7 Tips dalam Menabung uang yang Baik di Usia Muda

7 Tips dalam Menabung uang yang Baik di Usia Muda. Cara Mudah Menabung di Usia Muda adalah hal yang harus anda pelajari dengan baik. Karena banyak sekali anak muda yang kesulitan dalam menabung. Mungkin sebagian orang mengatakan tidak juga, mudah kok. Akan tetapi bagi sebagian lainnya yang tidak terbiasa mengontol uang akan mengatakan sulit.

Untuk menabung kita harus mengetahui apa saja tips dalam menabung. Dengan tips tersebut maka anda bisa merencanakan, menentukan tujuan dan nagaran menabung dengan cermat. Hal ini akan saya bahas secara lengkap dalam 7 tips menabung dibawah ini. Setiap orang yang ingin menabung tentu saja memiliki tujuannya masing-masing. Misalnya saja ada yang bertujuan untuk membeli rumah, mobil, motoh, laptop, hp, nikah dan lain sebagainya. 

Ketika anda berniat menabung untuk mencapai tujuan tertentu maka anda harus mengontol dengan betul aliran uang yang anda dapatkan agar bisa menabung dengan optimal. Untuk memulai menabung mungkina anda bisa mencoba dengan nominal yang kecil, agar tidak terlalu memberatkan anda. Setelah anda memahami bagaimana alur kas anda dan mulai mengontrol secara pentung uang maka anda bisa mulai menabung dengan nominal lebih besar.

7 Tips dalam Menabung uang yang Baik di Usia Muda


7 Tips dalam Menabung uang yang Baik di Usia Muda

Dalam menabung ada beberapa tips yang anda perlukan agar bisa menabung dengan mudah. Cara Mudah Menabung harus dilakukan dengan perhitungan yang cermat dan rasional sesuai dengan kemampuan yang anda miliki serta tidak mengada-ngada. Agar apa yang ingin anda capai dengan menabung dapat direalisasikan. Berikut ini telah saya rangkum beberapa tips dalam menabung yang dapat anda jadikan referensi. Jika anda memiliki tips lainnya maka silahkan tulis dikolom komentar dibawah ini, agar pembaca blog kami bisa mengetahuinya.


1. Tentukan Tujuan Menabung

Ketika anda memiliki niat untuk menabung, maka yang paling utama dilakukan adalah tentukan tujuan menabung terlebih dahulu. Dengan adanya tujuan maka anda akan lebih semangat untuk menabung. Semangat menabung maka anda akan berusaha memacu diri untu terus konsisten hingga tujuan tersebut dapat tercapai. Anda bisa menentukan apa saja tujuan menabung, entah itu untuk tujuan jangka pendek, menegah atau panjang. Selain itu anda juga harus menetapkan kapan batas waktu yang anda berikan agar tujuan tersebut dapat tercapai. Tentu saja hal ini direncanakan secara logis, jangan memaksa sesuatu hal yang mustahil tercapai. Tentukan tujuan dan batas waktu sesuai dengan kapasitas.


2. Buat dan Catat Daftar Anggaran Rumah Serta Berhemat

Membuat Anggaran Rumah sangat membantu anda mencapai tujuan menabung dan dapat memprediksi kapan tujuan tersebut dapat tercapai. Anda buat daftar kebutuhan anda selama sebulan. Penuhi semua anggaran kebutuhan terlebih dahulu. Kemudian anda pilih dengan cermat anggaran mana yang bisa dihemat dan mana yang tidak bisa. Dengan begitu maka anda bisa meningkatkan jumlah uang yang dapat anda sisihkan untuk ditabung.


3. Tulis Semua Sumber Pendapatan

Cara Mudah Menabung berikutnya adalah dengan cara menulis semua sumber pendapatan. Setelah anda membuat semua daftar anggaran yang diperlukan selama satu bulan, maka selanjutnya adalah menentukan berapa pendapatan perbulan anda. Anda bisa mencatat semua sumber penghasilan anda, jika lebih dari satu. Namun, jika sumber penghasilan anda hanya satu maka cukup simpel. Setelah menjumlahkan semua pendapatan perbulan anda, langkah selanjutnya adalah hitung berapa selisih antara pendapatan dengan pengeluaran anda. Jika ada sisa uang yang anda miliki maka itulah jumlah uang yang dapat anda tabung. Jika tidak dan bahkan kurang, maka yang harus anda lakukan adalah mencari sumber pendapatan baru.


4. Tingkatkan Pendapatan

Untuk meningkatkan jumlah uang yang bisa anda tabung, maka penting bagi anda untuk meningkatkan pendapatan. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan atau membuka usaha. Baik itu usaha secara offline maupun online. Saat ini ada banyak sekali usaha online yang dapat anda kerjakan seperti jualan online, membuat webiste promosi, mengikuti program affiliate dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan apa saja yang penting halal.


5. Penuhi Kebutuhan Bukan Keinginan Sesaat

Salah satu faktor kenapa orang sulit menabung uang adalah tidak mampu membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Bahkan yang lebih parah lagi, mereka cenderung memuaskan keinginan sesaat padahal hal tersebut tidak diperlukan. Misalnya setelah memiliki hp, ia ingin memiliki hp yang versi yang lebih tinggi (tentu saja harganya lebih mahal), sehingga ini membutuhkan uang untuk membeli hp baru tersebut. Secara kebutuhan sama saja, mau dia hp baru atau lama. Hal seperti ini membuat anda sulit untuk menabung. Maka dari itu, cobalah untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan anda.


6. Tabung dalam Bentuk Emas

Tips dalam Menabung yang paling cerdas adalah menabung dalam bentuk Emas atau sesuatu yang memiliki nilai jual lebih di waktu yang akan datang. Kita semua tau bahwa emas memiliki nilai intrinsik yang tetap sehingga nialai jual emas saat dibeli sebanding dengan saat dijual. Jika anda menabung dalam bentuk uang rupiah dalam jangka waktu yang lama misalnya 5 atau 10 tahun maka daya beli uang rupiah akan berbeda. Misalnya saja ketika kita memiliki uang 50 ribu pada tahung 90an tentu berbeda daya belinya dengan uang 50 ribu saat ini. Oleh karena itu, untuk menjaga nilai tersebut maka akan lebih cerdas jika anda menabung dalam bentuk tabungan emas.


7. Jangan Suka Pecah Uang Besar

Hal yang sepele dan sering dilakukan saat memecah uang besar misalnya 50 ribu menjadi uang 5, 10, atau 20 ribu hal ini membuat uang tersebut akan lebih cepat habis. Enatah kenapa, tapi ini sering terjadi. Hal ini membuat kita terkadang sulit untuk menabung. Maka dari itu, kita harus sadar dengan betul kebiasaan ini dan merubah menjadi kebiasaan baru yang lebih positif. Walaupun uang sekecil apapun cobalah untuk tetap terkontrol sesual dengan daftar anggaran yang telah anda buat.

Itulah artikel tentang 7 Tips dalam Menabung uang yang Baik di Usia Muda. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda. siapa tau mereka juga ingin menabung namun kesulitan karena belum tau tips-tips menabung. Jangan lupa juga follow blog ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "7 Tips dalam Menabung uang yang Baik di Usia Muda"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel