7 Manfaat Senam Lansia untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

7 Manfaat Senam Lansia untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar. Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh pada lansia. Meskipun demikian, pada kenyataanya seiring dengan bertambahnya usia lansia maka akan semakin banyak waktu yang digunakan untuk duduk saja. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa manfaat dari senam lansia.


7 Manfaat Senam Lansia untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar

Beberapa manfaat dari senam lansia

Senam lansia merupakan salah satu olahraga yang mudah dan ringan untuk dilakukan dilakukan oleh orang tua usia lanjut. Jenis olahraga ini dapat membantu tubuh agara rerap sehat dan bugas, karena senam lansia dapat melatih tulang agar tetap kuat, melatih kerja jantung agar dapat bekerja optimal serta mampu membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Selain dari itu, masih banyak lagi manfaat lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari senam lansia.


1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Salah satu manfaat senam bagi lansia adalah menjaga kesehatan kardiovaskular sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Dengan tetap melakukan aktivitas senam secara rutin, maka dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 35% pada lansia. Jika sering duduk tanpa melakukan aktivitas apapun maka dapat mengakibatkan kondisi kardiovaskular menjadi tidak baik sehingga dapat mengakibatkan resiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, senam adalah salah satu olehraga yang tepat untuk lansia agar terhindar dari penyakit tersebut.


2.  Mengurangi Kecemasan dan Depresi

Banyak orang tua (lansia) akan mungkin mengalami penurunan sosial, penyakit atau penurunan fungsi organ yang mana dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental. Senam menjadi olehraga yang sangat bermanfaat bagi lansia. Berdasarkan penelitian, senam lansia memiliki manfaat kognitif dan berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa senam bagi lansia dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk melakukan aktivitas senam saat di usia tua.


3. Meningkatkan Fleksibilitas

Nyeri osteoartritis merupakan masalah yang sering dijumpai bagi orang tua (lansia), ditandai dengan persendian dan otot yang menjadi kaku serta tidak leluasa bergerak. Sementara rejimen olahraga tidak dapat mengembalikan semua keluasan gerak sendi akibat penambahan usia, mempertahankan aktivitas tubuh agar tetap melakukan gerakan pada otot dan sendi sangat penting untuk mengurangi masalah ketidaknyamanan persendian dan otot. Gerakan yang tepat untuk lansia dapat dilakukan dengan melakukan aktivitas senam lansia.


4. Meningkatkan Stamina

Ketika kita tidak sering berolahraga maka akan dapat mengakibatkan terjadinya hilangnya massa otot dan mengakibatkan tubuh kekurangan stamina atau menjadi lemas. Resiko ini akan lebih besar terjadi pada usia lanjut. Karena pada usia tersebut banyak kerja otot dan organ akan mengalami penurunan fungsi. Untuk menjaga semua fungsi tersebut maka dapat dilakukan dengan tetap berolahraga. Bagi lansia, senam menjadi pilihat yang tepat dan mungkin untuk dilakukan. Selain mempertahankan kerja otot juga mampu meningkatkan stamina tubuh untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari.


5. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Banyak orang pada usia lanjut (lansia) akan menderita kondisi yang disebut osteoporosis, di mana tulang melemah dan menjadi lebih rentan terhadap patah tulang. Melakukan latihan senam secara teratur terbukti dapat menjaga kekuatan tulang. Selain itu, dengan tetap minum susu Anlene mampu meningkatkan kepadatan dan massa tulang.


6. Membantu Menjaga Koordinasi Gerak Tubuh di Usia Lanjut

Jatuh adalah risiko yang signifikan ketika orang kehilangan fleksibilitas, kekuatan dan koordinasi gerak tubuh. Faktor risiko lain mungkin juga termasuk penyakit atau kecacatan. Olahraga senam lansia dapat mengurangi risiko jatuh, cedera, dan kemungkinan lainnya.


7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup telah terbukti meningkatkan kondisi kesehatan fisik dan mental oleh yang sangat penting untuk kesehatan emosional. Penelitian menunjukkan bahwa dengan berolahraga seperti latihan aerobik, latihan ketahanan, dan yoga atau senam mempu meningkatkan kualitas tidur sehingga tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan tubuh yang bugas. Oleh karena itu maka penting bagi orang tua usia lanjut untuk tetap melakukan aktivitas olahraga atau bergerak, seperti melakukan senam lansia guna meningkatkan kualitas tidur dan kebugaran tubuh.

Untuk mendukung semua manfaat diatas makan penting bagi kita untuk memperhatikan asupatan nutrisi dan mineral bagi tubuh. Terutama nutrisi dan mineral yang bagus untuk menjaga massa atau kepadatan dan kekuatan pada tulang. Untuk menjaga kesehatan otot, tulang dan sendi, anda bisa percayakan kepada anlene. Anlene adalah susu yang Tinggi Kalsium, Kolagen, Protein PLUS Tinggi Serat, Sumber Kalium dan Tanpa Penambahan Gula. Sehingga sangat cocok untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang, otot serta sendi. Hal ini tentu menjadi kombinasi yang pas setelah melakukan senam lansia dilanjutkan dengan minum susu anlene. Untuk informasi lebih lanjut silahkan anda kunjungi website resminya Anlene.com

Itulah 7 Manfaat Senam Lansia untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini agar lebih banyak orang yang mengatahui beberapa manfaat dari senam lansia. Dengan begitu maka makin banyak orang yang memperhatikan hal tersebut sebagai sesuatu yang penting. Mungkin itu saja pembahasan kali ini akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

0 Response to "7 Manfaat Senam Lansia untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Bugar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai judul artikel serta NO "SPAM"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel