Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript

Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk mengolah data dan visualisai data dalam bentu grafik serta diagram. Pada saat mengolag data susu terdapat simbol derajat seperti huruf o namun berada di atas. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari kembali mengenai tips dasar miscrosoft excel. Topik kali ini yaitu bagaimana cara membuat tulisan derajat untuk menuliskan suhu di excel. Misalkan saja Anda ingin menulis nilai suhu dalam derajat celcius dan lainnya.

Pada menu microsoft word fitur untuk membuat simbol derajat adalah menggunakan superscript. Fitur tersebut dapat Anda temukan di menu home dalam grup font. Sedangkan untuk microsoft excel fitur superscript tersembunyi sehingga Anda sulit untuk menemukannya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada Anda bagaimana cara membuat simbol derajat di aplikasi microsoft excel.


Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat simbol derajat di excel. Cara pertama yaitu mengatur superscript pada menu format cell dan yang kedua menggunakan fitur equation. Ada perbedaan mendasar dari kedua cara tersebut. Jika Anda menggunakan fitur superscript maka Anda bisa menulis simbol derajat di dalam cell atau setiap kolom dan baris yang Anda inginkan.

Baca Juga: Cara Mengkuadratkan di Excel Menggunakan Rumus dan Fungsi

Sedangkan jika Anda menggunakan fitur equation maka simbol derajat berada di luar cell, artinya Anda bisa mengeser ke dalam kolom cell yang Anda inginkan. Nemun, tentu saja kedua cara ini memiliki plus dan minus masing-masing. Kembali lagi kepada Anda lebih nyaman menggunakan cara yang mana saat membuat simbol derajat di excel.


1. Cara Membuat Derajat Di Excel dengan Mengatur Superscript pada Format Cell

Cara pertama saat membuat simbol derajat adalah mengatur format cell. Pada menu format cell terdapat pilihan superscript yang berfungsi membuat sebuah teks, angkat atau karakter berada di atas seperti pangkat atau simbol derajat. Nah, bagaimana cara membuat simbol tulisan derajat dimak pembahasan lengkap berikut ini.

  1. Misalkan saja Anda ingin menulis derajat dari sebuah suhu berikut ini 135 oC. Tentu saja penulisan ini salah karena seharunya simbol derajat berada di atas.
  2. Tuliskan Anda suhu 135 oC di kolom atau cell yang Anda inginkan.
  3. Silahkan block hurus “o” yang ada pada teks 135 oC.
  4. Kemudian silahkan klik kanan pada keyboard atau mouse.
  5. Pilih Format Cells, maka akan muncul menu pengaturan format cell.
  6. Beri tanda centang pada “superscript” kemudian silahkan klik OK.
  7. Secara otomatis huruf “o” akan menjadi simbol derajat.

Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript


2. Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Fitur Equation

Untuk membuat persamaan fitur yang paling lengkap adalah fitur equation, karena fitur tersebut memang disediakan untuk menulis persamaan dan simbol matematik. Namun, di microsoft excel, saat Anda menggunakan fitur equation maka simbol derajat tidak dapat Anda masukan ke dalam cell. Melainkan hanya berada di atas cell. Walaupun demikian cara ini tetap saja Anda butuhkan dikemudian hari, maka saya tetap akan membahasnya.

  1. Langkah pertama silahkan klik menu Insert >> Pilih Equation yang ada pada grup Simbols. Maka akan muncul box tempat Anda menulis equation.
  2. Anda hanya perlu menuliskan teks berikut 135^o C, maka secara otomatis simbol derajat akan berada di atas.
  3. Atau Anda bisa masuk ke menu design kemudian pilih simbol derajat pada grup simbols.

Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Fitur Equation

Itulah artikel tentang Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Membuat Derajat Di Excel Menggunakan Superscript"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel