8 Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan

Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan adalah dapat mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli dan mempermudah proses pembayaran dengan memanfaatkan internet banking, mobile banking, atau dompet digital sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.

Telepon genggam adalah sebuah perangkat elektronik yang memungkinkan kita dapat berkomunikasi dua arah antara satu dengan pengguna lainnya. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi telepon genggam (handphone) dan perkembangan dunia internet, telepon genggam berkembang menjadi telepon cerdas (smartphone). Hal ini memungkinkan kita dapat berkomunikasi baik melalui teks (chat) atau melalu komunikasi visual (video call) dengan mudah dan cepat.

Hal ini membuat para pebisnis memanfaatkan hanphone (hp) sebagai media bisnis. Karena dengan adanya hp ini membuat proses perdagangan menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Misalnya saja ada kita ingin membeli sebuah barang seperti baju atau sepatu maka dengan hp kita tidak perlu lagi kepasar untuk membeli. Anda bisa memesan barang tersebut melalui telepon genggam. Jika Anda ingin mengetahui apa saja Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan lebih lengkap maka simak pemabahsan dibawah ini.


8 Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan


Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan


1. Mempermudah Komunikasi Antar Pembeli dan Penjual

Dengan adanya HP atau telepon genggam maka akan sangat mempermudah komunikasi antara pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi jual beli. Pembeli dapat bertanya langsung kepada penjual tanpa harus repot-repot ke pasar atau ke toko penjual. Pembeli bisa langsung melakukan transaksi dari rumah saja. 


2. Media Promosi

Di zaman modern seperti saat ini, perkembangan teknologi sudah semakin maju. Terutama teknologi handphone atau telepon genggam, di dukung dengan perkembangan dunia internet. Melalui sebuah telepon genggam maka kita dapat mempromosikan produk atau jasa melalui internet. Contohnya memanfaatkan aplikasi whatsapp sebagai media promosi, menggunakan iklan facbook ads, google ads dan mempromosikan produk melalui instagram dapat dilakukan melalui handphone.


3. Media Bisnis Online (Toko Online)

Membuat toko online, sama halnya dengan manfaat hp sebagai media promosi akan tetapi ini lebih spesifik. Dimana seorang pedagang dapat berjualan secara online agar produk atau jasa yang dijual dapat dijangkau lebih luas lagi. Penjual dapat memanfaatkan ecommerce yang sangat terkenal seperti tokopedia, bukalapak, lazada, shopee dan lainnya. Dengan adanya toko online maka akan lebih hemat biaya, tanpa harus menyewa gedung atau tempat untuk membuka toko.


4. Mempermudah Transaksi Pembelian (Jual Beli)

Dengan adanya telepon genggam maka penjual dan pembeli dapat bertransaksi dengan sangat mudah. Pembeli dapat lengung membayar barang atau jasa yang dibeli hanya melalui hp tanpa harus ke pasar atau ke toko penjual. Pembeli dapat memanfaatkan internet banking, mobile banking, atau dompet digital. Dengan demikian maka transaksi jual beli akan lebih cepat dan efisien.


5. Dapat Menjangkau Pembeli Lebih Luas

Dengan danya hp maka pedagang dapat menjangkau pembeli lebih luas. Pedagang tidak hanya menjangkau calon pembeli dari daerah yang sama akan tetapi juga dapat menjangkau pempeli dari luar daerah atau luar kota. Misalnya saja di Jakarta ada seorang penjual sepatu dengan merek tertentu, dengan adanya telepon genggam maka sepatu tersebut dapat dibeli oleh orang diluar Jakarta seperti Surabaya, Lombok, NTT dan daerah lainnya.

Baca Juga : 8 Hp Xiaomi Dengan Kualitas Kamera Selfie Terbaik

6. Hemat Biaya

Mempromosikan produk atau jasa melalui hp dapat menghemat biaya. Penjual bisa memanfaatkan sosial media sebagai media promosi secara gratis.


7. Efisien Waktu

Dengan adanya telepon genggam maka proses transaksi jual beli lebih cepat dan mudah. Pembeli tidak perlu lagi ke toko dan menghabiskan waktu dan biaya untuk ke toko penjual. Pembeli hanya perlu memesan dari hp maka penjual akan lengsung mengirim barang tersebut ke alamat yang diberikan.


8. Mendpatkan Barang Bagus dengan Harga Murah

Dengan adanya telepon genggam maka pembeli dapat melihat barang dengan variasi yang lebih banyak dan harga yang beragam. Pembeli dapat menyeleksi barang yang ingin dibeli kemudia mencari harga termurah untuk dibeli. Karena dalam penjualan online persaingan harga barang sangat kompetitif. Maka dari itu pembeli harus lebih teliti dalam memilih barang yang akan dibeli.

Baca Juga : 14 Cara Menghasilkan Uang dari Internet dengan Mudah, Cepat dan Tanpa Modal Bagi Pemula

Itulah artikel tentang 8 Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan. Semoga artikel ini dapat membantu menjawab pertanyaan Anda. Jika artikel ini bermanfaat maka jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman Anda. Agar mereka juga mengetahui apa saja manfaat dari telepon genggam yang mereka miliki.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "8 Manfaat Penemuan Teknologi Telepon Genggam dalam Bidang Perdagangan"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel