Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Solusinya

Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Solusinya. Memori internal adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah handphone. Bagaimana tidak, di memori tersebutlah semua file program dan sistem android disimpan. Misalnya OS dari handphone Android akan terinstall langsung di memori internal, selain itu semua program juga terinstall di sana.

Sehingga baik itu OS Android dan segala aplikasi yang diinstal akan memakan ruang pada memori internal. Tidak saja sistem aplikasi dasar, akan tetapi historis dari setiap aplikasi saat anda buka dan menjalankan juga menyita ruang. Sehingga penting bagi anda untuk membeli handphone dengan kapasitas memori internal yang besar.

Seiring berjalannya waktu kita tidak menyadari bahwa memori internal mulai mencapai kapasitasnya. Sehingga hp menjadi lemot dan berat saat dijalankan. Dan parahnya juga anda tidak dapat lagi menginstal aplikasi lainnya karena memori yang penuh. Mungkin anda tidak heran jika memori internal penuh karena terlalu banyak menginstal aplikasi yang besar, seperti game-game online PUBG, Mobil Legends dan game lainnya. Akan tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah kenapa memori internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit, bahkan hanya beberapa aplikasi yang menurut anda tidak memakan banyak memori.

Di artikel kali ini saya akan coba membahas tentang masalah memori internal yang cepat penuh dan bagaimana solusinya. Saya mencoba untuk berbagai informasi berdasarkan pengalaman yang pernah saya temukan saat masih menggunakan hp asus Zenfone 4 max dulu. Saya heran kenapa sih memori hp saya cepat sekali penuhnya. Akhirnya saya temukan jawabannya, apa itu? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.


6 Alasan Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Solusinya

Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Solusinya

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi sebuah memori internal handphone dapat cepat penuh padahal baru install beberapa aplikasi saja. Terlepas dari kapasitas memori internal handphone anda yang memang terbilang kecil. Jika memang kapasitas memori internal handphone anda kecil, ya saya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi. Karena hal itu wajar. Okeh, kita anggap sekarang kapasitas memori internal anda besar misalnya 64 GB atau 128 GB.


1. Menginstal Aplikasi Berat

Penyebab utama yang tidak dapat kita pungkiri bahwa memori internal dapat cepat penuh adalah menginstal aplikasi yang besar. Misalnya saja seperti game yang program install aplikasi dasar saja memakan memori hingga 1 - 2 GB, bahkan bisa lebih dari itu. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut terus melakukan update. Maka otomatis game tersebut akan memakan lebih banyak memori. Selain itu, ketika anda memainkan game maka game akan menyimpan cache dan data permainan. Hal inilah yang membuat sebuah handphone bisa cepat penuh tanpa anda sadari. Bagaimana jika anda tidak menginstal game-game berat atau aplikasi berat lainnya. Maka hal itu disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Mau tau apa faktornya, lanjutkan ke penyebab kedua memori internal bisa cepat penuh.


2. Disebabkan Oleh Data dan Cache Aplikasi

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa data dan cache aplikasi adalah salah satu penyebab terbesar sebuah handphone bisa cepat penuh. Hal ini pernah saya alami saat menggunakan salah satu aplikasi pembuka file PDF. Tanpa disadari bahwa aplikasi tersebut telah menyita banyak sekali memori internal. Saat itu, aplikasi pdf reader yang saya gunakan memakan ruang penyimpanan data hingga 5 GB. Saya sempat tidak percaya dan bertanya-tanya apa penyebabnya. Setelah saya berpikir dan mulai mencari segala macam memungkinkan. Hal yang paling mungkin adalah disebabkan oleh historis dari pdf tersebut yang terus menerus menyimpan data dan cache setiap kali membuka file pdf. Jadi, setiap file pdf akan membuat data dan cache aplikasi akan semakin besar.

Nah, lama kelamaan tanpa disadari aplikasi tersebut memakan memori penyimpanan hingga 5 GB tersebut. Oleh karena itu, saya menyarankan kepada anda untuk mengecek penggunaan data dan cache dari setiap aplikasi yang terinstall di hp anda. Terutama aplikasi pembuka file PDF yang anda gunakan. Nah, jika aplikasi tersebut memakan banyak memori maka silahkan anda cukup menghapus datanya saja tanpa perlu menghapus aplikasi tersebut. Namun perlu anda ketahui bahwa menghapus data aplikasi pembuka pdf tidak membuat file pdf anda terhapus. Namun, anda juga tetap harus memastikan bahwa penghapusan data tidak menghilangkan data yang tersimpan didalam aplikasi tersebut. Misalnya saja data game. Karena menghapus data dan cache membuat anda seperti baru menginstal aplikasi tersebut kembali.


3. File Foto Yang Sudah Banyak

Mungkin anda tidak pernah menyangka bahwa foto adalah salah satu penyebab krusial dari penuhnya memori internal hp anda. Hal ini diperparah lagi bagi anda yang sangat suka mengabaikan segala sesuatu di setiap momen. Karena dalam satu momen saja bisa mengambil puluhan hingga ratusan foto. Untuk sekali foto paling minimal ukuran file foto hp saat ini adalah 1 MB. Nah, coba anda bayangkan jika anda foto puluhan kali hingga ratusan kali. Tentu dalam satu momen anda bisa menghabiskan kapasitas memori hingga ratusan MB. Diperparah lagi jika kualitas hp anda bagus, biasanya ukuran sekali foto bisa mencapai 2 - 3 MB.

Tentu menjadi 2 hingga 3 kali lipat memakan ruang penyimpanan. Bagaimana jika anda memiliki ribuan foto, tentu saja memori internal anda akan banyak digunakan. Sehingga tanpa disadari memori internal hp anda penuh. Solusi nya adalah anda harus menghapus beberapa file foto yang menurut anda tidak perlu atau duplikat foto. Namun terkadang memilih dan menghapus foto dari ribuan foto akan melelahkan. Maka solusi tercepat adalah dengan cut semua file foto tersebut ke laptop atau flashdisk anda.


4. Aplikasi YouTube Bagi yang Suka Pake Fitur Download

Kita semua tahu bahwa aplikasi yang memiliki fitur download untuk anda bisa tonton saat offline. Video yang anda download ini akan disimpan maksimal 30 hari sejak didownload. Setelah itu, video akan terhapus otomatis. Apakah anda tau bahwa fitur download video tersebut memerlukan ruang penyimpanan internal anda. Sehingga semakin banyak anda download dengan kualitas yang baik maka kapasitas penyimpanan akan terkuras. Saya adalah salah satu orang yang suka download video lewat aplikasi YouTube untuk ditonton nanti ketika ada waktu.

Hingga saat ini tidak terasa video tersebut memakan memori internal sebesar 2 GB. Pernah saya juga download film di YouTube untuk ditonton nanti, karena banyak film yang saya download akhirnya aplikasi tersebut menyita ruang penyimpanan hingga 4 GB. Oleh karena itu saya meminta anda untuk coba cek aplikasi YouTube yang terinstall di hp anda. Siapa tahu ini juga yang menjadi penyebab memori internal handphone anda penuh dengan cepat.


5. File Media Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang digunakan oleh kebanyakan orang untuk chat, melakukan panggilan, video call, kirim gambar, video dan file dokumen lain. Semua file media tersebut tersimpan di memori internal anda. Sehingga, seiring dengan berjalannya waktu, file media tersebut menjadi besar. Karena kita dengan mudah download foto, video dan dokumen tanpa menghapusnya jika tidak penting.

Semua file media inilah yang lama-kelamaan memakan banyak sekali memori internal hp anda. Contoh nya saat ini saja aplikasi WhatsApp yang saya gunakan telah menyita ruang penyimpanan sebesar 3 GB lebih. Tentu itu ukuran yang cukup besar bagi anda yang memiliki kapasitas memori internal 64 GB atau bahkan kurang dari itu. Solusinya adalah anda hapus beberapa file media yang sekiranya tidak anda perlu dan hanya menyimpan file-file penting saja.


6. Penggunaan Aplikasi Telegram

Sama halnya dengan WhatsApp, telegram juga mengatakan memori internal sebagai tempat penyimpanan file media. Sehingga setiap kali anda download file foto, video dan dokumen maka file-file tersebut akan bertumpuk. Sehingga pada akhirnya akan membuat memori internal anda habis. Saran saya adalah coba untuk hapus semua file di Telegram yang menurut anda tidak penting. Hal ini akan memberikan ruang pada memori internal handphone anda.

Itulah artikel tentang Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikitnya dan Solusinya. Semoga apa yang saya bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda. Semoga informasi ini dapat menjawab semua pertanyaan anda terkait penyebab penuhnya memori internal handphone anda. Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda siapa tahu mereka juga lagi bingung kenapa sih memori internal cepat sekali penuhnya. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya dari kami, jangan lupa follow blog ini untuk mendapatkan update info menarik lainnya. Mungkin itu saja pembahasan kali ini, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Jangan lupa cek Email Anda untuk Verifikasi Berlangganan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel