Cara Menghitung Diskon di Excel dari Total Harga

Cara Menghitung Diskon di Excel dari Total Harga. Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang tepat untuk anda gunakan dalam mengolah data diskon harga dari sebuah produk. Misalkan saja anda mendapatkan tugas mengenai cara menghitung potongan harga diskon dari sebuah laptop. Jika harga asli laptop adalah Rp. 6.500.000 dan mendapatkan diskon 15% maka berapa besar harga setelah di diskon. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara lengkap.

Kenapa penting mengetahui cara menghitung harga diskon? Karena dizaman modern seperti saat ini banyak sekali produk atau barang-barang dijual dengan diskon tertentu. Atau anda ingin menjual produk dengan teknik diskon maka anda bisa menggunakan excel untuk memudahkan ada. Ya, teknik diskon harga merupakan salah satu teknik dalam marketing. Oleh karena itu, informasi seperti ini penting sekali untuk anda ketahui. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya, maka simak pembahasannya berikut ini.

Cara Menghitung Diskon di Excel dari Total Harga


Cara Menghitung Diskon di Excel dari Total Harga

Pada beberapa produk yang dijual baik offline maupun online terdapat diskon harga yang membuat anda tertarik. Jika sebuah produk sedang di diskon sebesar 15% maka berapa harga diskon yang harus anda jual. Disini saya akan memberikan cara sederhana dalam menghitung diskon di excel. Mungkin ini terbilang sangat sederhana, namun jika anda memahaminya maka anda bisa mengembangkan informasi ini untuk menghitung diskon dari sebuah produk.


Menghitung Harga Diskon Sebuah Produk

Berikut ini akan saya lampirkan langkah demi langkah dalam menghuitung besar diskon dan berapa harga diskon dari sebuah barang atau produk.

  1. Langkah pertama adalah silahkan buat tabel data Nama Produk, Harga Asli, Diskon, Besar Diskon, dan Harga Diskon.
  2. Cara agar angka di excel bertuliskan dalam rupiah atau Rp, silahkan anda pilih cell yang ingin di ubah. Kemudian klik kanan dan pilih format cells.
  3. Pada format cell pilih Number >> Currency >>Rp Indonesia >> Set Decimal Places ke 0 dan klik OK atau anda bisa perhatikan gambar dibawah ini. 

Cara agar angka di excel bertuliskan dalam rupiah atau Rp

Untuk mengubah angka menjadi persen caranya sama seperti diatas, namun pada Format Cells >> Number >> Pilih Percentage dan set decimal ke 0.

Selanjutnya untuk menghitung Besar Diskon dari sebuah produk maka anda bisa kalikan Harga Asli dengan Diskon. Misalkan harga asli laptop adalah Rp. 6.500.000 dan besar diskon 15% maka silahkan kalikan 6.500.000*15%. Contoh pada data excel di atasBesar Diskon laptop bisa diperoleh dengan rumus =D4*E4. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Besar Diskon

Harga Diskon adalah Harga Asli dikurangi dengan harga diskon (potongan harga). Maka rumus excel pada data yang sudah saya buat diatas adalah =D4-F4 karena D4 adalah data Harga Asli dan F4 adalah data Harga Diskon (Potingan harga).

Harga Diskon adalah Harga Asli dikurangi dengan harga diskon (potongan harga)


Bagitulah cara kita menghitung harga diskon dari sebuah produk. Bagaimana, Mudah bukan? Nah, dengan informasi yang saya bagikan maka anda dengan mudah menghitung harga diskon menggunakan Microsoft Excel.

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Diskon di Excel dari Total Harga. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menghitung Diskon di Excel dari Total Harga"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel