Cara Membuka / Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Membuka / Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi. RAR dan ZIP adalah sebuah program yang dibuat untuk mengkompresi sebuah file menjadi satu dengan ukurang file yang relatif lebih kecil. Ketika beberapa file dikompres menggunakan RAR atau ZIP maka ukuran file cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ukuran total dari seluruh file tanpa dikompres.

Untuk mengkompres beberapa file menjadi satu file rar atau zip, kita membutuhkan aplikasi WinRar. WinRar adalah salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengkompresi file menjadi file dengan ekstensi rar ataupun zip. Aplikasi ini dapat anda download dengan mudah di search engine seperti google. Untuk proses instal aplikasi ini juga sangat mudah, anda hanya tinggal double klik pada aplikasi WinRar.exe kemudian klik next dan tunggu hingga proses instal selesai.

Ketika kumpulan file dikompresi atau digabung menjadi satu menjadi file dengan ekstensi RAR / ZIP maka kita membutuhkan aplikasi pembaca atau pembuka file tersebut. Seperti yang telah saya sebutkan diatas. Aplikasi WinRar bukan saja digunakan untuk membuat kumpulan file menjadi satu file RAR atau ZIP, akan tetapi aplikasi itu juga digunakan untuk membuka dan mengekstrak kembali file rar atau zip sehingga dapat diakses.

Namun pertanyaannya adalah bagaimana cara membuka file RAR di Android tanpa aplikasi. Tentu saja ini bukanlah hal yang mustahil. Karena seiring dengan perkembangan zaman banyak orang yang mengembangkan solusi membuka file rar dan zip tanpa perlu menginstal aplikasi WinRar atau sejenisnya baik di hp android maupun laptop.


Cara Membuka / Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi

Cara membuka file rar tanpa aplikasi dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk cara offline bergantung pada hp android anda. Apakah hp tersebut telah dilengkapi dengan program dasar pembuka file zip dan rar atau tidak. Jika tidak maka cara offline tidak dapat dilakukan di hp anda. Lantas bagaimana cara untuk mengekstrak file rar dan zip tanpa aplikasi? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasinya kepada anda.


1. Ekstrak File RAR dan ZIP menggunakan Aplikasi RAR

Walaupun judul dari artikel ini adalah ekstrak file rar atau zip tanpa menggunakan aplikasi. Namun, saya ingin merekomendasikan cara pertama ini kepada anda. Yaitu ekstrak file RAR atau ZIP menggunakan Aplikasi RAR di play store. Cara ini mudah, gambang, simpel, anti ribet, tidak menghabiskan kuota internet, cepat dan masih banyak lagi keungglan-nya. Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan cara ini kepada anda.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi google play store.
  2. Ketik pada kolom pencarian, yaitu RAR.
  3. Download dan instal aplikasi RAR tersebut.
  4. Jika aplikasi telah terinstal silahkan buka aplikasi RAR tersebut, maka akan tampil semua folder yang ada pada hp android anda.
  5. Cari file RAR atau ZIP yang ingin anda ekstrak.
  6. Beri tanda centang pada file tersebut kemudian klik Icon Ekstrak Berkas yang ada pada bagian kanan atas aplikasi dengan icon kotak dan anak panah kearah atas.
  7. Klik jelajahi jika ingin menyimpan hasil ekstrak di folder yang anda inginkan. Jika anda tidak memilih maka file hasil ekstrak akan di ekstrak pada folder tempat file RAR atau ZIP berada.
  8. Setelah itu, silahkan klik OK dan tunggu hingga proses ekstrak selesai.
  9. Untuk mencari file yang telah diekstrak. Silahkan anda cari pada folder tempat file RAR atau ZIP berada.
  10. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah.

Cara Membuka / Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi


2. Menggunakan Program Dasar Pembuka File RAR dan ZIP di HP Android

Seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa cara ini hanya dapat dilakukan jika hp android yang anda miliki memiliki program dasar pembuka file RAR dan ZIP. Jika hp anda tidak memiliki program pembuka file tersebut maka anda harus menuju ke cara tiga yaitu mengekstrak file secara online.

  1. Catatan: Saat ini saya menggunakan hp realme narzo 50a. Nah, jika anda menggunakan hp lainnya silahkan disesuaikan saja.
  2. Langkah pertama silahkan pilih file RAR atau ZIP yang ingin anda ekstrak. Caranya dengan klik tahan pada file tersebut.
  3. Kemudian akan muncul menu share, salin, pindakan, hapus atau lainnya. Silahkan klik menu lainnya atau icon titik tiga. Selanjutnya ada banyak pilihan yang bisa anda pilih, salah satunya adalah "Ekstrak File atau Unzip".
  4. Klik Ekstrak File atau Unzip tersebut dan pilih ekstrak ke folder saat ini.
  5. Klik OK dan tunggu hingga proses ekstrak selesai.
  6. File hasil ekstrak tersebut ada pada file dimana file zip berada. File tersebut nantinya berupa folder dengan nama yang sesuai dengan nama file zip yang anda ekstrak. Didalam file tersebut ada kumpulan file yang telah dizipkan sebelumnya.


3. Cara Membuka file RAR dan ZIP Tanpa Aplikasi (Online)

Cara membuka file RAR di Android tanpa aplikasi adalah dengan memanfaatkan website ekstrak online. Ada banyak sekali website yang menyediakan layanan ekstrak file zip atau rar. Namun tidak semua website memberikan hasil yang memuaskan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi salah satu website yang dapat anda gunakan untuk ekstrak file zip atau rar.

Info Penting: Pada dasarnya ekstrak file di hp android akan lebih mudah dan simpel ketika anda download dan instal aplikasi RAR. Aplikasi ini bisa anda download dengan mudah di google play store. Karena menurut saya pribadi ini adalah cara terbaik. Aplikasi ini juga tidak terlalu besar, jadi tidak ada salahnya untuk diinstal. Namun, jika anda masih tetap ingin ekstrak file RAR dan ZIP di Android tanpa aplikasi maka anda harus gunakan cara kedua, yaitu cara online. 

Kekurangan ekstrak file secara online adalah menghabiskan paket internet yang banyak. Terlebih lagi jika anda ingin ekstrak file dengan ukuran 1 hingga puluhan GB. Anda harus upload file rar atau zip tersebut, kemudian mendownloadnya lagi setelah diekstrak. Artinya kuota internet anda akan habis hingga dua kali lipat ukuran file. Kelebihannya adalah jika hp android anda sudah tidak dapat lagi instal aplikasi karena memori yang sudah penuh, maka solusinya adalah ekstrak secara online.

  1. Langkah pertama silahkan kunjungi website Archive Extractor atau anda bisa mengunjungi melalui link https://extract.me/
  2. Klik Choose File dan cari file yang ingin anda ekstrak.
  3. Tunggu hingga proses ekstrak selesai.
  4. Terakhir download file hasil ekstrak tersebut.

Itulah artikel tentang Cara Membuka / Ekstrak File RAR dan ZIP di Android dan Laptop Tanpa Aplikasi. Semoga apa yang saya bahas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman anda, siapa tau mereka juga belum tau bagaiman cara membuka file rar tanpa aplikasi. Dengan anda berbagi informasi tentu akan mempermudah mereka dalam ekstrak file zip dan rar, baik di laptop maupun hp android dan lainnya. Jangan lupa untuk follow blog kami untuk mendapatkan informasi lengkap seputar dunia teknologi dan pendidikan. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel