Pengertian Microsoft Excel Menurut Para Ahli Terbaru 2020

Pengertian Microsoft Excel Menurut Para Ahli Terbaru 2020. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa sih pengertian Microsoft Excel itu. Disini kami merangkum kumpulan pengertian microsoftr exel menurut para ahli.

Artikel ini berasal dari kumpulan jurnal yang membahasa pengertian microsoft excel. Baik jika anda penasaran mari langsung saja ke fokus pembahasan pengertian Microsoft Excel.

Teknologi merupakan salah satu alat yang sangat berkembang saat ini terutama teknologi komputer. Banyak kalangan masyarakat yang menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam menyelesaikan tugas terutama masyarakat yang bekerja di kantor maupun yang berstatus sebagai pelajar ataupun mahasiswa begitu juga dengan pendidik atau calon pendidik harus banyak tahu tentang pengetahuan komputer.

Dewasa ini, penggunaan teknologi di bidang aplikasi perkantoran sudah menjadi hal yang harus dikuasai sejak dini. Mata pelajaran dasar komputer sudah diajarkan mulai dari Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Baca Juga: Cara Instal Microsoft Office di Windows

Tetapi dalam perkembangannya, banyak ditemukan bahwa sebagian besar sekolah belum menerapkan aplikasi perkantoran dalam mengelola administrasi.

Padahal, apabila digunakan secara maksimal, banyak manfaat dan kegunaan dari aplikasi tersebut yang dapat membantu mempercepat dan mempermudah pengolahan adminitrasi.

Salah satu program aplikasi perkantoran yang saat ini berkembang seiring dengan teknologi informasi dan komunikasi adalah Microsoft office yang dapat digunakan untuk melakukan pengolahan dokumen dan administrasi.

Salah satu bagian dari Microsoft office adalah Microsoft word untuk pengolah kata dan Microsoft Excel untuk pengolah angka.

Dukungan GUI (Graphic User Interface) pada Microsoft word dan Microsoft Excel yang sederhana dan interaktif mempermudah user dalam mengoperasikan program aplikasi.

Microsoft Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan pegawai perkantoran dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Excel.

Formula atau rumus Microsoft Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran yang dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah excel, word, dan powerpoint tetapi pada hari ini kita hanya fokus membahas pengertian Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel Menurut Para Ahli Terbaru 2020


Pengertian Microsoft Excel Menurut Para Ahli Terbaru 2020

Menurut Azhar (2019), Microsoft Excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel sangat membantu pegawai perkantoran dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai dengan yang rumit dalam bidang administratif perkantoran khususnya.

Baca Juga: Cara Membuat Rumus Logika Lulus Dan Tidak Lulus Di Excel Menggunakan Fungsi IF

Microsoft Excel adalah salah satu media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk bermacammacam keperluan baik untuk didalam kegiatan belajar mengajar ataupun diluar kegiatan belajar mengajar seperti tabel, grafik, manajemen data dll.

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk Sistem Operasi Microsoft Windows dan Mac OS.

Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer di gunakan di dalam computer mikro hingga saat ini.

Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet yang paling banyak di gunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 di terbitkan pada tahun 1993.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang di intergasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013 (Jarot S, Shenia A, Sudarma S, 2012).

Microsoft Excel salah satu perangkat lunak yang mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data.

Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang.

Microsoft Excel adalah salah satu program komputer yang dapat digunakan untuk menghitung, memproyeksikan, menganalisis serta mempresentasikan suatu data.

Menurut Kusrianto (Nurhayati, 2015) “Microsoft Excel dapat dimanfaatkan untuk memvisualisasi berbagai model matematika karena Microsoft Excel memberikan fasilitas grafik yang cukup bervariasi”.

Salah satu fungsi VBA Microsoft Excel yaitu dapat membuat suatu aplikasi khususnya aplikasi untuk pembelajaran matematika. Konsep-konsep matematika dapat divisualisasikan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Kemudian menurut Arifin & Nuroso (2011), “Bahasa makro Microsoft Excel (VBA) memberikan fasilitas bagi pengguna untuk menyusun program-program aplikasi yang lebih kompeks seperti layaknya menyusun program komputer dengan menggunakan bahasa-bahasa pemrograman.”

Sehingga pembelajaran matematika dengan menggunakan Microsoft Excel dan Visual Basic for Aplication dapat memudahkan siswa dalam penerapan konsep matematika, sehingga dapat meningkatkan kemampuan generalisasi matematik dan selfconcept siswa.


Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS (Suyanto, 2015).

Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.

Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

Menurut Wira (2008) Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program.

Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masihbanyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka.

Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Pengolahan database sederhana juga dimungkinkan dalam aplikasi Microsoft Excel.

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel


Kelebihan Microsoft Excel


  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet.
  2. Microsoft Excel mempunyai format yang paling populer dan fleksibel, jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.


Kekurangan Microsoft Excel


  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.


Baca Juga: Cara Buat Stempel Otomatis Di Microsoft Excel Dengan Mudah Dan Kualitas Bagus

Itulah artikel tentang Pengertian Microsoft Excel Menurut Para Ahli Terbaru 2020. Semoga artikel yang membahas pengertian Microsoft Excel serta kelebihan dan kekurangannya dapat membantu. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda agar mereka juga tahu apa itu pengertian Microsoft Excel dan apa saja kelebihan serta kekurangannnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Pengertian Microsoft Excel Menurut Para Ahli Terbaru 2020"

Post a comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel