Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat

Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat. Saat anda mempelajari ilmu matematika, maka untuk mencari nilai rata-rata dari sebuah data dengan acara mengjumlahkan seluruh data tersebut kemuidan dibagi dengan banyaknya data. Jika anda menghitung menggunakan kalkulator temtu saja akan sangat melelahkan saat menjumlahan banyak data.

Apalagi jika anda memiliki ratusan bahakan ribuan data. Berbeda jika anda menghitung rata-rata menggunakan microsoft excel. Anda hanya perlu menulis satu rumus saja maka anda bisa mendapatkan nilai rata-rata dari data tersebut. Selain menghitung nilai rata-rata sebuah data anda juga dapat mengurutkan data tersebut untuk mengetahui berepa nilai minimum dan maksimum dari data tersebut.

Bagi sebagain orang menghitung nilai rata-rata di excel sangat mudah. Namun, bagi anda yang belum mengetahuinya maka akan menjadi sulit, apalagi jika anda baru pertama kali mengoperasikan microsoft excel dan baru mempelajari dasar-dasar excel. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tuntas mengenai bagaiaman cara menghitung nilai rata-rata sebuah data di microsoft excel. Untuk tidak meperpanjang kata simak pembahasan lengkapnya berikut ini.


Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat

Untuk menghitung nilai rata-rata sebuah data di excel maka anda bisa menggunakan dua cara, yaitu menggunakan rumus matematika pada umumnya dan menggunakan fungsi khusus dari excel. Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan kedua cara tersebut. Walaupun pada dasarnya menggunakan fungsi khusu excel adalah yang paling cepat dan mudah. Namun, ada baiknya anda mengetahui kedua cara tersebut. Karena semakin banyak cara yang anda ketahui maka akan semakin bagus. Bagaimana caranya maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.


Menghitung Nilai Rata-rata Menggunakan Rumus Matematika

Untuk mencari nilai rata-rata di excel maka anda bisa menggunakan rumus rata-rata pada umunya, yaitu menjumlahkan seluruh data tersebut kemudian dibagi dengan banyaknya data. Untuk menjumlahakan seluruh data di excel anda bisa menggunakan rumus atau fungsi SUM(data).

Misalkan data pertama anda berada di A1 dan data terakhir ada di A10 maka anda bisa menjumlahkan seluruh data dari A1 sampai A10 di excel menggunakan rumus =SUM(A1:A10). Tanda titik dua dianatara kedua cell menandakan anda menjumlahkan data dari A1 sampai A10.

Maka untuk mendapatkan nilai rata-rata di excel maka anda bisa menggunakan rumus berikut ini:

=SUM(A1:A10)/n

dimana n adalah banyaknya data. Misalkan data anda ada 10 maka n = 10. Rumusnya menadi =SUM(A1:A10)/10.

Tentu saja akan sangat mudah mengetahui banyaknya data jika jumlah data sedikit. Namun, jika jumlah datanya sangat banyak hingga ribuan data, tentu akan sangat repot mengetahui banyak data tersebut secara pasti. Untuk memudahkan maka anda bisa menggunakan fungsi COUNT di excel.

COUNT adalah rumus yang digunakan untuk mengetahui banyaknya data. Misalkan anda ingin mengetahui banyaknya data dari A1 sampai A10 maka anda bisa menggunakan rumus COUNT(A1:A10). Dengan begitu maka anda bisa mengetahui banyaknya data. Maka rumus rata-rata di excel menjadi:

=SUM(A1:A10) / COUNT(A1:A10)

Untuk lebih jelasnya anda bisa perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Menghitung Rata2 di Excel

Untuk mengetahui cara menjumlahkan data di excel dengan mudah, maka anda bisa membaca artikel saya sebelunya tentang: Rumus Penjumlahan di Excel serta Pengurangan, Perkalian dan Pembagian


Menghitung Rumus Rata-rata menggunakan Rumus Excel

Selain menggunakan rumus diatas, sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk mengetahui nilai rata-rata dari sebuah data. Microsoft Excel menyediakan fungsi khusus untuk menghitung rata-rata dengab mudah dan cepat. Fungsi tersebut adalah AVERAGE atau dalam bahasa Indonesia yang berarti rata-rata adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata sebuah data dengan cepat. Nah, bagaimana cara menggunakan fungsi AVERAGE? Simak pembahasannya berikut ini.

  1. Misalkan anda memiliki kumpulan data dari A1 hingga A10 seperti pada gambar diatas.
  2. Gunakan Rumus =AVERAGE(data).
  3. Karena datanya berada pada kolom A1 hingga A10 maka anda bisa mengetahui rata-rata data tersebut dengan rumus =AVERAGE(A1:A10).
  4. Setelah menulis rumus tersebut silahkan klik enter, maka secara otomatis nilai rata-rata dari data tersebut akan diketahui.

Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat

Dapat anda perhatikan bahwa kedua cara diatas menunjukan nilai rata-rata yang sama. Namun, cara kedua hanya dengan rumus singkat anda sudah bisa mengetahui berapa nilai rata-rata data tersebut di excel. Nah, sekarang tinggal giliran anda ingin menggunakan rumus yang mana, sama saja.

Begitulah cara mengetahui nilai rata2 menggunakan fungsi AVERAGE. Mudah bukan? Jika anda masih belum memahami apa yang saya sampaikan maka silahkan tulis pertanyaan anda dikolom komentar. Saya akan berusaha menjawab pertanyaan anda.

Baca Juga: Cara Mengunci Rumus di Excel Agar Tidak Bisa di Edit

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menghitung Rata2 di Excel dengan Rumus Cepat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel