan save hasil translate tersebut ke aplikasi notepad dengan format .srt. Misalkan saya simpan file hasil translate dengan nama "subtitle.srt"

Baca Juga : Cara Menambah Atau Mengurangi Partisi C, D dan E di Windows 7, 8 dan 10 Terbaru Saat Ini

Proses Agar Subtitle Bisa dibaca oleh Media Player

Setelah translate langkah selanjutnya adalah proses agar hasil translate tersebut compatible dan bisa dibaca oleh media player. Atau kata lainnya agar subtitle muncul di film.

Catatan: Jika anda tidak menggunakan cara ini maka ada kemungkinan subtitle.srt yang telah anda translate di atas tidak berjalan dengan baik. Nah, oleh karena itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyempurnakan subtitle.srt diatas.
  1. Buka halaman https://www.nikse.dk/subtitleedit/online menggunakan laptop atau hp anda.
  2. Pada menu bagian atas klik subtitle >> open.
  3. Kemudian klik choose file dan cari file subtitle.srt yang telah anda translate diatas.
  4. Klik Load Subtitle dan tunggu hingga subtitle anda tampil.
Cara Buat Subtitle Format SRT Untuk Film dan Video
  1. Setelah tampil langkah terakhir klik kembali menu subtitle dan klik save/download. Tunggu hingga proses download selesai, maka subtitle bahasa Indonesia anda telah jadi.
Cara Buat Subtitle Format SRT Untuk Film dan Video Sendiri

Penting : Jika subtitle yang anda buat terlalu cepat maupun lambat maka anda bisa membaca artikel saya sebelumnya. Baca Juga : Cara Mempercepat atau Memperlambat Subtitle Film di VLC versi Komputer

Ini adalah salah satu cara membuat subtitle sendiri untuk film yang tidak ada subtitle. Dengan cara ini maka anda tidak akan lagi pusing ketika film yang ingin anda tonton tidak ada subtitle. Anda bisa membuat subtitle film sendiri.

Manfaat membuat subtitle sendiri adalah anda bisa lebih memahami isi dari film tersebut. Anda bisa membuatnya lebih enek dibaca. Karena tidak jarang subtitle diluar sana yang tidak enak ketika dibaca. Atau mereka hanya mengandalkan google translate saja. Sehingga susunan kata yang tidak baku terjadi. cara diatas hanya contoh saja. Anda bisa membuatnya menjadi lebih menarik dan bagus.

Itulah artikel tentang Cara Buat Subtitle Format SRT Untuk Film dan Video Sendiri. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk anda. Cara ini mungkin terlihat terbelit-belit ketika dibaca, namun ketika dilakukan maka tidak membutuhkan waktu yang lama, kami sendiri mencobanya dan kurang dari 5 menit subtitle bahasa Indonesia telah jadi. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel