Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan Mudah di Laptop dan HP

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan Mudah di Laptop dan HP. Aplikasi zoom adalah salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan untuk melalukan meeting (atau pertemuan) secara online. Disaat pandemi seperti saat ini, aplikasi zoom sering digunakan untuk belajar online, seminar online, dan lainnya yang dapat dilakukan secara online.

Aplikasi zoom memberikan manfaat dan kemudahan bagi banyak orang untuk berkomunikasi masal. Dengan satu aplikasi ini maka kita bisa melakukan suatu tatap muka dengan banyak orang secara online. Oleh karena itu, banyak orang yang download aplikasi ini, terutama anak sekolah, kuliah (untuk belajar-mengajar) dan perkantoran (untuk meeting).

Dari sebagian orang yang download aplikasi ini, ada juga yang belum paham mengenai cara menggunakan aplikasi zoom. Hal ini karena mereka baru saja menggunakannya atau bahkan masi gaptek terhadap teknologi yang satu ini. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskkanya kepada anda mengenai cara meeting menggunakan aplikasi zoom.


Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan Mudah di Laptop dan HP

Cara menggunakan aplikasi zoom sangat mudah, kenapa saya bilang begitu. Karena anda hanya perlu menginstal aplikasi ini kemudian mulai melakukan meeting atau mengikuti undangan meeting dari orang. Anda bisa meminta link meeting pada moderator yang menyelenggarakannya untuk anda masuk ke dalam zoom meeting yang ingin anda ikuti. Cara ini juga sama bagi anda yang ingin mengikuti perkuliahan online. Anda bisa meminta link zoom untuk dapat masuk dalam room perkuliahan melalui zoom. Namun sebelum itu, anda terlebih dahulu instal aplikasi zoom di laptop atau hp anda. Caranya bagaiamana? simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

  1. Silahkan anda download aplikasi zoom meeting di google atau anda bisa langsung download melalui link berikut ini: Download Aplikasi Zoom
  2. Setelah download aplikasi zoom, maka langkah selanjunya instal aplikasi tersebut seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Anda hanya perlu double klik pada aplikasi tersebut kemudian klik yes untuk instal dan selanjtnya klik next.
  4. Ikuti instruksi instal yang ada pada aplikasi tersebut. Namun, intinya anda hanya perlu tekan next-next.
  5. Anda bisa membuat akun atau login menggunakan email. Anda juga bisa tanpa login atau membuat akun. Namun, jika anda ingin membuat meeting maka anda harus membuat akun dan login.

Setelah aplikasi zoom terinstal maka langkah selanjutnya adalah anda siap untuk menggunakannya. Anda bisa klik aplikasi tersebut, kemudian anda juga bisa membuat akun atau langsung login menggunakan email. Setelah anda berhasil login maka tampilan zoom anda akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini.


Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan Mudah di Laptop dan HP

Ada 4 menu penting yang dapat anda lihat, yaitu membuat new meeting, join meeting, membuat schedule meeting dan share screen. Nah, jika anda ingin membuat atau mengadakan zoom meeting maka anda bisa membuat new meeting. Kemudian anda dapat mengcopi link atau id dan password untuk anda bagikan ke peserta zoom yang ingin login ke room meeting.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Moderator

Jika anda hendak menjadi seorang moderator di zoom maka anda harus mengikuti langkah-langkah dibwah ini:

  1. Langkah pertama anda harus login ke zoom dengan cara membuat akun zoom atau login menggunakan email anda.
  2. Setelah berhasil login, selanjutnya silahkan anda klik New Meeting.
  3. Untu mengundang teman silahkan klik menu participans yang ada pada bagian bahwa aplikasi zoom.
  4. Kemudian pada bagian bawah ada menu invite.
  5. Klik menu invite dan copy invite link.
  6. Share link tersebut ke teman anda yang ingin anda undang ke zoom meeting.


Cara Memulai Zoom Sebagai Peserta

Jika anda ingin mengkuti zoom sebagai seorang peserta maka akan sangat mudah sekali. Yang perlu anda laukan hanya menginstal aplikasi zoom seperti yang telah saya jelaskan langkah-langkahnya diatas. Kemudian anda meminta link zoom meeting atau ID & Password meeting. Nah, jika anda dikasi ID dan Password meeting maka harus klik join meeting kemudian masukkan id dan password tersebut.


Cara Membuat Schedule Zoom Meeting

Cara menggunakan aplikasi zoom untuk membuat schedule zoom meeting. Jika anda hendak membuat sebuah meeting dihari ternetu dan anda ingin membuat jadwalnya maka anda bisa menggunakan menu schedule meeting. Menu ini dapat anda manfaatkan untuk membuat room meeting sebelum acara dimulai. Anda bisa menyiapkan room meeting sehari, seminggu dan lainnya sesuai keinginan anda. Untuk langkah-langkah lengkapnya silahkan ikuti step by step di bawah ini:

  1. Buka aplikasi zoom.
  2. Login mengunakan email anda.
  3. Klik menu schedule.
  4. Silahkan anda isi Topik Zoom yang ingin anda buat.
  5. Atur kapan zoom tersebut akan anda mulai (anda bisa mengatur pada bagian star, silahkan atur tanggal dan jam dimulainya zoom meeting).
  6. Meeting ID: Klik personal meeting ID untuk menggunakan id anda. Atau anda bisa menggunakan generate meeting.
  7. Silahkan buat password yang mudah untuk dapat login ke zoom meeting. Misalkan 12345 dan lain sebagainya.
  8. Pada bagian video, silahkan klik on pada host dan pasrticipants.
  9. Jika sudah silahkan copy invitation anda agar peserta dapat login ke zoom nantinya.
  10. Paste invitation di notepad atau microsoft word anda.
  11. Kemudian share link zoom serta ID dan Password zoom metting ke peserta yang ingin anda undang.


Zoom Meeting Recorder - Cara Record Zoom

Untuk cara record video zoom sangat mudah. Setelah anda berhasil memulai zoom meeting entah sebagai moderator ataupun peserta anda bisa melalukan record video zoom dengan mudah. Pada bagian bawah menu zoom (jika anda menggunakan laptop) ada menu record. Silahkan klik menu tersebut maka zoom akan secara otomatis record semua video anda selama live zoom berlangsung.


Itulah artikel tentang Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan Mudah di Laptop dan HP. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa share aplikasi ini kepada teman-teman anda, agar mereka juga mengetahu caranya. Jika ada yang ingin anda tanyakan maka silahkan tanya di kolom komentar dibawah atau langsung kontak saya melalui menu kontak dibagian bawah blog ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Tag Keyword:

zoom meeting zoom meeting online cara zoom meeting di laptop download zoom meeting for mac record zoom meeting zoom meeting recorder kapasitas zoom meeting gratis cara share link zoom meeting ke whatsapp.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Zoom dengan Mudah di Laptop dan HP"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel