Cara Membuat Rumus Matematika di Excel dengan Mudah

Cara Membuat Rumus Matematika di Excel dengan Mudah. Membuat rumus atau persamaan di microsoft excel terbilang sangat mudah, karena excel telah menyediakan fitur khusu untuk anda menulis rumus menjadi gampang. Fitur equation adalah fitur yang dapat anda gunakan untuk mengetik rumus atau persamaan matematika di excel. Karena anda tidak dapat menulis persamaan matematika di kolom dan baris atau cells.

Menulis Rumus Matematika di Excel tentu saja tidak dapat langsung anda mengetik seperti biasanya, karena tulisan yang anda ketik akan menjadi teks biasa bukan persamaan. Misalkan saja anda ingin menulis rumus akar persamaan kuadrat (rumua abc) tentu anda tidak bisa menulis akar di dalam cell dan per di dalam cell. Maka dari itu anda perlu menggunakan fitur equation. Dengan fitur ini maka rumus matematika apa saja yang ingin anda tulis bisa semua.


Cara Membuat Rumus Matematika di Excel dengan Mudah

Jika yang anda maksudkan dengan Cara Membuat Rumus Matematika di Excel adalah bagaimana cara menulis persamaan di excel seperti pada gambar di bawah ini? maka artikel ini tepat untuk anda. Namun, jika anda maksud adalah mengolah data menggunakan rumus matematika di excel maka silahkan langsung lompati bagian ini.

Cara Membuat Rumus Matematika di Excel

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda ikuti ketika ingin membuat rumus matematika di excel.

  1. Langkah pertama silahkan anda buka aplikasi microsoft excel, kemuidan buat lembar kerja. Atau langsung saja buka file excel anda.
  2. Langkah selanjutnya, silahkan anda klik menu Insert.
  3. Setelah itu klik Insert Equation yang berada pada grup Symbols. Maka akan muncul kolom dialog untuk menulis rumus matematika.
  4. Silahkan anda menulis rumus dan persamaan matematika yang anda inginkan.
  5. Untuk menulis pangkat agar lebih cepat maka gunakan operator "^", misalkan anda ingin menulis x pangkat 2 maka silahkan tulis x^2 kemudian enter atau spasi, secara otomatis angka dua akan berada di atas atau superscript.
  6. Untuk menulis per maka silahkan gunakan operator bagi "/", misalkan anda ingin menulis x/y maka secara otomatis persamaan tersebut akan menjadi bagus.
  7. Selain menggunakan operator tersebut anda juga bisa menggunakan semua fitur yang ada pada menu desain equation yang akan muncul setelah anda klik menu equation.
  8. Ada banyak fungsi matematik yang dapat anda gunakan seperti limit, logaritma, pangkat, vektor, suhu dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Rumus Matematika di Excel dengan Mudah

Itulah langkah-langkah dalam menulis persamaan atau rumus matematika di excel. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini.


Membuat Rumus Matematika di Excel

Jika anda ingin mengolah data di excel maka anda harus tau apa saja fungsi atau rumus matematika di excel untuk mengolah data. Dalam proses pengolahan data sederhana maka anda hanya perlu mengetahui sintak atau fungsi-fungsi dasar matematika di excel. Simak pembahasan lengkap berikut ini.

  1. Operator operasi matematika sederhana di excel adalah + (untuk penjumlahan); - (untuk pengurangan); * (untuk perkalian) dan / (untuk pembagian).
  2. SUM(DataAwal:DataAkhir) berfungsi untuk menjumlahkan data dari awal hingga akhir sekaligus. Misalnya dara awal ada di cell A1 dan data akhir ada di cell A10 maka anda bisa menjumlahkan seluruh data dengan rumus SUM(A1:A10).
  3. POWER(nilai,pangkat) rumus ini untuk menulis perpangkatan. Misalkan anda ingin mencari nilai 15 pangkat 20 maka anda bisa menggunakan rumus POWER(15,20). Atau anda juga bisa menggunakan operator "^" untuk menulis pangkat. Contohnya 15^20, artinya 15 dipangkatkan 20.
  4. sqrt(nilai) rumus ini berfungsi untuk mencari akar dari nilai tertentu. Misalkan anda ingin mengetahui akar dari nilai 123, maka anda bisa menulis rumus sqrt(123).

Baca Juga: Cara Membuat Rumus Logika Lulus Dan Tidak Lulus Di Excel Menggunakan Fungsi IF

Catatan: ketika anda ingin menulis rumus di excel maka pastikan anda menulis tanda sama dengan (=) sebelum menulis rumus. Misalkan anda ingin mengetahui nilai dari akar 256 maka anda harus menulis rumus di excel dengan sintak =sqrt(256).

Semua rumus di atas adalah rumus yang dapat anda manfaatkan untuk menghitung persamaan matematika di excel secara sederhana. Anda bisa mengembangkan rumus ini untuk menyelesaikan persamaan matematika yang lebih kompleks.

Itulah artikel tentang Cara Membuat Rumus Matematika di Excel dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Membuat Rumus Matematika di Excel dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel