Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah

Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah. Convert Jam ke Menit mapun Detik di Microsoft Excel terbilang sangat mudah. Karena Excel telah menyediakan sintaks atau fungsi yang dapat anda gunakan untuk membedakan jam, menit dan detik. Sehingga anda bisa mengubah dari jam ke menit dan detik.

Untuk mengkonversi dari jam ke menit maka kita perlu mengalikan satuan jam dengan 60 menit. Sedangkan jika kita ingin mengkonversi dari jam ke detik maka kita perlu mengalikasi satuan jam dengan 3600 detik dan satuan menit dengan 60 detik. Karena kita tau bahwa nilai satu jam setara dengan 60 menit dan 3600 detik.

Mengubah satuan Jam ke Menit dan Detik di excel sangat penting untuk diketahui. Karena anda bisa mengolah banyak data dengan cepat. Kita tau bahwa excel adalah salah satu aplikasi pengolah data terbaik, yang memiliki banyak fitur dan fungsi matematik untuk memudahkan dalam proses pengolahan data. Mengolah ribuan data di excel memang sangat mudah. Anda hanya perlu menulisa satu rumus dan menarik rumus tersebut ke cell bagian bawah maka semua data dapat diperoses menggunakan rumus tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya kembali meluangkan waktu untuk anda dalam rangka menjelaskan dasar-dasar penggunaan microsoft excel. Topik kali ini yaitu bagaimana cara mengconversi dari Jam ke Menit di Excel. Selain itu kita juga akan mengconversi dari jam ke detik. Dibawah telah saya jelaskan apa saja rumus yang bisa anda gunakan saat mengolah data jam, sintak penulisan jam dan rumus konversi jam. Nah, jika anda penasaran bagaimana caranya maka simak pembahasan berikut ini.

Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah


Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah

Untuk mengelola data jam, menit dan detik di microsoft excel maka penting bagi anda untuk mengetahui sintak separasi variabel jam, menit dan detik terlebih dahulu. Misalkan anda ingin mengambil nilai jam saja maka anda bisa menggunakan rumus =HOUR(7:30)&" Jam" maka secara otomatis anda akan memperoleh data 7 untuk jam. Begitu juga ketika anda ingin mengambil data menit dan detik di excel. Namun, pertanyaannya adalah bagaimana cara mengubah dari jam ke menit dan detik di excel. Untuk mengetauinya anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan anda tuliskan data jam di excel. Sebagai contoh saya menyiapkan data berikut ini.

Cara Convert Jam ke Menit di Excel

  1. Misalkan data Jam yang ingin di conversi ke menit dan detik terdapat pada kolom D2 maka anda bisa menggunakan rumus di bawah ini.
  2. Gunakan Rumus =HOUR(D2)*60+MINUTE(D2)&" Menit" untuk merubah dari Jam ke Menit.
  3. Gunakan Rumus =HOUR(D2)*3600+MINUTE(D2)*60+SECOND(D2)&" Detik" untuk merubah dari Jam ke Detik.

Dengan rumus pada langkah 3 maka anda bisa mengubah nilai jam ke menit hanya dengan satu klik. Kemudian anda bisa menarik rumus tersebut ke data yang dibawahnya agar memperoleh hasil conversi jam ke menit. Langkah ke 4, yaitu rumus untuk convert jam ke detik. Dengan satu rumus tersebut maka anda bisa mengubah semua data jam ke detik dengan mudah. Cara ini mungkin terbilang sangat sepele, namun jika anda baru pertama atau masih pemula maka informasi ini sangat diperlukan. Mungkin ketika anda mengconvert ratusan data jam ke menit menggunakan kalkulator akan lama, namun menggunkan exce hanya beberapa menit saja.

Baca Juga: Cara Coret Tulisan di Excel menggunakan Strikethrought

Itulah artikel tentang Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar microsoft excel, silahkan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman Anda, agar mereka juga mengetahui dasar-dasar menggunakan microsoft excel untuk pemula. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "Cara Menghitung Jam ke Menit di Excel dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel